-->
rpp kurikulum 2013 revisi

BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS 9 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 TERLENGKAP

Pentingnya dunia pendidikan agar lebih baik lagi dan hal tersebut harus di tunjang dengan berbagai cara agar apa yang di sampaikan dapat di serap siswa sehingga hal tersebut akan menjadi nilai positip bagi kemajuan dunia pendidikan dan menghasilkan anak anak bangsa yang cerdas pandai dan berprestasi, ada berbagai mata pelajaran dan banyak sekali sumber ilmu pengetahuan yang dapat kita terapkan pada anak didik di sekolah dengan banyak manfaat yang dapat di temukan dari buku tersebut .  

Dalam hal ini terdapat buku buku  yang sudah di sesuaikan dengan kurikulum 2013 bahkan telah di revisi kembali demi mendapatkan sumber ilmu pengetahuan yang lebih baik lagi dan salah satunya adalah buku guru, Buku Guru adalah panduan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran dikelas atau disekolah, Buku Guru berisi langkah-langkah pembelajaran yang didesain menggunakan pendekatan saintifik sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 dan sudah di awasi kemendikbud, sehingga buku tersebut sudah sesuai dengan apa yang harus di sampaikan oleh guru sebagai pendidik.

Berikut dibawah ini terdapat penjelasan penjelasan tentang fungsi buku guru diantaranya adalah:
1. Sebagai petunjuk penggunaan Buku Siswa, Ketika guru akan menggunakan Buku Siswa bagi siswa dalam menyelenggarakan proses pembelajaran, maka terlebih dahulu guru harus mempelajari terlebih dahulu Buku Guru. Guru harus menemukan informasi tentang materi apa saja yang akan di sampaikan serta langkah langkah apa saja agar yang di sampaikan tersebut dapat di serap siswa diantaranya sebagai berikut.
  • Urutan acuan materi pelajaran yang dikembangkan dari Standar Kompetensi, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar dari masing-masing muatan mata pelajaran, yang kemudian disatukan dalam satu tema tertentu.
  • Jaringan tema dari masing-masing tema yang berisi kompetensi dasar dan indikator dari masing-masing muatan mata pelajaran yang harus dicapai.
  • Pemilahan pembelajaran yang dikembangkan dari subtema dengan tujuan agar guru secara bertahap dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar yang yang harus dikuasai peserta didik.
2. Sebagai acuan kegiatan pembelajaran di kelas Buku Guru menyajikan hal-hal sebagai berikut.
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada setiap pilihan pembelajaran dari masing-masing subtema. Dengan demikian guru akan segera mengetahui hasil pembelajaran yang harus dicapai dari proses pembelajaran yang dilakukannnya.
  • Menjelaskan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran, dengan demikian sebelum menyelenggarakan proses pembelajaran guru sudah menyiapkan Media media pembelajaran yang diperlukan.
  • Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang harus dilakukan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran, Uraian ini selain dapat membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaaan pembelajaran, guru akan dapat melakukan tahapan pembelajaran dengan sistematis mengikuti langkah-langkah pembelajaran tersebut.
  • Menjelaskan tentang teknik dan instrument penilaian yang dapat digunakan dalam setiap pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.
  • Menjelaskan jenis lembar kerja yang sesuai dengan pilahan pembelajaran yang ada dalam Buku Siswa.
penjelasan tentang Metode dan Pendekatan Pembelajaran yang digunakan dalam proses Pembelajaran, dan buku Guru memuat Informasi tentang model dan strategi pembelajaran yang digunakan sebagai acuan penyelenggaraan proses pembelajaran Kurikulum 2013 berbasis aktivitas. Artinya dalam mengimplementasikan kurikulum guru harus mengelola pembelajaran yang memberikan peluang yang sebanyak- banyaknya kepada siswa untuk melakukkan kegiatan. Diharapkan guru dapat mengembangkan model dan Materi pembelajaran karena buku siswa hanya merupakan contoh agenda kegiatan siswa.

Buku Siswa adalah buku yang diperuntukkan bagi siswa yang dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku Siswa bukan sekedar bahan bacaan, tetapi juga digunakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) isinya dirancang dan dilengkapi dengan contoh-contoh lembar kegiatan dengan tujuan agar dapat terselenggaranya pembelajaran kontekstual, artinya siswa dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang dialaminya.

