Buku adalah sumber informasi yang dapat kita gali menjadi sumber ilmu pengetahuan yang mana setiap manusia yang hidup di dunia tidak akan lepas dari pentingnya ilmu, karena dengan ilmu pengetahuan kita dapat hidup dengan lebih baik , lebih mengerti atas apa yang terjadi dan juga dapat solusi dari masalah yang di hadapi.
Kita semua tidak terlepas dari rasa syukur kita terhadap Allah yang Mahakuasa atas semua karunianya sehingga terbitnya buku Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti yang telah direvisi dan diselaraskan sesuai perkembangan Kurikulum 2013.
Tidak sekadar belajar lalu berubah, tetapi juga mengubah keadaan.
Begitulah Kurikulum 2013 dirancang agar tahapan pembelajaran memungkinkan
siswa berkembang dari proses menyerap pengetahuan dan mengembangkan
keterampilan hingga memekarkan sikap serta nilai-nilai luhur kemanusiaan, dan tentunya menjadi manusia yang berguna bagi agama nusa dan bangsa
Pembelajaran agama diharapkan mampu menambah wawasan keagamaan,
mengasah keterampilan beragama dan mewujudkan sikap beragama peserta didik
yang utuh dan berimbang yang mencakup hubungan manusia dengan Penciptanya,
sesama manusia dan manusia dengan lingkungannya serta dapat menghormati agam yang lainnya serta tentunya mempunyai sikap sosial yang tinggi
Untuk itu pendidikan agama
perlu diberi penekanan khusus terkait dengan penanaman karakter dalam pem-
bentukan budi pekerti yang luhur.
Karakter yang ingin kita tanamkan antara lain:
kejujuran, kedisiplinan, cinta kebersihan, cinta kasih, semangat berbagi, optimisme,
cinta tanah air, kepenasaran intelektual, dan kreativitas.
Nilai-nilai karakter itu digali dan diserap dari pengetahuan agama yang dipelajari
para siswa itu dan menjadi penggerak dalam pembentukan, pengembangan,
peningkatan, pemeliharaan, dan perbaikan perilaku anak didik agar mau dan
mampu melaksanakan tugas-tugas hidup mereka secara selaras, serasi, seimbang
antara lahir-batin, jasmani-rohani, material-spiritual, dan individu-sosial serta mempunyai sikap toleransi yang tinggi terhadap sesama.
Selaras dengan itu, Pendidikan Agama Katolik secara khusus bertujuan membangun dan
membimbing peserta didik agar tumbuh berkembang mencapai kepribadian utuh
yang semakin mencerminkan diri mereka sebagai gambar Allah, sebab demikianlah
“Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah
diciptakan-Nya dia” (Kejadian 1:27). Sebagai makhluk yang diciptakan seturut
gambar Allah, manusia perlu mengembangkan sifat cinta kasih dan takut akan Allah,
memiliki kecerdasan, keterampilan, pekerti luhur, memelihara lingkungan, serta ikut
bertanggung jawab dalam pembangunan masyarakat, bangsa dan negara.
Dan berikut di bawah ini akan kami sedikit infokan mengenai buku pendidikan agama katolik dan budi pekerti kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017, yang mencakup antara lain :
Pendahuluan
Bab I Pribadi Yesus Kristus .
A. Yesus Pemenuhan Janji Allah
B. Kemanusiaan dan Ke-Allahan Yesus
Bab II Yesus Mewartakan Kerajaan Allah
A. Kerajaan Allah sebagai Pokok Pewartaan Yesus
B. Yesus Mewartakan Kerajaan Allah melalui Perumpamaan
C. Yesus Mewartakan Kerajaan Allah melalui Tindakan dan
Mukjizat
Bab III Panggilan dan Perutusan Murid Yesus .
A. Panggilan Para Murid Yesus
B. Cara Hidup Murid Yesus
C. Melaksanakan Tugas Perutusan sebagai Murid Yesus
Bab IV Konsekuensi Pewartaan Yesus .
A. Berbagai Tanggapan terhadap Pewartaan Yesus..
B. Sengsara dan Wafat Yesus sebagai Penolakan Manusia .
C. Kebangkitan Yesus sebagai Tanda Penerimaan Bapa
Bab V Peran Roh Kudus bagi Murid Yesus .
A. Yesus Mengutus Roh Kudus.
B. Roh Kudus Memberi Daya Kekuatan .
C. Mengikuti Bimbingan Roh Kudus .
Buku Guru Kelas VIII
Bab VI Gereja sebagai Paguyuban Orang Beriman.
A. Gereja sebagai Paguyuban .
B. Ciri Gereja sebagai Paguyuban ..
C. Bentuk-bentuk Pelayanan Gereja sebagai Paguyuban
Bab VII Gereja sebagai Tanda dan Sarana Penyelamatan.
A. Tanda dan Sarana Penyelamatan dalam Hidup Manusia
B. Gereja sebagai Tanda dan Sarana Penyelamatan Manusia
Bab VIII Sakramen-Sakramen Gereja
A. Sakramen Baptis
B. Sakramen Ekaristi
C. Sakramen Penguatan
D. Sakramen Tobat .
E. Sakramen Pengurapan Orang Sakit
Untuk info lebih jelas dan detainya mengenai buku pendidikan agama katolik dan budi pekerti untuk smp kelas 8 silahkan download, terima kasih
.
