-->
rpp kurikulum 2013 revisi

BUKU Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII KURIKULUM 2013 REVISI 2017

BUKU adalah cerminan diri untuk mempelajari sesuatu dan pengingat sesuatu dan banyak sekali manfaat yang dapat kita temukan di dalamnya, karena buku adalah sumber dari yang di namakan gudangnya ilmu pengetahuan.

Pengertian ilmu pengetahuan adalah suatu proses pembentukan (konstruksi) pengetahuan yang terus menerus sampai dapat menjelaskan fenomena dan keberadaan alam itu sendiri bahkan dengan adanya buku kita dapat mempelajari proses proses terjadinya sesuatu, tentang apa saja yang di lakukan orang orang terdahulu, sehingga kita dapat merasakan manfaatnya sekarang.

Misalnya saja sejarah perjuangan, yang dalam arti kata lain kita hanya dapat merasakan kermerdekaannya saja, akan tetapi kita tidak ikut andil dalam proses merebut kemerdekaan itu sendiri, atau tentang penemuan sesuatu misalkan saja tentang penemuan lampu, siapa dan bagaimana prosesnya, dan tentu hal itu dapat kita ketahui dengan hanya membaca sebuah buku tentangnya,  kita dapat dengan mudah mengetahuinya.

Definisi ilmu pengetahuan menjelaskan bahwa ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang berawal dari pengetahuan, bersumber dari wahyu, hati dan semesta yang memiliki paradigma, objek pengamatan, metode, dan media komunikasi membentuk sains baru dengan tujuan untuk memahami semesta untuk memanfaatkannya dan sebagai alat penunjang yang sangat di perlukan untuk kehidupan yang dapat kita rasakan technologi yang semakin modern saja, yang mana itu adalah kemajuan yang dapat dilakukan dengan banyaknya ilmu untuk menggali potensi fitrawi guna mengenal Allah.

Pengertian ilmu pengetahuan adalah pancaran hasil metabolisme ragawi sebagai hidayah Sang Pencipta yang berasal dari proses interaksi fenomena fitrawi melalui dimensi hati, akal, nafsu yang rasional, empirik dan hakiki dalam menjelaskan hasanah alam semesta demi untuk menyempurnakan tanggung jawab kekhalifaan.
FUNGSI ILMU PENGETAHUAN
Setelah membahas tentang pengertian ilmu pengetahuan secara umum, kemudian akan dijelaskan tentang beberapa fungsi ilmu pengetahuan yang utama yaitu:

Ilmu pengetahuan itu menjelaskan 
Fungsi ilmu pengetahuan dalam menjelaskan memiliki 4 bentuk yaitu a. Deduktif, yaitu ilmu harus dapat menjelaskan sesuatu berdasarkan premis pangkal ilir yang telah ditetapkan sebelumnya b) Probabilistik, Ilmu pengetahuan dapat menjelaskan berdasarkan pola pikir induktif dari sejumlah kasus yang jelas, sehingga hanya dapat memberi kepastian (tidak mutlak) yang bersifat kemungkinan besar atau hampir pasti. c) Fungsional, ilmu pengetahuan dapat menjelaskan letak suatu komponen dalam suatu sistem secara menyeluruh, d) Genetik, ilmu pengetahuan dapat menjelaskan suatu faktor berdasarkan gejala-gejala yang sudah sering terjadi sebelumnya.
Meramalkan (prediction)


Ilmu pengetahuan harus dapat menjelaskan faktor sebab akibat suatu peristiwa atau kejadian, dan tentunya dengan membaca buku kita akan senantiasa menimbsa ilmu, dan di pastikan tanpa kita sadari ilmu pengetahuan yang kita miliki akan perlahgan tapi pasti bertambah dari hari  ke hari, karena ilmu adalah modal awal untuk melakukan sesuatu dan menjalankan sesuatu, danyang pasti banyak sekali manfaat yang di dapat.

Seperti halnya saja seorang guru yang tak pernah lepas dengan buku, tentang apa saja yang harus di pelajari , atau yang lebih tepatnya seorang harus mempunyai rancangan pendidikan pembelajaran, atau rpp, dan itu berguna untuk menyampaikan materi apa saja yang harus di sampaikan, dan yang jelas haruslah sesuai dengan dinas pendidikan dan kebudayaan. 
 seperti halnya kami menjelaskan sebuah buku pelajaran. 

BUKU Bahasa Indonesia UNTUK Siswa SMP/MTs Kelas VIII KURIKULUM 2013 REVISI 2017.

Kata Pengantar
Daftar Isi

BAB 1 : Berita Seputar Indonesia
A. Menentukan Unsur-Unsur Berita
    1. Unsur-Unsur Berita
B. Meringkas dan Menyimpulkan Berita
    1. Ringkasan Berita 6
    2. Penyimpulan Isi Berita
    3. Tanggapan terhadap Isi Berita
C. Menemukan Struktur dan Kaidah Berita
    1. Struktur Berita
    2. Kaidah-Kaidah Kebahasaan
D. Menyampaikan Informasi dalam Bentuk Berita
    1. Pentingnya Berita
    2. Penyampaian Berita
    3. Penyuntingan Berita
    Aku Bisa

BAB 2 : Iklan, Sarana Komunikasi
A. Menentukan Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster
    1. Pengertian dan Fungsi Iklan, Slogan, dan Poster
    2. Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster
B. Menyimpulkan Pesan dan Informasi dalam Iklan
    1. Unsur-Unsur Pembentuk Iklan
    2. Penyimpulan Maksud Suatu Iklan
    3. Menceritakan Kembali Teks Iklan
C. Menelaah Pola, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan Iklan
    1. Pola-Pola Penyajian Iklan
    2. Struktur Teks Iklan
    3. Kaidah Kebahasaan Teks Iklan
D. Menulis Iklan
    1. Langkah-Langkah Penulisan
    2. Penyuntingan Iklan
    Aku Bisa