Buku Siswa disusun untuk memfasilitasi siswa mendapat pengalaman belajar yang bermakna. Isi sajian buku diarahkan agar siswa lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antar teman maupun dengan gurunya, Melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan motivasi, rasa keiingintahuan, inisiatif, dan kreativitas peserta didik. Walaupun telah disusun sedemikian rupa, guru masih dapat mengembangkan atau memperkaya materi dan kegiatan lain yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Dibawah ini dijelaskan peran dan fungsi Buku Siswa yang dapat dirinci sebagai berikut.
  • 1. Panduan bagi Siswa dalam Melaksanakan Kegiatan-Kegiatan Pembelajaran Setiap subtema pada masing-masing buku memiliki beberapa pembelajaran sesuai dengan tema yang dibahas terdiri dari berbagai kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa, misalnya; mengamati sesuatu, di dalam buku tertulis “Ayo Amati” artinya guru mengajak siswa untuk melakukan pengamatan terhadap sesuatu, bias berupa gambar atau tayangan film, atau lingkungan sekitar. Kegiatan menceritakan di dalam buku tertulis “Ayo Ceritakan” artinya guru mengajak siswa untuk menceritakan sesuatu mungkin menceritakan hasil pengamatan terhadap sesuatu atau menceritakan pengalaman yang mereka alami. Kegiatan melakukan, dalam buku tertulis “Ayo Lakukan” artinya guru mengajak siswa untuk melakukan suatu kegiatan misalnya pada Tema 1 Diriku Subtema 1 Aku dan Teman Baru, siswa harus melakukan kegiatan berkenalan dengan teman di kelasnya. Selain itu, siswa juga diharuskan memperkenalkan dirinya di depan kelas.
  • 2. Penghubung antar Guru, Sekolah dan Orang Tua Pada setiap pembelajaran ada bagian yang harus dikerjakan oleh orang tua dalam rangka membimbing anak untuk melakukan aktivitas pembelajaran di rumah, Bagian ini bisa dilihat pada Buku Siswa dengan ikon tulisan “Kerja sama dengan orang tua”. Misalnya pada Buku Siswa kelas I dengan Tema Kegemaran halaman 6 tertulis Kegiatan bersama orang tua. Orang tua membimbing siswa untuk menulis nama cabang olah raga di rumah. Dalam hal kerjasama dengan orang tua, guru hendaknya memberi motivasi kepada orang tua untuk memberikan waktu kepada siswa untuk belajar dan mendampingi siswa dalam belajarnya, hal ini, akan memberikan motivasi kepada siswa untuk selalu belajar sepanjang waktu. Selain itu, orang tua wajib mengetahui perkembangan kemajuan belajar anaknya dan Orang tua dapat juga berperan sebagai nara sumber pembelajaran di sekolah.
  • 3. Lembar Kerja Siswa Buku Siswa dapat berfungsi sebagai lembar kerja siswa misalnya pada Buku Siswa kelas I tema 1 Diriku pada halaman 6 terdapat kegiatan “Ayo Berlatih”. Pada halaman tersebut siswa diminta untuk mengamati gambar dan mencocokkan gambar dan lambang bilangan dengan cara menarik garis dari gambar ke lamang bilangan yang cocok. Siswa tidak harus menyalin gambar dan lambang bilangan tersebut pada buku tulis, melainkan dapat dikerjakan pada halaman tersebut sebagai lembar kerja siswa.
  • 4. Hasil Kerja Siswa dapat Dimanfaatkan dalam Penilaian Di dalam Buku Siswa terdapat halaman-halaman berisi format yang dapat digunakan sebagai lembar kerja untuk dihimpun sebagai bahan portofolio yang dapat dijadikan sumber penilaian hasil pembelajaran.
  • 5. Media Komunikasi antara Guru dan Siswa Melalui proses pembelajaran dengan menggunakan Buku Siswa, guru dapat mengenal siswa lebih baik melalui pengamatan terhadap hasil kerja siswa yang telah dirancang sedemikian rupa dalam setiap pembelajaran. Guru dapat melihat perkembangan pengetahuan dan keterampilan serta sikap siswa sesuai dengan kompetensi pembelajaran yang telah ditetapkan.
  • 6. Sebagai Kenang-kenangan Rekam Jejak Belajar Siswa, Semua hasil pekerjaaan yang dilakukan siswa selama mengikuti proses pembelajaran akan tertuang dalam Buku Siswa, sehingga guru dan orang tua dapat melihat jejak belajar dan perkembangan kompetensi selama mengikuti proses pembelajaran pada masing-masing jenjang.
Dan berikut di bawah tersedia buku guru kelas 10 kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap: