Aqidah
berasal dari salah satu kata dalam bahasa Arab yaitu ‘aqad, yang artinya ikatan
yang mana aqidah juga dapat di artikan sebagai tali silaturahmi yang mana
manusia dengan manusia lainnya sangatlah saling membutuhkan dan keterikatan
tersebut manusia harus hidup bersosial.
Berdasarkan ahli bahasa, pengertian aqidah adalah sesuatu yang dengannya diikatnya hati dan perasaan manusia atau yang dijadikan agama oleh manusia dan dijadikan pegangan, akan tetapi kerukunan terhadap agama lainpun haruslah tetap di jaga, karena walaupun berbeda agama sikap toleransi kita harus tetap terjaga.
Sehingga pengertian akidah/aqidah ini dapat diibaratkan sebagai perjanjian yang kokoh yang tertanam jauh di dalam lubuk hati sanubari manusia yang tetap harus di jungjung tinggi dengan keyakinan yang kokoh.
Pengertian aqidah merupakan suatu bentuk pengakuan ataupun persaksian secara sadar mengenai keyakinan, keimanan, dan kepercayaan bahwa ada suatu zat yang Esa yang Maha Kuasa, yang kepada-Nya bergantung segala sesuatu (Surah Al-Ikhlash:1-4) dan tentunya manusia yang hidup dan bernapas akan lah mengalami apa yang di namakannya adalah kematian.
Akidah
merupakan aspek yang berhubungan dengan masalah masalah keimanan dan dasar
dasar agama.
Oleh karena itu, seringkali kata “aqidah” serta kata “iman” digunakan secara bergantian, karena dua kata tersebut mempunyai keterikatan yang kuat dan saling terkait satu dengan yang lainnya. Pengertian aqidah diarahkan untuk memberikan visi dan makna bagi eksistensi kehidupan manusia di planet yang di namakan bumi.
Oleh karena itu, seringkali kata “aqidah” serta kata “iman” digunakan secara bergantian, karena dua kata tersebut mempunyai keterikatan yang kuat dan saling terkait satu dengan yang lainnya. Pengertian aqidah diarahkan untuk memberikan visi dan makna bagi eksistensi kehidupan manusia di planet yang di namakan bumi.
Aqidah inilah yang memberikan jawaban atas pertanyaan terhadap hakikat kehidupan dan pertanyaan yang lain tentang makna kehidupan dan alasan dibaliknya.
Oleh karena itu, aqidah adalah ruh bagi setiap orang, yang apabila dipegang teguh akan memberikan kehidupan baik dan menggembirakan orang yang memegang teguhnya aqidah dan keimanan akan senantiasa merasakan kedamaian.
Hal
sebaliknya pun akan terjadi bagi mereka yang tidak memiliki aqidah dalam hidup,
yang tanpa kita sadari hidup akan terasa berantakan dan hidup tak mempunyai
tujuan dan sedikit harapan untuk merasakan kebahagiaan yang hakiki.
Bab 1 Ringkasan Buku Siswa
A. Pembelajaran Apresiasi dan Kreasi Seni Rupa .
B. Berapresiasi
C. Berkreasi
D. Gaya Lukisan Siswa
Bab 2 Metode Pembelajaran .
A. Pendekatan Saintifik .
B. Model Pembelajaran
C. Model Berbasis Proyek
D. Bahasa Sebagai Penghela
Bab 3 Metode Penilaian .
