Dunia pendidikan di harapkan akan lebih baik lagi
kedepannya, dengan mudahnya ilmu yang dapat kita pelajari di jaman ini yaitu
dengan adanya sumber media social, yang di rancang khusus untuk mengetahui
tentang apa dan bagaimana yang ingin kita ketahui, tak lepas dari itu puala
dunia pendidikan semakin direvisi menjadi lebih modern lagi sehingga
penerbitannya pun di awasi oleh dinas pendidikan dan kebudayaan, sebagaiman
buku tersebut layak untuk di sampaikan kepada anak anak didik yang ingin
menambah ilmu pengetahuan dan belajar menguasai materi yang di sampaikan oleh
guru sebagai pendidik.
Kurikulum 2013 ini dirancang
sebagai alat transportasi untuk mengantarkan peserta didik menuju penguasaan
kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, pendekatan ini sejalan dengan sudut
pandang agama Buddha serta belajar tidak
hanya untuk mengetahui dan mengingat(pariyatti), tetapi juga untuk melaksanakan
(patipatti), dan mencapai penembusan (pativedha).
Dalam arti “Seseorang harus banyak membaca kitab suci, dan
melakukan apa apa yang h
arus di lakukan atau apa yang harus di larang, dengan
harapan agar memastikan keseimbangan dan keutuhan ketiga hal tersebut, pendidikan
agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan pembentukan budi pekerti,
yaitu sikap atau perilaku seseorang dalam hubungannya dengan diri sendiri,
keluarga, masyarakat dan bangsa, serta alam sekitar.
Proses
pembelajarannya mesti mengantar mereka dari pengetahuan tentang kebaikan, lalu
menimbulkan komitmen terhadap kebaikan, dan akhirnya benar-benar melakukan kebaikan,
serta dapat memberikan banyak manfaat untuk orang banyak sehingga hal tersebut
dapat menggambarkan bahwa itu adalah asalah satu perbuatan yang baik, dan
melakukan kebajikan.
Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan
menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada
buku ini terdapat buku siswa agama budha dan dan budi pekerti, serta dapat memperkayanya secara kreatif dengan kegiatan-kegiatan lain,
melalui sumber lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar.
berikut di bawah ini tentang buku guru dan ruang lingkup materi yang terkandung dalam buku pendidikan agama budha dan budi pekerti kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2017 yang diantaranya dalah:
Bagian I Petunjuk Umum
A. Karakteristik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti
B. Pembelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti SMP
C. Penilaian Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti
D. Remedial
E. Pengayaan
F. Interaksi dengan Orang Tua
Bab I Pascapenerangan Sempurna Buddha Gotama
A. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
B. Tujuan Pembelajaran
C. Peta Konsep
D. Petunjuk Kegiatan Pembelajaran
E. Materi Pembelajaran
F. Proses Pembelajaran
Bab II Pemutaran Roda Dharma
A. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
B. Tujuan Pembelajaran
C. Peta Konsep
D. Petunjuk Kegiatan Pembelajaran
E. Materi Pembelajaran
F. Proses Pembelajaran
G. .Evaluasi/Penilaian
H. Pengayaan
I. Remedial
J. Interaksi dengan Orang Tua
Bab III Kriteria Agama Buddha
A. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
B. Tujuan Pembelajaran
C. Peta Konsep
D. Petunjuk Kegiatan Pembelajaran
E. Materi Pembelajaran
F. Proses Pembelajaran
G. .Evaluasi/Penilaian
H. Pengayaan
I. Remedial
J. Interaksi dengan Orang Tua
Bab IV Kelompok Umat Buddha
A. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
B. Tujuan Pembelajaran
C. Peta Konsep
D. Petunjuk Kegiatan Pembelajaran
E. Materi Pembelajaran
F. Proses Pembelajaran
G. .Evaluasi/Penilaian
H. Pengayaan
I. Remedial
J. Interaksi dengan Orang Tua
Bab V Pancasila Buddhis
A. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
B. Tujuan Pembelajaran
C. Peta Konsep
D. Petunjuk Kegiatan Pembelajaran
E. Materi Pembelajaran
F. Proses Pembelajaran
G. .Evaluasi/Penilaian
H. Pengayaan
I. Remedial
J. Interaksi dengan Orang Tua
Bab VI Pancadharma 3ew
A. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
B. Tujuan Pembelajaran
C. Peta Konsep
D. Petunjuk Kegiatan Pembelajaran
E. Materi Pembelajaran
F. Proses Pembelajaran
G. .Evaluasi/Penilaian
H. Pengayaan
I. Remedial
J. Interaksi dengan Orang Tua
Bab VII Kehidupan Remaja
A. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
B. Tujuan Pembelajaran
C. Peta Konsep
D. Petunjuk Kegiatan Pembelajaran
E. Materi Pembelajaran
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti
F. Proses Pembelajaran
G. .Evaluasi/Penilaian
H. Pengayaan
I. Remedial
J. Interaksi dengan Orang Tua
Bab VIII Pergaulan Remaja Buddhis
A. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
B. Tujuan Pembelajaran
C. Peta Konsep
D. Petunjuk Kegiatan Pembelajaran
E. Materi Pembelajaran
F. Proses Pembelajaran
G. .Evaluasi/Penilaian
H. Pengayaan
I. Remedial
J. Interaksi dengan Orang Tua
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mudah mudahan dapat memberiakan banyak manfaat, untuk info lebih jelas dan detailnya silahkan download, terima kasih