-->
rpp kurikulum 2013 revisi

BUKU PPKN KELAS 8 KURIKULUM 2013 REVISI 2017.

Pengertian Kebudayaan dapat di artikan sebagai cirri khas sebuah daerah  yang dapat kita temui di daerah daerah tertentu , satu daerah tentunya berbeda budaya dan itu merupakan cirri khas tersendiri tentang banyaknya budaya yang dapat di temui, dan kebudayaan itu sendiri beraneka ragam dan juga banyak hal hal yang sangat menarik dan membuat kita takjub melihatnya.
Secara umum pengertian kebudayaan adalah segala hal yang berhubungan dengan budi dan akal dan tentunya di Indonesia banyak sekali  dan mempunyai cirri cirri khas , baik itu dari pakaiannya kebiasaanya dan yang tak kalah penting walaupun demikiantetap dalam satu kesatuan yaitu bangsa Indonesia, Secara etimologi, kebudayaan berasal dari kata “BUDDHAYAH” (Sansekerta). Kebudayaan (Buddhayah) sendiri merupakan kata jamak dari kata “BUDDHI” (sansekerta) yang berarti budi atau akal.
Dalam bahasa Inggris, kebudayaan berarti culture yang diserap dari “colere” (latin) yang berarti mengerjakan atau mengolah (bertani atau mengolah tanah).
Berdasarkan penjelasan sebelumnya, kemudian kebudayaan diartikan sebagai segala daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan merubah alam, yang dapat kita kaitkan dalam sesuatu yang berdasarkan kebiasaan daerah itu sendiri.
Pengertian kebudayaan menurut Herkovits bahwa kebudayaan adalah segala sesuatu yang diteruskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi lain atau disebut superorganic, kebudayaan berisikan seluruh nilai, norma, pengertian, ilmu pengetahuan, religius, struktur sosial, dan nilai lainnya sebagai wujud intelektual dan rasa seni yang menjadi identitas atau ciri khas suatu masyarakat.
Sehingga dapat dikatakan bahwa pengertian kebudayaan adalah segala hal yang kompleks, yang di dalamnya berisikan kesenian, kebiasaan pakaian adat serta banyak sekali yang dapat kita temukan dengan beraneka ragam serta kepercayaan, pengetahuan, hukum, moral, adat istiadat serta keahlian ataupun ciri khas lainnya yang diperoleh individu sebagai anggota dalam suatu masyarakat.

Untuk itu banmyak sekali yang dapat kita pelajari dan tak akan habis waktu untuk belajar dan memahami sesuatu , dan buku adalah dasar penting dari segala apa apa yang dapat kita cari dan gali, karena dengan buku kita dapat menambah ilmu pengetahuan, tak lepas dari itu pula seorang guru haruslah mempunyai rancangan pendidikan pembelajaran atau istilahnya rpp, yang man hal tersebut sangat di perlukan , karena dengan rpp kita akan tahu tentang materi materi apa saja yang harus di sampaikan, seperti kami contohkan di bawah ini:

BUKU PPKN UNTUK KELAS 8 KURIKULUM 2013 REVISI 2017.

Bagian 1 Petunjuk Umum Buku Guru Kelas VIII.
Bagian 2 Petunjuk Khusus Proses Pembelajaran
BAB 1 Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila
         A. Kompetensi Inti (KI).
         B. Kompetensi Dasar (KD)
         C. Indikator.
         D. Materi Pembelajaran 
         E. Proses Pembelajaran
Pembelajaran Pertemuan Kesatu (120 menit) .
Pembelajaran Pertemuan Kedua (120 menit)
Pembelajaran Pertemuan Ketiga (120 menit).
Pembelajaran Pertemuan Keempat (120 menit)
Pembelajaran Pertemuan Kelima (120 menit)

BAB 2 Menumbuhkan Kesadaran terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 
     A. Kompetensi Inti (KI)
     B. Kompetensi Dasar (KD).
     C. Indikator.
     D. Materi Pembelajaran 
     E. Proses Pembelajaran.
Pembelajaran Pertemuan Kesatu 
Pembelajaran Pertemuan Kedua 
Pembelajaran Pertemuan Ketiga
Pembelajaran Pertemuan Keempat
Pembelajaran Pertemuan Kelima 
Pengantar.

Buku Guru Kelas VIII SMP/MTs Edisi Revisi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
BAB 3 Memaknai Peraturan Perundang-undangan 
       A. Kompetensi Inti (KI).
       B. Kompetensi Dasar (KD)...
       C. Indikator.
       D. Materi Pembelajaran 
       E. Proses Pembelajaran
Pembelajaran Pertemuan Kesatu 
Pembelajaran Pertemuan Kedua 
Pembelajaran Pertemuan Ketiga 
Pembelajaran Pertemuan Keempat 
Pembelajaran Pertemuan Kelima 

BAB 4 Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908 .
      A. Kompetensi Inti (KI).
      B. Kompetensi Dasar (KD)
      C. Indikator
      D. Materi Pembelajaran 
      E. Proses Pembelajaran.
Pembelajaran Pertemuan Kesatu (120 menit)
Pembelajaran Pertemuan Kedua (120 menit)
Pembelajaran Pertemuan Ketiga (120 menit)
Pembelajaran Pertemuan Keempat (120 menit)
Pembelajaran Pertemuan Kelima (120 menit)

BAB 5 Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika 
    A. Kompetensi Inti (KI).
    B. Kompetensi Dasar (KD)
    C. Indikator
    D. Materi Pembelajaran
    E. Proses Pembelajaran.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 
BAB 6 Memperkuat Komitmen Kebangsaan
    A. Kompetensi Inti (KI)
    B. Kompetensi Dasar (KD)
    C. Indikator.
    D. Materi Pembelajaran
    E. Proses Pembelajaran


Untik info lebih lanjut dan detailnya tentan buku ppkn kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 silahkan download, terima kasih