-->
rpp kurikulum 2013 revisi

Rumus dan Sistematika Penilaian Kinerja Guru yang Mendapat Tugas Tambahan Sebagai Wakil Kepala Sekolah Untuk Kenaikan Pangkat/Jabatan

Konversi nilai kinerja guru bagi guru dengan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Hasil akhir nilai kinerja guru dengan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah (wakil kepala sekolah/madrasah) yang mendapat pengurangan jam mengajar diperhitungkan berdasarkan prosentase angka kredit tugas pembelajaran/pembimbingan dan pelaksanaan tugas tambahan tersebut. 

1. Untuk itu, nilai hasil PK Guru dari subunsur pembelajaran/ pembimbingan, atau tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah perlu diubah terlebih dahulu ke skala 0 - 100 dengan formula berikut:
nilai hasil PK Guru dari subunsur pembelajaran/ pembimbingan, atau tugas tambahan yang relevan
Masing-masing nilai kinerja guru untuk subunsur pembelajaran/pembimbingan dan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah, kemudian dikategorikan ke dalam sebutan amat baik (125%), baik (100%), cukup (75%), sedang (50%), atau kurang  (25%) sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009
Konversi Nilai Kinerja Hasil PK GURU ke Angka Kredit
Menghitung angka kredit per tahun masing-masing subunsur pembelajaran/pembimbingan dan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah yang diperoleh oleh guru. Untuk menghitung angka kredit per tahun subunsur pembelajaran dan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah digunakan rumus sebagai berikut. 
Rumus untuk menghitung angka kredit subunsur pembelajaran/ pembimbingan 
Rumus untuk menghitung angka kredit subunsur pembelajaran/ pembimbingan
Rumus untuk menghitung angka kredit unsur tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah 
Rumus untuk menghitung angka kredit unsur tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah

Ingat! Untuk menetapkan AKK, AKPKB dan AKP wajib atau yang dipersyaratkan  lihat Pasal 18 Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 

Selanjutnya angka kredit masing-masing  subunsur pembelajaran/ pembimbingan dan angka kredit tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah dijumlahkan untuk memperoleh total  angka kredit dengan perhitungan sebagai berikut:
  • Guru dengan Tugas Tambahan sebagai Wakil Kepala Sekolah/ Madrasah  Total Angka Kredit = 50% Angka Kredit Pembelajaran/ Pembimbingan + 50% Angka Kredit Tugas Tambahan sebagai Wakil Kepala Sekolah/Madrasah. 
Konversi nilai PK Guru untuk guru dengan tugas tambahan lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah diperhitungkan dengan cara yang sama, dengan konversi nilai PKG pembelajaran/pembimbingan,  perbedaannya hanya pada rumus persentase penjumlahannya.  Berikut ini dijelaskan guru yang mendapat  tugas tambahan sebagai wakil kepala sekolah/madrasah, 

Guru yang mempunyai tugas tambahan sebagai wakil kepala sekolah/madrasah penilaian kinerjanya dilakukan dengan instrumen dengan kompetensi diantaranya adalah sebagai berikut: 
  1. Kepribadian dan sosial
  2. Kepemimpinan
  3. Pengembangan sekolah/madrasah
  4. Kewirausahaan
  5. Bidang tugas wakil kepala sekolah/madrasah (*) : 
  • Bidang akademik
  • Bidang kesiswaan
  • Bidang sarana dan prasarana
  • Bidang humas 
(*) pilih salah satu sesuai bidang tugas wakil kepala sekolah/madrasah 

