Pada kesempatan kali ini kami akan sedikit membahas tentang
materi pendidikan agama hindu dan budi pekerti kurikulum 2013 dan revisi 2017 yang dirancang
agar peserta didik tidak hanya bertambah ilmu pengetahuannya, akan lebih di
fokuskan untuk meningkat keterampilannya dan semakin mulia kepribadiannya di
hadapan tuhan sang pencipta alam semesta.
Dengan begitu
terdapat kesatuan utuh antara kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan
sikap Keutuhan yang dicerminkan melalui pendidikan agama dan budi pekerti kelas
7 kurikulum 2013 revisi 2017 sehingga pembelajaran agama diharapkan akan
terbentuk keterampilan beragama dan terwujud sikap beragama peserta didik yang
berimbang, sesama manusia, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
Ilmu pengetahuan agama yang dipelajari para peserta didik
menjadi sumber nilai dan penggerak perilaku mereka dan menjadi siraman rohani
yang akan terwujud sehingga hal tersebut dapat di cerminkan melalui sikap dan
perilaku seseorang agar menjadi manusia yang beragama dan berprilaku baik
terhadap sesama dan tentunya melalui pendidikan tersebut anak didik akan
berguna bagi agama nusa dan bangsa Indonesia yang kita cintai ini.
Adapun hal tersebut kami sedikit contohkan yang terdapat di antara nilai budi pekerti dalam agama Hindu,
yang dikenal dengan Tri Marga (bakti
kepada Tuhan, orang tua, dan guru; karma, bekerja sebaik-baiknya untuk
dipersembahkan kepada orang lain dan Tuhan, Jnana, menuntut ilmu sebanyak-banyaknya
untuk bekal hidup dan penuntun hidup), dan Tri Warga (dharma, berbuat berdasarkan
atas kebenaran; artha.
Memenuhi harta benda kebutuhan hidup berdasarkan
kebenaran, dan kama,
Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan
menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan yang ada
pada buku guru tersebut dan tentunya hal tersebut dapat memperkayanya secara
kreatif dengan kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari lingkungan alam,
sosial, dan budaya sekitar.
BUKU Guru Kelas VII SMP KURIKULUM 2013 REVISI 2017 yang
mencakup beberapa bab serta ruang lingkup materi yang diantaranya :
BAB 1 Pendahuluan
A. Latar Belakang
B. Tujuan
C. Dasar Hukum
D. Ruang Lingkup
E. Sasaran
BAB 2 Petunjuk Umum
A. Gambaran Umum tentang Buku Panduan Guru
B. Tujuan
C. Ruang Lingkup dan Aspek Buku Guru
D. KI dan KD yang Ingin Dicapai
E. Prinsip Belajar dan Pembelajaran
1. Strategi Pembelajaran
2. Pendekatan Pembelajaran
3. Model Pembelajaran
4. Metode Pembelajaran
5. Strategi, Pendekatan, Model, dan Metode pada Setiap Bab
6. Media dan Sumber Pembelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerti
7. Penilaian Pembelajaran Agama Hindu dan Budi Pekerti
8. Pemanfaatan dan Tindak Lanjut Penilaian
9. Kerja sama dengan Orang Tua Peserta Didik
BAB 3 Panduan Pembelajaran Berdasarkan Buku Teks Agama
Hindu dan Budi
Pekerti Kelas SMP VII
A. Kitab Suci Veda sebagai tuntunan hidup
B. Avatara, Deva, dan Bhatara dalam agama Hindu
C. Karmaphala sebagai hukum sebab akibat
dalam ajaran agama
Hindu
Demikian artikel kali ini mudah mudahan bermanfaat, untuk info lebih detail dan jelasnya silahkan download,yang tertera di bawah ini terima kasih.
BUKU PENDIDKAN AGAMA HINDU DAN BP KELAS 8 KURIKULUM 2013 REVISIS 2017{BUKU PEGANGAN UNTUK GURU}
BUKU PENDIDKAN AGAMA HINDU DAN BP KELAS 8 KURIKULUM 2013 REVISIS 2017{BUKU PEGANGAN UNTUK SISWA}
BUKU PENDIDKAN AGAMA HINDU DAN BP KELAS 8 KURIKULUM 2013 REVISIS 2017{BUKU PEGANGAN UNTUK GURU}
BUKU PENDIDKAN AGAMA HINDU DAN BP KELAS 8 KURIKULUM 2013 REVISIS 2017{BUKU PEGANGAN UNTUK SISWA}