BUKU adalah
cerminan diri untuk mempelajari sesuatu dan pengingat sesuatu dan banyak sekali manfaat yang dapat kita temukan di dalamnya, karena buku adalah sumber dari
yang di namakan gudangnya ilmu pengetahuan.
Pengertian
ilmu pengetahuan adalah suatu proses pembentukan (konstruksi) pengetahuan yang
terus menerus sampai dapat menjelaskan fenomena dan keberadaan alam itu sendiri
bahkan dengan adanya buku kita dapat mempelajari proses proses terjadinya
sesuatu, tentang apa saja yang di lakukan orang orang terdahulu, sehingga kita
dapat merasakan manfaatnya sekarang.
Misalnya saja
sejarah perjuangan, yang dalam arti kata lain kita hanya dapat merasakan
kermerdekaannya saja, akan tetapi kita tidak ikut andil dalam proses merebut
kemerdekaan itu sendiri, atau tentang penemuan sesuatu misalkan saja tentang
penemuan lampu, siapa dan bagaimana prosesnya, dan tentu hal itu dapat kita
ketahui dengan hanya membaca sebuah buku tentangnya, kita dapat dengan mudah mengetahuinya.
Definisi
ilmu pengetahuan menjelaskan bahwa ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang berawal
dari pengetahuan, bersumber dari wahyu, hati dan semesta yang memiliki
paradigma, objek pengamatan, metode, dan media komunikasi membentuk sains baru
dengan tujuan untuk memahami semesta untuk memanfaatkannya dan sebagai alat penunjang yang sangat di perlukan untuk kehidupan yang dapat kita rasakan technologi yang semakin modern saja, yang mana itu adalah kemajuan yang dapat dilakukan dengan banyaknya ilmu untuk menggali potensi fitrawi guna mengenal Allah.
Pengertian
ilmu pengetahuan adalah pancaran hasil metabolisme ragawi sebagai hidayah Sang Pencipta yang
berasal dari proses interaksi fenomena fitrawi melalui dimensi hati, akal,
nafsu yang rasional, empirik dan hakiki dalam menjelaskan hasanah alam semesta
demi untuk menyempurnakan tanggung jawab kekhalifaan.
FUNGSI ILMU
PENGETAHUAN
Setelah
membahas tentang pengertian ilmu pengetahuan secara umum, kemudian akan
dijelaskan tentang beberapa fungsi ilmu pengetahuan yang utama yaitu:
Ilmu
pengetahuan itu menjelaskan
Fungsi ilmu
pengetahuan dalam menjelaskan memiliki 4 bentuk yaitu a. Deduktif, yaitu ilmu
harus dapat menjelaskan sesuatu berdasarkan premis pangkal ilir yang telah
ditetapkan sebelumnya b) Probabilistik, Ilmu pengetahuan dapat menjelaskan
berdasarkan pola pikir induktif dari sejumlah kasus yang jelas, sehingga hanya
dapat memberi kepastian (tidak mutlak) yang bersifat kemungkinan besar atau
hampir pasti. c) Fungsional, ilmu pengetahuan dapat menjelaskan letak suatu
komponen dalam suatu sistem secara menyeluruh, d) Genetik, ilmu pengetahuan
dapat menjelaskan suatu faktor berdasarkan gejala-gejala yang sudah sering
terjadi sebelumnya.
Meramalkan (prediction)
Ilmu
pengetahuan harus dapat menjelaskan faktor sebab akibat suatu peristiwa atau kejadian,
dan tentunya dengan membaca buku kita akan senantiasa menimbsa ilmu, dan di
pastikan tanpa kita sadari ilmu pengetahuan yang kita miliki akan perlahgan
tapi pasti bertambah dari hari ke hari,
karena ilmu adalah modal awal untuk melakukan sesuatu dan menjalankan sesuatu,
danyang pasti banyak sekali manfaat yang di dapat.
Seperti halnya saja seorang guru yang tak pernah lepas dengan buku, tentang apa saja yang harus di pelajari , atau yang lebih tepatnya seorang harus mempunyai rancangan pendidikan pembelajaran, atau rpp, dan itu berguna untuk menyampaikan materi apa saja yang harus di sampaikan, dan yang jelas haruslah sesuai dengan dinas pendidikan dan kebudayaan.
seperti halnya kami menjelaskan sebuah buku pelajaran.
BUKU Bahasa Indonesia UNTUK Siswa SMP/MTs Kelas VIII KURIKULUM 2013 REVISI 2017.
Kata
Pengantar
Daftar Isi
BAB 1 :
Berita Seputar Indonesia
A.
Menentukan Unsur-Unsur Berita
1.
Unsur-Unsur Berita
B. Meringkas
dan Menyimpulkan Berita
1. Ringkasan
Berita 6
2.
Penyimpulan Isi Berita
3. Tanggapan
terhadap Isi Berita
C. Menemukan
Struktur dan Kaidah Berita
1. Struktur
Berita
2.
Kaidah-Kaidah Kebahasaan
D.
Menyampaikan Informasi dalam Bentuk Berita
1.
Pentingnya Berita
2.
Penyampaian Berita
3.
Penyuntingan Berita
Aku Bisa
BAB 2 :
Iklan, Sarana Komunikasi
A.
Menentukan Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster
1.
Pengertian dan Fungsi Iklan, Slogan, dan Poster
2.
Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster
B.
Menyimpulkan Pesan dan Informasi dalam Iklan
1.
Unsur-Unsur Pembentuk Iklan
2.
Penyimpulan Maksud Suatu Iklan
3.
Menceritakan Kembali Teks Iklan
C. Menelaah
Pola, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan Iklan
1. Pola-Pola
Penyajian Iklan
2. Struktur
Teks Iklan
3. Kaidah
Kebahasaan Teks Iklan
D. Menulis
Iklan
1.