A. Penilaian Autentik
B. Tingkat Berpikir
C. Unjuk Kerja .
D. Portofolio
Bab 4 Memahami Konsep Musik Barat
A. Konsep Musik Barat
B. Unsur Musik
Bab 5 Pertunjukan Musik Barat
A. Bentuk-Bentuk Pertunjukan Musik Barat .
B. Tujuan Pertunjukan Musik Barat
C. Sejarah Perkembangan Pertunjukan Musik .
Bab 6 Konsep, Teknik, dan Prosedur dalam Berkarya Tari Kreasi
A. Konsep Gerak Tari Kreasi Tari
B. Teknik Berkarya Tari Kreasi
C. Menerapkan Prosedur Tari Kreasi: dari Seni Tradisi ke Tari Kreasi .
D. Proses Pembelajaran .
E. Evaluasi .
F. Remedial
G. Interaksi dengan Orang Tua Siswa
Daftar Isi
Seni Budaya v
Bab 7 Menerapkan Gerak Tari Kreasi (Fungsi, Teknik,
Bentuk, Jenis dan Nilai Estetis Ssesuai Iringan)
A. Fungsi Tari
B. Bentuk Tari
C. Jenis Tari
D. Nilai Estetis
E. Proses Pembelajaran
F. Evaluasi
G. Remedial
H. Interaksi dengan Orang Tua Siswa
Bab 8 Pembelajaran Seni Peran atau Akting
A. Strategi Pembelajaran
B. Materi Pembelajaran
C. Pengayaan Materi Pembelajaran
D. Metode Pembelajaran
E. Evaluasi Pembelajaran
Bab 9 Teknik Penulisan Naskah Teater
A. Strategi Pembelajaran .
B. Materi Pembelajaran
C. Berlatih Membaca Naskah Teater
D. Pengayaan Materi Pembelajaran
E. Metode Pembelajaran
F. Evaluasi Pembelajaran
Semester 2
Bab 1 Ringkasan Buku Siswa
A. Pedoman Pembelajaran
B. Pameran Seni Rupa .
C. Pengkajian Seni Rupa
D. Fenomena Seni Rupa
E. Penampilan Kritik Seni Rupa
Bab 2 Metode Pembelajaran
A. Pendekatan Saintifik
B. Pembelajaran Inkuiri .
C. Pembelajaran Berbasis Proyek .
D. Bahasa Sebagai Penghela
Bab 3 Metode Penilaian
A. Penilaian Autentik
B. Tingkat Berpikir.
C. Unjuk Kerja
D. Portofolio
E. Hak Cipta Karya Seni Rupa dan Desain
vi Buku Guru kelas XI SMA/MA/SMK/MAK
Bab 4 Memahami Konsep Musik Barat
A. Memainkan Alat Musik Barat
B. Menampilkan Beberapa Lagu dalam Pagelaran Musik Barat
Bab 5 Membuat Tulisan tentang Musik Barat
A. Motivasi
B. Sumber untuk Guru
C. Pembelajaran dan Penilaian .
Bab 6 Konsep, Teknik, dan Prosedur dalam Berkarya Tari Kreasi
A. Mendeskripsikan Karya Tari Kreasi Baru
Berdasarkan Teknik Tata Pentas
B. Evaluasi Tari Kreasi Berdasarkan Teknik Tata Pentas .
C. Proses Pembelajaran
D. Evaluasi
E. Remedial
F. Interaksi dengan Orang Tua Siswa .
Bab 7 Mengevaluasi Tari Kreasi (Bentuk, Jenis,
Nilai Estetis, dan Tata Pentas)
A. Evaluasi Tari Kreasi
B. Cara Menulis Evaluasi Tari
C. Proses Pembelajaran
D. Evaluasi .
E. Remedial
F. Interaksi dengan Orang Tua Siswa
Bab 8 Pembelajaran Merencanakan Pementasan Teater Modern
A. Strategi Pembelajaran
B. Materi Pembelajaran .
C. Metode Pembelajaran
D. Evaluasi Pembelajaran
Bab 9 Pembelajaran Pementasan Teater Modern
A. Strategi Pembelajaran .
B. Materi Pembelajaran
C. Metode Pembelajaran
D. Evaluasi Pembelajaran
BUKU Seni Budaya UNTUK SMA-MA-SMK-MAK Kelas XI kurikulum 2013 revisi 2017
silahkan download
Bab 1 Ringkasan Buku Siswa
A. Pembelajaran Apresiasi dan Kreasi Seni Rupa .
B. Berapresiasi
C. Berkreasi
D. Gaya Lukisan Siswa
Bab 2 Metode Pembelajaran .
A. Pendekatan Saintifik .
B. Model Pembelajaran
C. Model Berbasis Proyek
D. Bahasa Sebagai Penghela
Bab 3 Metode Penilaian .
