-->
rpp kurikulum 2013 revisi

BUKU KELAS 11 KURIKULUM 2013 REVISI 2017

Ilmu pengetahuan merupakan salah satu Faktor dasar yang paling penting untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, dan pentingnya dunia pendidikan di harapkan agar lebih baik lagi dan hal tersebut harus dibarengi dengan berbagai cara agar apa yang di sampaikan dapat di serap siswa sehingga hal tersebut akan menjadi nilai positip bagi kemajuan dunia pendidikan dan menghasilkan anak anak bangsa yang cerdas pandai dan berprestasi dan hal tersebut adalah modal awal untuk generasi penerus bangsa di masa depan anak anak bangsa.

berbagai perubahan telah banyak dilakukan demi terciptanya dunia pendidikan agar lebih baik lagi dan dalam hal ini terdapat buku buku  yang sudah di sesuaikan dengan kurikulum 2013 bahkan telah di revisi kembali demi mendapatkan sumber ilmu pengetahuan yang lebih baik lagi dan salah satunya adalah buku guru, Buku Guru adalah panduan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran dikelas atau disekolah, didalam buku tersebut berisi beberapa langkah-langkah serta ruang lingkup materi  pembelajaran yang didesain menggunakan pendekatan saintifik sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 dan sudah di awasi kemendikbud, sehingga buku tersebut sudah sesuai dengan apa yang harus di sampaikan oleh guru sebagai pendidik dan tentunya akan menjadi nilai kompetensi siswa.

Dibawah ini terdapat beberapa penjelasan penjelasan tentang fungsi buku guru yang diantaranya adalah sebagai berikut:
1.buku guru merupakan petunjuk penggunaan Buku Siswa, ketika guru akan menggunakan Buku Siswa bagi siswa dalam menyelenggarakan proses pembelajaran, maka terlebih dahulu guru harus mempelajari terlebih dahulu Buku Guru, yang dimaksudkan agar guru dapat menemukan informasi tentang materi apa saja yang akan di sampaikan serta langkah langkah apa saja agar yang di sampaikan tersebut dapat di serap siswa diantaranya sebagai berikut.
  • Urutan acuan materi pelajaran yang dikembangkan dari Standar Kompetensi, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar dari masing-masing muatan mata pelajaran, yang kemudian disatukan dalam satu tema tertentu.
  • Jaringan tema dari masing-masing tema yang berisi kompetensi dasar dan indikator dari masing-masing muatan mata pelajaran yang harus dicapai.
  • Pemilahan pembelajaran yang dikembangkan dari subtema dengan tujuan agar guru secara bertahap dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar yang yang harus dikuasai peserta didik.
Sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas Buku Guru menyajikan hal-hal sebagai berikut.
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada setiap pilihan pembelajaran dari masing-masing subtema. Dengan demikian guru akan segera mengetahui hasil pembelajaran yang harus dicapai dari proses pembelajaran yang dilakukannnya.
  • Menjelaskan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran, dengan demikian sebelum menyelenggarakan proses pembelajaran guru sudah menyiapkan Media media pembelajaran yang diperlukan.
  • Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang harus dilakukan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran, Uraian ini selain dapat membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaaan pembelajaran, guru akan dapat melakukan tahapan pembelajaran dengan sistematis mengikuti langkah-langkah pembelajaran tersebut.
  • Menjelaskan tentang teknik dan instrument penilaian yang dapat digunakan dalam setiap pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.
  • Menjelaskan jenis lembar kerja yang sesuai dengan pilahan pembelajaran yang ada dalam Buku Siswa.
Penjelasan tentang Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang digunakan dalam proses Pembelajaran, dan buku Guru memuat Informasi tentang model dan strategi pembelajaran yang digunakan sebagai acuan penyelenggaraan proses pembelajaran Kurikulum 2013 berbasis aktivitas. Artinya dalam mengimplementasikan kurikulum guru harus mengelola pembelajaran yang memberikan peluang yang sebanyak- banyaknya kepada siswa untuk melakukkan kegiatan. Diharapkan guru dapat mengembangkan model dan Materi pembelajaran karena buku siswa hanya merupakan contoh agenda kegiatan siswa.

Dan buku Siswa adalah buku yang diperuntukkan untuk siswa yang dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran yang bertujuan agar dapat memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku Siswa bukan sekedar bahan bacaan, tetapi juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran yang isinya dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan dengan tujuan agar dapat terselenggaranya pembelajaran kontekstual, artinya siswa dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya sehingga hal tersebut akan langsung berhubungan dengan lingkungan sekitar.