BAB 3 : Mengenali Unsur-Unsur Teks Eksposisi
A. Mengenali Unsur-Unsur Teks Eksposisi
    1. Gagasan dan Fakta dalam Teks Eksposisi
    2. Pola-Pola Pengembangan Teks Eksposisi
B. Menyimpulkan Isi Teks Eksposisi
    1. Gagasan Umum dan Gagasan Khusus
    2. Jenis-Jenis Paragraf Berdasarkan Gagasan Umumya
C. Menelaah Struktur dan Kaidah Teks Eksposisi
    1. Struktur Teks Eksposisi
    2. Kaidah Kebahasaan Teks Eksposisi
D. Menyajikan Teks Eksposisi
    1. Langkah-Langkah Penyajian
    2. Kegiatan Penyuntingan
    Aku Bisa

BAB 4 : Indahnya Berpuisi
A. Menemukan Unsur-Unsur Pembentuk Puisi
   1. Pengertian Puisi
   2. Unsur-Unsur Puisi
B. Menyimpulkan Isi Puisi
   1. Isi Puisi
   2. Jenis-Jenis Puisi
C. Memilah Unsur-Unsur Pembangun Puisi
D. Mari Berpuisi dengan Indah
  1. Menulis Puisi
  2. Pembacaan Puisi yang Baik
  3. Musikalisasi Puisi
  Aku Bisa

BAB 5 : Urutan Cerita Menarik dalam Eksplanasi
A. Menentukan Ciri-Ciri Teks Eksplanasi
  1. Pengertian Teks Eksplanasi
  2. Ciri-Ciri Teks Eksplanasi
B. Meringkas Teks Ekspanasi
  1. Menenentukan Gagasan Umum Teks Eksplanasi
  2. Langkah-Langkah Meringkas Teks Eksplanasi
C. Menelaah Isi, Struktur, dan Kaidah Teks Eksplanasi
  1. Isi Teks Ekspalansi
  2. Struktur Teks Eksplanasi
  3. Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi
D. Menulis Teks Eksplanasi
  1. Pola-Pola Pengembangan Teks Eksplanasi.
  2. Langkah-Langkah Menulis Teks Eksplanasi
  Aku Bisa

BAB 6 : Ulasan Karya Kita
A. Menunjukkan Ciri-Ciri Ulasan
  1. Pengertian Ulasan
B. Menjelaskan Kembali Teks Ulasan
  1. Maksud Suatu Teks Ulasan
  2. Kekurangan dan Kelebihan Suatu Teks Ulasan.163
C. Menelaah Struktur dan Kaidah Teks Ulasan
  1. Stuktur Ulasan 2. Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan
D. Menyusun Teks Ulasan
  1. Langkah-Langkah Penyusunan
  2. Penuangan Catatan ke dalam Teks Ulasan yang Lengkap
  Aku Bisa .

BAB 7 : Berbahasa Persuasif
A. Menemukan Ajakan dalam Teks Persuasif
  1. Pengertian Teks Persuasif
      Kelas VIII SMP/MTs
  2. Ajakan dalam Teks Persuasif
B. Menyimpulkan Isi Teks Persuasif
  1. Simpulan Isi Teks Persuasif
  2. Langkah-langkah Penyimpulan Teks Persuatif
C. Menelaah Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Persuasi
  1. Struktur Teks Persuasi
  2. Kaidah Kebahasaan Teks Persuasi
D. Menulis Teks Persuasif
  1. Penyiapan Bujukan, Ajakan
  2. Memperhatikan Struktur dan Kaidah Teks Persuasi
  Aku Bisa
BAB 8 : Drama-Drama Kehidupan
A. Mendalami Unsur-Unsur Drama
  1. Karakteristik Drama
  2. Unsur-Unsur Drama
B. Menafsirkan Kembali Isi Drama
  1. Ada Drama dalam “Tayangan” Sehari-hari
  2. Tanggapan untuk Pementasan Drama
C. Menelaah Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Drama
  1. Struktur Teks Drama
  2. Kaidah Kebahasaan Drama
D. Menulis Teks Drama
  1. Teks Drama dari Karya yang Sudah Ada
  2. Naskah Drama dengan Orisinalitas Ide
  3. Pementasan Karya Sendiri
  Aku Bisa

BAB 9 : Kembangkan Kegemaran Membaca
A. Menggali Informasi dalam Buku Fiksi dan Nonfiksi
  1. Keragaman Informasi dalam Buku Fiksi dan Nonfiksi
  2. Informasi Buku Melalui Indeks
  3. Catatan tentang Isi Buku
B. Menyajikan Peta Konsep dalam Isi Buku Fiksi/Nonfiksi
  1. Peta Konsep Isi Buku
  2. Teknik Membaca untuk Menemukan Isi Pokok Buku
C. Menelaah Unsur-Unsur Penting dalam Buku Fiksi dan Nonfiksi
  1. Ungkapan Sebagai Unsur Kebahasaan dalam Buku Fiksi
  2. Unsur-Unsur Menarik Lainnya dalam Buku Fiksi
D. Menyajikan Hasil Bacaan dalam Forum Diskusi
  1. Daya Tarik Bacaan
  2. Berdiskusi tentang Isi Buku
  Aku Bisa


Untuk info lebih jelas dan detailnya tentang BUKU Bahasa Indonesia; Buku Siswa SMP/MTs Kelas VIII KURIKULUM 2013 REVISI 2017 silahkan download