Standar kompetensi lulusan adalah muara utama pencapaian yang dituju semua mata
pelajaran pada jenjang tertentu. Sedangkan kompetensi inti adalah pijakan pertama
pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada tingkat kompetensi tertentu.
Penjabaran kompetensi inti untuk tiap mata pelajaran tersaji dalam rumusan
Kompetensi Dasar.
Pencapaian kompetensi lulusan, kompetensi inti, dan kompetensi dasar melalui proses
pembelajaran dan penilaian diilustrasikan dalam skema gambar 4 berikut;
a. Standar Kompetensi Lulusan adalah muara utama pencapaian semua mata
pelajaran pada satuan pendidikan/ jenjang pendidikan tertentu
b. Kompetensi Inti adalah pijakan muara kompetensi kelas pencapaian semua mata
pelajaran pada tingkat kompetensi yang ditetapkan dalam Kompetensi Isi atau
kelas tertentu
c. Kompetensi Dasar (KD); merupakan tingkat kemampuan suatu pokok bahasan
pada suatu mata pelajaran yang mengacu pada Kompetensi inti.
d. Penguatan pendidikan karakter melalui kemampuan berliterasi
diintegrasikan dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi
tersebut.
2018, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah 12
DOWNLOAD Modul GEOGRAFI Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018
a. Standar Kompetensi Lulusan merupakan pijakan sekaligus target yang harus
dihasilkan dari proses pembelajaran.
b. Kompetensi inti (KI-3 dan KI-4) memberikan arah tingkat kompetensi pengetahuan
dan keterampilan minimal yang harus dicapai peserta didik.
c. Kompetensi dasar dari KI-3 adalah dasar pengembangan materi pembelajaran,
sedangkan kompetensi dasar dari KI-4 mengarahkan keterampilan dan pengalaman
belajar yang perlu dilakukan peserta didik. Dari sinilah pendidik dapat
mengembangkan proses belajar dan cara penilaian yang diperlukan
selamapembelajaran langsung.
d. Dari proses belajar dan pengalaman belajar, peserta didik akan memperoleh
pembelajaran tidak langsung berupa pengembangan sikap sosial dan spiritual yang
relevan dengan berpedoman pada kompetensi dasar dari KI-2 dan KI-1.
e. Rangkaian dari KI-KD sampai dengan penilaian termuatdalam silabus, dan RPP.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mudah mudahan dapat membantu dan bermanfaat, untuk info detail produk rpp terbaru silahkan kunjungi website resmi kami di www.divapendidikan.com terima kasih.
pelajaran pada jenjang tertentu. Sedangkan kompetensi inti adalah pijakan pertama
pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada tingkat kompetensi tertentu.
Penjabaran kompetensi inti untuk tiap mata pelajaran tersaji dalam rumusan
Kompetensi Dasar.
Pencapaian kompetensi lulusan, kompetensi inti, dan kompetensi dasar melalui proses
pembelajaran dan penilaian diilustrasikan dalam skema gambar 4 berikut;
a. Standar Kompetensi Lulusan adalah muara utama pencapaian semua mata
pelajaran pada satuan pendidikan/ jenjang pendidikan tertentu
b. Kompetensi Inti adalah pijakan muara kompetensi kelas pencapaian semua mata
pelajaran pada tingkat kompetensi yang ditetapkan dalam Kompetensi Isi atau
kelas tertentu
c. Kompetensi Dasar (KD); merupakan tingkat kemampuan suatu pokok bahasan
pada suatu mata pelajaran yang mengacu pada Kompetensi inti.
d. Penguatan pendidikan karakter melalui kemampuan berliterasi
diintegrasikan dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi
tersebut.
2018, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah 12
DOWNLOAD Modul GEOGRAFI Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018
a. Standar Kompetensi Lulusan merupakan pijakan sekaligus target yang harus
dihasilkan dari proses pembelajaran.
b. Kompetensi inti (KI-3 dan KI-4) memberikan arah tingkat kompetensi pengetahuan
dan keterampilan minimal yang harus dicapai peserta didik.
c. Kompetensi dasar dari KI-3 adalah dasar pengembangan materi pembelajaran,
sedangkan kompetensi dasar dari KI-4 mengarahkan keterampilan dan pengalaman
belajar yang perlu dilakukan peserta didik. Dari sinilah pendidik dapat
mengembangkan proses belajar dan cara penilaian yang diperlukan
selamapembelajaran langsung.
d. Dari proses belajar dan pengalaman belajar, peserta didik akan memperoleh
pembelajaran tidak langsung berupa pengembangan sikap sosial dan spiritual yang
relevan dengan berpedoman pada kompetensi dasar dari KI-2 dan KI-1.
e. Rangkaian dari KI-KD sampai dengan penilaian termuatdalam silabus, dan RPP.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mudah mudahan dapat membantu dan bermanfaat, untuk info detail produk rpp terbaru silahkan kunjungi website resmi kami di www.divapendidikan.com terima kasih.