A. Penilaian Autentik
B. Tingkat Berpikir
C. Unjuk Kerja .
D. Portofolio
Bab 4 Memahami Konsep Musik Barat
A. Konsep Musik Barat
B. Unsur Musik
Bab 5 Pertunjukan Musik Barat
A. Bentuk-Bentuk Pertunjukan Musik Barat .
B. Tujuan Pertunjukan Musik Barat
C. Sejarah Perkembangan Pertunjukan Musik .
Bab 6 Konsep, Teknik, dan Prosedur dalam Berkarya Tari Kreasi
A. Konsep Gerak Tari Kreasi Tari
B. Teknik Berkarya Tari Kreasi
C. Menerapkan Prosedur Tari Kreasi: dari Seni Tradisi ke Tari Kreasi .
D. Proses Pembelajaran .
E. Evaluasi .
F. Remedial
G. Interaksi dengan Orang Tua Siswa
Daftar Isi
Seni Budaya v
Bab 7 Menerapkan Gerak Tari Kreasi (Fungsi, Teknik,
Bentuk, Jenis dan Nilai Estetis Ssesuai Iringan)
A. Fungsi Tari
B. Bentuk Tari
C. Jenis Tari
D. Nilai Estetis
E. Proses Pembelajaran
F. Evaluasi
G. Remedial
H. Interaksi dengan Orang Tua Siswa
Bab 8 Pembelajaran Seni Peran atau Akting
A. Strategi Pembelajaran
B. Materi Pembelajaran
C. Pengayaan Materi Pembelajaran
D. Metode Pembelajaran
E. Evaluasi Pembelajaran
Bab 9 Teknik Penulisan Naskah Teater
A. Strategi Pembelajaran .
B. Materi Pembelajaran
C. Berlatih Membaca Naskah Teater
D. Pengayaan Materi Pembelajaran
E. Metode Pembelajaran
F. Evaluasi Pembelajaran
Semester 2
Bab 1 Ringkasan Buku Siswa
A. Pedoman Pembelajaran
B. Pameran Seni Rupa .
C. Pengkajian Seni Rupa
D. Fenomena Seni Rupa
E. Penampilan Kritik Seni Rupa
Bab 2 Metode Pembelajaran
A. Pendekatan Saintifik
B. Pembelajaran Inkuiri .
C. Pembelajaran Berbasis Proyek .
D. Bahasa Sebagai Penghela
Bab 3 Metode Penilaian
A. Penilaian Autentik
B. Tingkat Berpikir.
C. Unjuk Kerja
D. Portofolio
E. Hak Cipta Karya Seni Rupa dan Desain
vi Buku Guru kelas XI SMA/MA/SMK/MAK
Bab 4 Memahami Konsep Musik Barat
A. Memainkan Alat Musik Barat
B. Menampilkan Beberapa Lagu dalam Pagelaran Musik Barat
Bab 5 Membuat Tulisan tentang Musik Barat
A. Motivasi
B. Sumber untuk Guru
C. Pembelajaran dan Penilaian .
Bab 6 Konsep, Teknik, dan Prosedur dalam Berkarya Tari Kreasi
A. Mendeskripsikan Karya Tari Kreasi Baru
Berdasarkan Teknik Tata Pentas
B. Evaluasi Tari Kreasi Berdasarkan Teknik Tata Pentas .
C. Proses Pembelajaran
D. Evaluasi
E. Remedial
F. Interaksi dengan Orang Tua Siswa .
Bab 7 Mengevaluasi Tari Kreasi (Bentuk, Jenis,
Nilai Estetis, dan Tata Pentas)
A. Evaluasi Tari Kreasi
B. Cara Menulis Evaluasi Tari
C. Proses Pembelajaran
D. Evaluasi .
E. Remedial
F. Interaksi dengan Orang Tua Siswa
Bab 8 Pembelajaran Merencanakan Pementasan Teater Modern
A. Strategi Pembelajaran
B. Materi Pembelajaran .
C. Metode Pembelajaran
D. Evaluasi Pembelajaran
Bab 9 Pembelajaran Pementasan Teater Modern
A. Strategi Pembelajaran .
B. Materi Pembelajaran
C. Metode Pembelajaran
D. Evaluasi Pembelajaran
BUKU Seni Budaya UNTUK SMA-MA-SMK-MAK Kelas XI kurikulum 2013 revisi 2017
silahkan download