Pengertian
Kebudayaan dapat di artikan sebagai cirri khas sebuah daerah yang dapat kita temui di daerah daerah
tertentu , satu daerah tentunya berbeda budaya dan itu merupakan cirri khas
tersendiri tentang banyaknya budaya yang dapat di temui, dan kebudayaan itu
sendiri beraneka ragam dan juga banyak hal hal yang sangat menarik dan membuat
kita takjub melihatnya.
Secara umum
pengertian kebudayaan adalah segala hal yang berhubungan dengan budi dan akal
dan tentunya di Indonesia banyak sekali
dan mempunyai cirri cirri khas , baik itu dari pakaiannya kebiasaanya
dan yang tak kalah penting walaupun demikiantetap dalam satu kesatuan yaitu
bangsa Indonesia, Secara etimologi, kebudayaan berasal dari kata “BUDDHAYAH”
(Sansekerta). Kebudayaan (Buddhayah) sendiri merupakan kata jamak dari kata
“BUDDHI” (sansekerta) yang berarti budi atau akal.
Dalam bahasa
Inggris, kebudayaan berarti culture yang diserap dari “colere” (latin) yang
berarti mengerjakan atau mengolah (bertani atau mengolah tanah).
Berdasarkan
penjelasan sebelumnya, kemudian kebudayaan diartikan sebagai segala daya dan
kegiatan manusia untuk mengolah dan merubah alam, yang dapat kita kaitkan dalam
sesuatu yang berdasarkan kebiasaan daerah itu sendiri.
Pengertian
kebudayaan menurut Herkovits bahwa kebudayaan adalah segala sesuatu yang
diteruskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi lain atau
disebut superorganic, kebudayaan berisikan seluruh nilai, norma, pengertian,
ilmu pengetahuan, religius, struktur sosial, dan nilai lainnya sebagai wujud
intelektual dan rasa seni yang menjadi identitas atau ciri khas suatu
masyarakat.
Sehingga
dapat dikatakan bahwa pengertian kebudayaan adalah segala hal yang kompleks,
yang di dalamnya berisikan kesenian, kebiasaan pakaian adat serta banyak sekali
yang dapat kita temukan dengan beraneka ragam serta kepercayaan, pengetahuan,
hukum, moral, adat istiadat serta keahlian ataupun ciri khas lainnya yang
diperoleh individu sebagai anggota dalam suatu masyarakat.
Untuk itu
banmyak sekali yang dapat kita pelajari dan tak akan habis waktu untuk belajar
dan memahami sesuatu , dan buku adalah dasar penting dari segala apa apa yang
dapat kita cari dan gali, karena dengan buku kita dapat menambah ilmu
pengetahuan, tak lepas dari itu pula seorang guru haruslah mempunyai rancangan
pendidikan pembelajaran atau istilahnya rpp, yang man hal tersebut sangat di
perlukan , karena dengan rpp kita akan tahu tentang materi materi apa saja yang
harus di sampaikan, seperti kami contohkan di bawah ini:
BUKU PPKN UNTUK KELAS 8 KURIKULUM 2013 REVISI 2017.
Bagian 1 Petunjuk Umum Buku Guru Kelas VIII.
Bagian 2 Petunjuk Khusus Proses Pembelajaran
BAB 1 Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila
A. Kompetensi Inti (KI).
B. Kompetensi Dasar (KD)
C. Indikator.
D. Materi Pembelajaran
E. Proses Pembelajaran
Pembelajaran Pertemuan Kesatu (120 menit) .
Pembelajaran Pertemuan Kedua (120 menit)
Pembelajaran Pertemuan Ketiga (120 menit).
Pembelajaran Pertemuan Keempat (120 menit)
Pembelajaran Pertemuan Kelima (120 menit)
BAB 2 Menumbuhkan Kesadaran terhadap UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar (KD).
C. Indikator.
D. Materi Pembelajaran
E. Proses Pembelajaran.
Pembelajaran Pertemuan Kesatu
Pembelajaran Pertemuan Kedua
Pembelajaran Pertemuan Ketiga
Pembelajaran Pertemuan Keempat
Pembelajaran Pertemuan Kelima
Pengantar.
Buku Guru Kelas VIII SMP/MTs Edisi Revisi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
BAB 3 Memaknai Peraturan Perundang-undangan
A. Kompetensi Inti (KI).
B. Kompetensi Dasar (KD)...
C. Indikator.
D. Materi Pembelajaran
E. Proses Pembelajaran
Pembelajaran Pertemuan Kesatu
Pembelajaran Pertemuan Kedua
Pembelajaran Pertemuan Ketiga
Pembelajaran Pertemuan Keempat
Pembelajaran Pertemuan Kelima
BAB 4 Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908 .
A. Kompetensi Inti (KI).
B. Kompetensi Dasar (KD)
C. Indikator
D. Materi Pembelajaran
E. Proses Pembelajaran.
Pembelajaran Pertemuan Kesatu (120 menit)
Pembelajaran Pertemuan Kedua (120 menit)
Pembelajaran Pertemuan Ketiga (120 menit)
Pembelajaran Pertemuan Keempat (120 menit)
Pembelajaran Pertemuan Kelima (120 menit)
BAB 5 Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika
A. Kompetensi Inti (KI).
B. Kompetensi Dasar (KD)
C. Indikator
D. Materi Pembelajaran
E. Proses Pembelajaran.
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
BAB 6 Memperkuat Komitmen Kebangsaan
A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar (KD)
C. Indikator.
D. Materi Pembelajaran
E. Proses Pembelajaran
Untik info lebih lanjut dan detailnya tentan buku ppkn kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 silahkan download, terima kasih