Dan tak hanya itu saja buku Siswa juga disusun guna memfasilitasi siswa mendapat pengalaman belajar yang bermakna, Isi sajian buku diarahkan agar siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antar teman maupun dengan gurunya, Melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan motivasi, rasa keingintahuan, inisiatif, dan kreativitas peserta didik,walaupun telah disusun sedemikian rupa, guru masih dapat mengembangkan atau memperkaya materi dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Dibawah ini sedikit akan dijelaskan peran dan fungsi Buku Siswa yang dapat dirinci sebagai berikut
1. Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan Pembelajaran Setiap subtema pada masing-masing buku memiliki beberapa pembelajaran sesuai dengan tema yang dibahas terdiri dari berbagai kegiatan yang dapat dilakukan oleh siswa, misalnya mengamati sesuatu, di dalam buku tertulis “Ayo Amati” artinya guru mengajak siswa untuk melakukan pengamatan terhadap sesuatu, biasanya berupa gambar atau tayangan film, atau lingkungan sekitar.
Kegiatan tersebut menceritakan di dalam buku tertulis “Ayo Ceritakan” artinya guru mengajak siswa untuk menceritakan sesuatu mungkin menceritakan hasil pengamatan terhadap sesuatu atau menceritakan pengalaman yang mereka alami.

Dengan adanya kegiatan untuk melakukan hal tersebut, dalam buku tertulis “Ayo Lakukan” artinya guru mengajak siswa untuk melakukan suatu kegiatan misalnya pada Tema 1 Diriku Subtema 1 Aku dan Teman Baru, siswa dapat melakukan kegiatan berkenalan dengan teman di kelasnya, Selain itu, siswa juga diharuskan memperkenalkan dirinya di depan kelas dan mencoba meningkatkan rasa percaya diri terhadap kondisi tersebut.

2. sebagai penghubung antar Guru, Sekolah dan Orang Tua Pada setiap pembelajaran ada bagian yang harus dikerjakan oleh orang tua dalam rangka membimbing anak untuk melakukan aktivitas pembelajaran di rumah, Bagian ini bisa dilihat pada Buku Siswa dengan ikon tulisan “Kerja sama dengan orang tua”. Misalnya pada Buku Siswa kelas I dengan Tema Kegemaran halaman 6 tertulis Kegiatan bersama orang tua.

Orang tua membimbing siswa untuk menulis nama cabang olah raga di rumah, dalam hal kerjasama dengan orang tua, guru hendaknya memberi motivasi kepada orang tua untuk memberikan waktu kepada siswa untuk belajar dan mendampingi siswa dalam belajarnya, hal ini, akan memberikan motivasi kepada siswa untuk selalu belajar sepanjang waktu. Selain itu, orang tua wajib mengetahui perkembangan kemajuan belajar anaknya dan Orang tua dapat juga berperan sebagai nara sumber pembelajaran di sekolah dan orang tua tentang materi apa saja yang di sampaikan di sekolah dan membimbingnya.

Dapat berfungsi sebagai lembar kerja siswa misalnya pada Buku Siswa kelas I tema 1 Diriku pada halaman 6 terdapat kegiatan “Ayo Berlatih”. Pada halaman tersebut siswa diminta untuk mengamati gambar dan mencocokkan gambar dan lambang bilangan dengan cara menarik garis dari gambar ke lambang bilangan yang cocok, serta siswa tidak harus menyalin gambar dan lambang bilangan tersebut pada buku tulis, melainkan dapat dikerjakan pada halaman tersebut sebagai lembar kerja siswa dan hal tersebut akan lebih memudahkan apasaja yang dapat di serap oleh siswa.

4. Hasil Kerja Siswa dapat Dimanfaatkan dalam Penilaian
Di dalam Buku Siswa tersebut terdapat halaman-halaman yang berisi format yang dapat digunakan sebagai lembar kerja untuk dihimpun sebagai bahan portofolio yang dapat dijadikan sumber penilaian hasil pembelajaran yang dilakukan di sekolah.

5. Media Komunikasi antara Guru dan Siswa
Melalui proses pembelajaran dengan menggunakan Buku Siswa, guru dapat mengenal siswa lebih dekat lagi dan baik melalui pengamatan terhadap hasil kerja siswa yang telah dirancang sedemikian rupa dalam setiap pembelajaran, guru dapat melihat perkembangan pengetahuan dan keterampilan serta sikap siswa sesuai dengan kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan.

Dan berikut di bawah ini perangkat pembelajaran untuk kelas 11 kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap
Demikian informasi yang dapat kami sam,paikan mudah mudahan dapat memberikan banyak manfaat, terima kasih.