-->
rpp kurikulum 2013 revisi

BUKU GURU DAN BUKU SISWA SMP/MTS KELAS 8 KURIKULUM 2013 REVISI 2017

Pendidikan merupakan interaksi antara pendidik beserta peserta didik, guna mencapai tujuan pendidikan, yang berlangsung dalam lingkungan tertentu, Interaksi ini disebut interaksi pendidikan, yaitu saling mempengaruhi antara pendidik dengan peserta didik, Rencana pembelajaran perlu dilakukan agar guru dapat mengkoordinasikan berbagai komponen pembelajaran yang berorientasi (berbasis) pada pembentukan kompetensi siswa, yakni antara lain kompetensi dasar, meteri standar, indicator hasil belajar, serta penilaian berbasis kelas.

Kompetensi dasar berfungsi untuk memberikan makna terhadap materi  standar, Indiaktor hasil belajar berfungsi sebagai alat untuk mengukur ketercapaian kompetensi, Sedangkan Penilaian berbasis kelas berfungsi sebagai alat untuk mengukur pembentukan kompetensi serta menentukan tindakan yang harus dilakukan jika kompetensi standar belum tercapai.

Dalam kontek peningkatan efektivitas proses pembelajaran dan pencapaian hasil belajar yang baik dan berkualitas, persiapan pembelajaran merupakan sesuatu yang mutlak harus dilakukan oleh guru setiap kali akan melakukan proses pembelajaran, sekalipun terkadang pelaksanaan pembelajaran terkadang tidak sesuai dengan yang telah direncanakan, namun demikian, guru tetap melakukan persiapan dengan baik dan komprehensif sesuai dengan kebutuhan siswa dalam kegiatan proses pembelajaran di kelas atau di sekolah.

Pendidikan berfungsi membantu peserta didik dalam pengembangan diri  yaitu mengembangkan semua potensi, kecakapan, serta karakteristik pribadinya kearah yang positif, baik bagi dirinya maupun lingkungannya, Namun dalam melangkah untuk mencapai hal tersebut perlu dijabarkan lebih rinci tentang pendidikan itu sendiri, interaksi, tujuan, lingkungan maupun bentuk pendidikan agar tercapainya apa yang diinginkan dari pendidikan agfar sesuai dengan apa yang di harapkan.
Dari uraian diatas sangatlah dibutuhkan rencana pembelajaran yang efektif dan efisien serta menciptakan suasana yang sistematis guna pencapaian tujuan pendidikan.

Pengertian Rencana Pembelajaran Jika dilihat dari terminologinya perencanaan pembelajaran terdiri atas dua kata, yakni, kata perencanaan dan kata pembelajaran. Untuk memahami konsep dasar perencanaan pembelajaran, Pertama: perencanaan berasal dari kara rencana yaitu pengambilan keputusan tentang apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan, Dengan demikian, proses suatu perencanaan harus dimulai dari penetapan tujuan yang akan dicapai melalui analisis kebutuhan serta dokumen yang lengkap, kemudian menetapkan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut,bagaimana agar tujuan itu dapat dicapai secara efektif dan efisien.
maka setiap perencanaan minimal harus memiliki empat unsur sebagai berikut:
  • Adanya tujuan yang harus dicapai
  • Adanya strategi untuk mencapai tujuan
  • Sumber daya yang dapat mendukung
  • Implementasi setiap keputusan
Tujuan merupakan arah yang harus dicapai,supaya perencanaan dapat disusun dan ditentukan dengan baik, maka tujuan itu perlu dirumuskan dalam bentuk sasaran yang jelas dan terarah,  Dengan adanya sasaran yang jelas maka ada target yang harus dicapai, Target itulah yang selanjunya menjadi fokus dalam menentukan langkah-langkah selanjutnya, Strategi berkaitan penetapan keputusan yang harus dilakukan seseorang perencana seperti  keputusan tentang waktu pelaksanaan dan jumlah waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan, pembagian tugas dan wewenang setiap orang terlibat, langkah-langkah yang harus dikerjakan oleh setiap orang yang terlibat, penetapan kriteria keberhasilan dan lain sebagainya.

Penetapan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan, didalamya meliputi penetapan sarana dan prasarana yang diperlukan, anggaran biaya dan sumber daya lainnya, misalnya pemamfaatan waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan.
Implementasi adalah pelaksanaan dari strategi dan penetapan sumber daya. implementasi merupakan unsur penting dalam proses perencanaan. Untuk menilai efektivitas suatu perencanaan dapat dilihat dari implementasinya. Artinya sebuah keputusan akan berarti apabila diterapkan atau dilakukan dalam kegiatan nyata.

Kedua, arti pembelajaran dapat diartikan sebagai proses kerja sama antara guru dan siswa dalam memanfaatkan segala potensi dan sumber yang ada baik potensi yang bersumber dari dalam diri siswa itu sendiri seperti minat, bakat dan kemampuan dasar yang dimiliki termasuk gaya belajar maupun potensi yang ada diluar diri siswa seperti lingkungan, sarana dan sumber belajar sebagai upaya untuk mencapai tujuan belajar tertentu

Sebagai sebuah proses kerja sama, pembelajaran tidak hanya menitik beratkan pada kegiatan guru atau kegiatan siswa saja, akan tetapi guru dan siswa secara bersama-sama berusaha mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
Fungsi Rencana Pembelajaran Fungsi Perencanaan Yang dimaksud dengan fungsi perencanaan dalam konteks persiapan pembelajaran adalah bahwa rencana pembelajaran hendaknya dapat mendorong guru lebih siap melakukan kegiatan pembelajaran dengan perencanaan yang mayang. Oleh karena itu, setiap akan melakukan pembelajaran guru wajib memilki persiapan, baik persiapan tertulis maupun tidak tertulis. Komponen-komponen yang harus diperhatikan dan dipahami guru dalam menyiapkan rencana pembelajaran ini, antara lain adalah kompetensi dasar, meteri standar, hasil belajar, indicator hasil belajar. Evaluasi berbasis kelas (EBK), ujian berbasis sekolah atau school based exam (SBE), dan prosedur pembelajaran.

Fungsi pelaksanaan pembelajaran
Rencana pembelajaran hendaknya disusun secara sistemik dan sistematis, utuh dan menyeluruh, dengan beberapa kemungkinan penyesuaian dalam situasi pembelajaran yang actual. Dengan demikian, rencana pembelajaran akan dapat berfungsi sebagai instrument untuk mengefektifkan proses pembelajaran dengan apa yang telah direncanakan. Dalam konteks, ini materi standar yang dikembangkan dan dijasikan bahan kajian oleh siswa harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuannya, mengandung nilai fungsional, praktis serta disesuaikan panduan pembelajaran dengan kondisi dan kebutuhan lingkungan, sekolah, dan daerah. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran harus terorganisasi melalui serangkaian kegiatan tertentu, dengan strategi yang tepat.

Kompetensi yang dirumuskan dalam persiapan pembelajaran harus jelas, semakin konkrit perumusan kompetensi yang akan decapai dalam proses pembelajaran, makin mudah diamati, dan makin tepat kegiatan kegiatan yang harus dilakukan untuk membentuk kompetensi tersebut,Rencana pembelajaran harus sederhana dan fleksibel, serta dapat dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran dan pembentukan kompetensis siswa, Kegiatan kegiatan yang disusun dan dikembangkan dalam rencana pembelajaran harus sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditetapkan.

Selain itu dalam rencana pembelajaran, terdapat bebrapa hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu:
Rencana pembelajaran diarahkan pada tindakan dimasa mendatang yang dihadapkan pada berbagai masalah, tantangan dan hambatan yang tidak jelas dan tidak pasti.
  • Rencana pembelajaran sebagai bentuk kegiatan perencanaan erat hubungannya dengan bagaimana sesuatu dapat dikerjakan dengan optimal. Oleh karenanya, rencana pembelajaran merupakan instrument yang memuat perencanaan pembelajaran secara holistic dan dapat dilaksanakan secara optimal dalam pembelajaran sehingga dapat merangsang dan membantu pembentukan kompetensi
  • Rencana pembelajaran perlu dikembangkan dengan baik dan menggunakan pendekatan sistem.
  • Rencana pembelajaran harus dikembangkan pengetahuan tentang siswa.
  • Rencana pembelajaran harus dikembangkan untuk memudahkan siswa belajar dan membentuk kompetensi dirinya.
Langkah-Langkah Menyusun Rencana Pembelajaran
Pengembangan rencana pembelajaran sebelum melakukan proses pembelajaran merupakan salah satu bagian yang sangat penting, untuk dapat membuat rencana pembelajaran yang baik dan dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien, seorang guru perlu mengetahui unsur-unsur persiapan pembelajaran, yang antara lain adalah analisis kebutuhan siswa, tujuan-tujuan yang hendak dicapai, berbagai strategi yang relevan digunakan dan criteria evaluasi Dari uraian tersebut setidaknya ada 4 langkah dalam melakukan rencana pembelajaran, yakni sebagai berikut

1)      Perencanaan untuk mengapresiasi keragaman.
2)      Merumuskan tujuan dan kompetensi.
3)      Menyusun rencana implementasi pembelajaran dalam kelas.
4)      Menentukan model penilaian (evaluasi).

Untuk keperluan pelaksanaan pembelajaran di kelas, perlu dibuat rencana cara pembelajaran. Rencana pembelajaran tersebut merupakan realisasi dari pengalaman belajar peserta didik yang telah ditentukan pada tahapan penentuan pengalaman belajar peserta didik, Komponen rencana cara pembelajaran meliputi :
  1. Identitas mata pelajaran (nama mata pelajaran, kelas, semester, dan waktu atau banyaknya jam pertemuan yang dialokasikan).
  2. Kompetensi dasar (yang hendak dicapai atau merupakan pencapaian kompetensi).
  3. Materi pokok (beserta uraiannya yang perlu dipelajari peserta didik dalam rangka mencapai kompetensi dasar).
  4. Strategi pembelajaran (kegiatan pembelajaran secara konkret yang harus dilakukan oleh peserta didik dalam berinteraksi dengan materi pembelajaran dan sumber belajar untuk menguasai kompetensi dasar).
Media yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran, penialian assesmen dan tindak lanjut (instrument dan prosedur yang digunakan untuk menilai pencapaian belajar peserta didik serta tindak lanjut hasil penilaian. Misalnya remedial, pengayaan, dan sebagainya.
Sumber bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai), lebih rinci Mulyasa mengindentifikasi beberapa komponen yang diperlukan dalam melakukan persiapan pembelajaran, antara lain :

1.    Mengidentifikasi kompetensi.
2.    Menetapkan materi standar.
3.    Mengembangkan indicator hasil belajar.
4.    Melakukan pertahapan dalam proses pembelajaran.
5.    Mengidentifikasi model penilaian berbasis kompetensi.

Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013  berdasarkan Permendiknas No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, bahwa perencanaan pembelajaran  dirancang  dalam bentuk Silabus  dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  (RPP)  yang mengacu pada Standar Isi kompetensi, dan berikut di bawah ini kami menyediakan beberapa mata pelajaran yang diantaranya buku guru dan buku siswa smp/mts kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017 terlengkap.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mudah mudahan senantiasa memberikan banyak manfaat, terima kasih.