Kita semua tidak terlepas dari rasa syukur kita terhadap Allah yang Mahakuasa atas semua karunianya sehingga terbitnya buku Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti yang telah direvisi dan diselaraskan sesuai perkembangan Kurikulum 2013.
Tidak sekadar belajar lalu berubah, tetapi juga mengubah keadaan.
Begitulah Kurikulum 2013 dirancang agar tahapan pembelajaran memungkinkan
siswa berkembang dari proses menyerap pengetahuan dan mengembangkan
keterampilan hingga memekarkan sikap serta nilai-nilai luhur kemanusiaan, dan tentunya menjadi manusia yang berguna bagi agama nusa dan bangsa
Pembelajaran agama diharapkan mampu menambah wawasan keagamaan,
mengasah keterampilan beragama dan mewujudkan sikap beragama peserta didik
yang utuh dan berimbang yang mencakup hubungan manusia dengan Penciptanya,
sesama manusia dan manusia dengan lingkungannya serta dapat menghormati agam yang lainnya serta tentunya mempunyai sikap sosial yang tinggi
Untuk itu pendidikan agama
perlu diberi penekanan khusus terkait dengan penanaman karakter dalam pem-
bentukan budi pekerti yang luhur.
Karakter yang ingin kita tanamkan antara lain:
kejujuran, kedisiplinan, cinta kebersihan, cinta kasih, semangat berbagi, optimisme,
cinta tanah air, kepenasaran intelektual, dan kreativitas.
Nilai-nilai karakter itu digali dan diserap dari pengetahuan agama yang dipelajari
para siswa itu dan menjadi penggerak dalam pembentukan, pengembangan,
peningkatan, pemeliharaan, dan perbaikan perilaku anak didik agar mau dan
mampu melaksanakan tugas-tugas hidup mereka secara selaras, serasi, seimbang
antara lahir-batin, jasmani-rohani, material-spiritual, dan individu-sosial serta mempunyai sikap toleransi yang tinggi terhadap sesama.
Selaras dengan itu, Pendidikan Agama Katolik secara khusus bertujuan membangun dan
membimbing peserta didik agar tumbuh berkembang mencapai kepribadian utuh
yang semakin mencerminkan diri mereka sebagai gambar Allah, sebab demikianlah
“Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah
diciptakan-Nya dia” (Kejadian 1:27). Sebagai makhluk yang diciptakan seturut
gambar Allah, manusia perlu mengembangkan sifat cinta kasih dan takut akan Allah,
memiliki kecerdasan, keterampilan, pekerti luhur, memelihara lingkungan, serta ikut
bertanggung jawab dalam pembangunan masyarakat, bangsa dan negara.
Dan berikut di bawah ini akan kami sedikit infokan mengenai buku pendidikan agama katolik dan budi pekerti kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017, yang mencakup antara lain :
Pendahuluan
Bab I Pribadi Yesus Kristus .
A. Yesus Pemenuhan Janji Allah
B. Kemanusiaan dan Ke-Allahan Yesus
Bab II Yesus Mewartakan Kerajaan Allah
A. Kerajaan Allah sebagai Pokok Pewartaan Yesus
B. Yesus Mewartakan Kerajaan Allah melalui Perumpamaan
C. Yesus Mewartakan Kerajaan Allah melalui Tindakan dan
Mukjizat
Bab III Panggilan dan Perutusan Murid Yesus .
A. Panggilan Para Murid Yesus
B. Cara Hidup Murid Yesus
C. Melaksanakan Tugas Perutusan sebagai Murid Yesus
Bab IV Konsekuensi Pewartaan Yesus .
A. Berbagai Tanggapan terhadap Pewartaan Yesus..
B. Sengsara dan Wafat Yesus sebagai Penolakan Manusia .
C. Kebangkitan Yesus sebagai Tanda Penerimaan Bapa
Bab V Peran Roh Kudus bagi Murid Yesus .
A. Yesus Mengutus Roh Kudus.
B. Roh Kudus Memberi Daya Kekuatan .
C. Mengikuti Bimbingan Roh Kudus .
Buku Guru Kelas VIII
Bab VI Gereja sebagai Paguyuban Orang Beriman.
A. Gereja sebagai Paguyuban .
B. Ciri Gereja sebagai Paguyuban ..
C. Bentuk-bentuk Pelayanan Gereja sebagai Paguyuban
Bab VII Gereja sebagai Tanda dan Sarana Penyelamatan.
A. Tanda dan Sarana Penyelamatan dalam Hidup Manusia
B. Gereja sebagai Tanda dan Sarana Penyelamatan Manusia
Bab VIII Sakramen-Sakramen Gereja
A. Sakramen Baptis
B. Sakramen Ekaristi
C. Sakramen Penguatan
D. Sakramen Tobat .
E. Sakramen Pengurapan Orang Sakit
.