Langkah-Langkah Penulisan
2.
Penyuntingan Iklan
Aku Bisa
BAB 3 :
Mengenali Unsur-Unsur Teks Eksposisi
A. Mengenali
Unsur-Unsur Teks Eksposisi
1. Gagasan
dan Fakta dalam Teks Eksposisi
2. Pola-Pola
Pengembangan Teks Eksposisi
B.
Menyimpulkan Isi Teks Eksposisi
1. Gagasan
Umum dan Gagasan Khusus
2.
Jenis-Jenis Paragraf Berdasarkan Gagasan Umumya
C. Menelaah
Struktur dan Kaidah Teks Eksposisi
1. Struktur
Teks Eksposisi
2. Kaidah
Kebahasaan Teks Eksposisi
D.
Menyajikan Teks Eksposisi
1.
Langkah-Langkah Penyajian
2. Kegiatan
Penyuntingan
Aku Bisa
BAB 4 :
Indahnya Berpuisi
A. Menemukan
Unsur-Unsur Pembentuk Puisi
1.
Pengertian Puisi
2.
Unsur-Unsur Puisi
B.
Menyimpulkan Isi Puisi
1. Isi Puisi
2.
Jenis-Jenis Puisi
C. Memilah
Unsur-Unsur Pembangun Puisi
D. Mari
Berpuisi dengan Indah
1. Menulis
Puisi
2. Pembacaan
Puisi yang Baik
3.
Musikalisasi Puisi
Aku Bisa
BAB 5 :
Urutan Cerita Menarik dalam Eksplanasi
A.
Menentukan Ciri-Ciri Teks Eksplanasi
1.
Pengertian Teks Eksplanasi
2. Ciri-Ciri
Teks Eksplanasi
B. Meringkas
Teks Ekspanasi
1.
Menenentukan Gagasan Umum Teks Eksplanasi
2.
Langkah-Langkah Meringkas Teks Eksplanasi
C. Menelaah
Isi, Struktur, dan Kaidah Teks Eksplanasi
1. Isi Teks
Ekspalansi
2. Struktur
Teks Eksplanasi
3. Kaidah
Kebahasaan Teks Eksplanasi
D. Menulis
Teks Eksplanasi
1. Pola-Pola
Pengembangan Teks Eksplanasi.
2.
Langkah-Langkah Menulis Teks Eksplanasi
Aku Bisa
BAB 6 :
Ulasan Karya Kita
A.
Menunjukkan Ciri-Ciri Ulasan
1.
Pengertian Ulasan
B.
Menjelaskan Kembali Teks Ulasan
1. Maksud
Suatu Teks Ulasan
2.
Kekurangan dan Kelebihan Suatu Teks Ulasan.163
C. Menelaah
Struktur dan Kaidah Teks Ulasan
1. Stuktur
Ulasan 2. Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan
D. Menyusun
Teks Ulasan
1.
Langkah-Langkah Penyusunan
2. Penuangan
Catatan ke dalam Teks Ulasan yang Lengkap
Aku Bisa .
BAB 7 :
Berbahasa Persuasif
A. Menemukan
Ajakan dalam Teks Persuasif
1.
Pengertian Teks Persuasif
Kelas VIII
SMP/MTs
2. Ajakan
dalam Teks Persuasif
B. Menyimpulkan Isi Teks Persuasif
1. Simpulan
Isi Teks Persuasif
2.
Langkah-langkah Penyimpulan Teks Persuatif
C. Menelaah
Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Persuasi
1. Struktur
Teks Persuasi
2. Kaidah
Kebahasaan Teks Persuasi
D. Menulis
Teks Persuasif
1. Penyiapan
Bujukan, Ajakan
2.
Memperhatikan Struktur dan Kaidah Teks Persuasi
Aku Bisa
BAB 8 :
Drama-Drama Kehidupan
A. Mendalami
Unsur-Unsur Drama
1.
Karakteristik Drama
2.
Unsur-Unsur Drama
B.
Menafsirkan Kembali Isi Drama
1. Ada Drama
dalam “Tayangan” Sehari-hari
2. Tanggapan
untuk Pementasan Drama
C. Menelaah
Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Drama
1. Struktur
Teks Drama
2. Kaidah
Kebahasaan Drama
D. Menulis Teks Drama
1. Teks
Drama dari Karya yang Sudah Ada
2. Naskah
Drama dengan Orisinalitas Ide
3.
Pementasan Karya Sendiri
Aku Bisa
BAB 9 :
Kembangkan Kegemaran Membaca
A. Menggali
Informasi dalam Buku Fiksi dan Nonfiksi
1. Keragaman
Informasi dalam Buku Fiksi dan Nonfiksi
2. Informasi
Buku Melalui Indeks
3. Catatan
tentang Isi Buku
B.
Menyajikan Peta Konsep dalam Isi Buku Fiksi/Nonfiksi
1. Peta
Konsep Isi Buku
2. Teknik Membaca
untuk Menemukan Isi Pokok Buku
C. Menelaah
Unsur-Unsur Penting dalam Buku Fiksi dan Nonfiksi
1. Ungkapan
Sebagai Unsur Kebahasaan dalam Buku Fiksi
2.
Unsur-Unsur Menarik Lainnya dalam Buku Fiksi
D.
Menyajikan Hasil Bacaan dalam Forum Diskusi
1. Daya
Tarik Bacaan
2.
Berdiskusi tentang Isi Buku
Aku Bisa
Untuk info lebih jelas dan detailnya tentang BUKU Bahasa Indonesia; Buku Siswa SMP/MTs Kelas VIII KURIKULUM 2013 REVISI 2017 silahkan download