Secara umum seorang wakil kepala sekolah/madrasah mempunyai penilaian kinerja dengan asumsi nilai maksimal: 
  1. Kepribadian dan sosial, nilai maksimal 4;
  2. Kepemimpinan, skor maksimal 4;
  3. Pengembangan sekolah/madrasah, nilai maksimal 4;
  4. Kewirausahaan, nilai maksimal 4.
  5. Bidang tugas wakil kepala sekolah/madrasah sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing dengan nilai maksimal 4.  Nilai kinerja seorang wakil kepala sekolah/madrasah mempunyai nilai kinerja maksimal 20.
Contoh : Wakil Kepala Sekolah/Madrasah 
Dra. Roesmiyati, jabatan Guru Muda pangkat golongan ruang III/d TMT 1 April 2014 mengajar mata pelajaran Fisika, 12 jam tatap muka per minggu. Dra.  Roesmiyati selain mengajar juga diberi tugas tambahan sebagai wakil kepala sekolah. Pada penilaian kinerja bulan Desember 2014 Dra. Roesmiyati sebagai guru memperoleh hasil penilaian kinerja sebagai guru adalah nilai 49 dan sebagai wakil kepala sekolah mendapat nilai ratarata 18 pada 2014. 

Langkah-langkah perhitungan angka kreditnya adalah  sebagai berikut. 
Perhitungan angka kredit subunsur pembelajaran:
  • Konversi hasil penilaian kinerja  subunsur pembelajaran bagi Dra. Roesmiyati ke skala nilai Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 adalah: 49/56 x 100 = 87,5 
  • Nilai kinerja Dra. Roesmiyati untuk subunsur pembelajaran, kemudian dikategorikan ke dalam Amat Baik (125%), Baik (100%), Cukup (75%), Sedang (50%), atau Kurang (25%) sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009. Nilai PK Guru subunsur pembelajaran 87,5 masuk dalam rentang 76 - 90 kategori “Baik (100%)”. 
  • Angka kredit per tahun subunsur pembelajaran yang diperoleh Dra.  Roesmiyati adalah:
    Angka kredit per tahun subunsur pembelajaran
Perhitungan angka kredit subunsur tugas tambahan sebagai Wakil Kepala Sekolah: 
  • Konversi hasil penilaian kinerja subunsur tugas tambahan, Dra. Roesmiyati sebagai wakil kepala sekolah. ke skala nilai Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan  Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 adalah: 18/20 x 100 = 90 
  • Nilai kinerja Dra. Roesmiyati untuk subunsur tugas tambahan sebagai wakil kepala sekolah, kemudian dikategorikan ke dalam Amat Baik (125%), Baik (100%), Cukup (75%), Sedang (50%), atau Kurang (25%) sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009. Nilai PK Guru yang mendapat tugas tambahan sebagai wakil kepala sekolah 90 masuk dalam rentang 76 - 90 dengan kategori “Baik (100%)”. 
  • Angka kredit per tahun subunsur tugas tambahan sebagai wakil kepala sekolah yang diperoleh Dra. Roesmiyati adalah: 
    Perhitungan angka kredit subunsur tugas tambahan sebagai Wakil Kepala Sekolah:
  • Total angka kredit yang diperoleh Dra. Roesmiyati untuk tahun 2014 sebagai guru yang mendapat tugas tambahan sebagai wakil kepala sekolah adalah =  50% (19,5) + 50% (19,5) = 9,75 + 9,75 = 19,5. 
  • Jika selama 4 (empat) tahun terus menerus Dra. Roesmiyati mempunyai nilai kinerja yang sama, maka nilai  yang diperoleh Dra. Roesmiyati guru  dengan tugas tambahan sebagai wakil kepala sekolah adalah: 4 x 19,5 = 78. 
  • Apabila Dra. Roesmiyati melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesian  berkelanjutan dan memperoleh 4 angka kredit dari kegiatan pengembangan diri, 8 angka kredit dari publikasi ilmiah, dan 10 angka kredit dari kegiatan penunjang, maka Dra. Roesmiyati memperoleh angka kredit kumulatif sebesar 78 + 4 + 8 + 10 = 100, jadi yang bersangkutan dapat naik pangkat dan jabatan dari golongan ruang III/d ke golongan ruang IV/a dengan jabatan Guru Madya, karena telah memenuhi persyaratan angka kredit yang diperlukan untuk naik pangkat dan jabatan fungsionalnya sebesar 100 (Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009) tersebut.
Baca juga : 
Rumus dan Sistematika Penilaian Kinerja Guru yang Mendapat Tugas Tambahan Sebagai Kepala Sekolah Untuk Kenaikan Pangkat/Jabatan
Sekian dan terima kasih