Kegiatan PKB yang berupa karya inovatif, terdiri dari 4 (empat) kelompok, yakni: 1). menemukan teknologi tepat guna; 2). menemukan/menciptakan karya seni; 3). membuat/memodifikasi alat pelajaran/peraga/ praktikum; 4). mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman, soal, dan sejenisnya
Menemukan Teknologi Tepat Guna (Karya Sains/ Teknologi)
Karya Teknologi Tepat Guna yang selanjutnya disebut karya sains/teknologi adalah karya hasil rancangan/pengembangan/percobaan dalam bidang sains dan/atau teknologi yang dibuat atau dihasilkan dengan menggunakan bahan, sistem, atau metodologi tertentu dan dimanfaatkan untuk pendidikan atau masyarakat sehingga pendidikan terbantu kelancarannya atau masyarakat terbantu kehidupannya.
Kriteria Karya Sains/Teknologi
- Berupa karya sains/teknologi yang digunakan di sekolah/madrasah atau di masyarakat.
- Dengan karya sains/teknologi tersebut pelaksanaan pendidikan di sekolah/madrasah tersebut menjadi lebih mudah atau dengan karya sains/teknologi tersebut masyarakat terbantu kehidupannya.
- Jenis karya sains/teknologi (Media pembelajaran/bahan ajar interaktif berbasis komputer untuk setiap standar kompetensi atau beberapa kompetensi dasar dan Program aplikasi komputer untuk setiap aplikasi).
Alat/mesin yang bermanfaat untuk pendidikan atau masyarakat untuk setiap unit alat/mesin.
- Bahan tertentu hasil penemuan baru atau hasil modifikasi tertentu untuk setiap jenis bahan.
- Konstruksi dengan bahan tertentu yang dirancang untuk keperluan bidang pendidikan atau kemasyarakatan untuk setiap konstruksi.
- Hasil eksperimen/percobaan sains/ teknologi untuk setiap hasil eksperimen.
- Hasil pengembangan metodologi/evaluasi pembelajaran.
Karya sains/teknologi mempunyai ciri sebagai berikut.
- Bermanfaat untuk pendidikan di sekolah/madrasah atau bermanfaat untuk menunjang kehidupan masyarakat.
- Ada unsur modifikasi/inovasi bila sebelumnya sudah pernah ada di sekolah/madrasah atau di lingkungan masyarakat tersebut.
Karya sains/teknologi dikategorikan kompleks apabila memenuhi kriteria:
- memiliki tingkat inovasi yang tinggi;
- tingkat kesulitan pembuatan yang tinggi;
- memiliki konstruksi atau alur kerja yang rumit atau apabila berupa hasil modifikasi, memiliki tingkat modifikasi yang tinggi;
- waktu pembuatannya relatif lama; dan
- biaya pembuatannya relatif tinggi.
Karya teknologi dikategorikan sederhana apabila memenuhi kriteria:
- memiliki tingkat inovasi yang rendah;
- pembuatannya memiliki tingkat kesulitan yang rendah; memiliki konstruksi atau alur kerja yang rumit atau apabila berupa hasil modifikasi maka memiliki tingkat modifikasi yang rendah; pembuatannya membutuhkan waktu relatif pendek; dan
- pembuatannya membutuhkan biaya rendah.
Kerangka Isi
Format Laporan Pembuatan dan Penggunaan
Alat/Mesin, Pembuatan Media Pembelajaran, Bahan Ajar Interaktif Berbasis Komputer, dan Pembuatan Program Aplikasi Komputer adalah sebagai berikut:
- Halaman judul, memuat jenis laporan (tuliskan Laporan Pembuatan Karya Teknologi), nama karya teknologi, nama pembuat, NIP kalau PNS dan Nama Sekolah/madrasah.
- Halaman pengesahan oleh Kepala Sekolah/ madrasah.
- Kata Pengantar.
- Daftar Isi.
- Daftar Gambar.
- Nama Karya Teknologi.
- Tujuan.
- Manfaat.
- Rancangan/desain karya teknologi (dilengkapi dengan gambar rancangan atau diagram alir serta daftar dan foto alat dan bahan yang digunakan).
- Prosedur pembuatan karya teknologi (dilengkapi dengan foto pembuatan).
- Penggunaan karya teknologi di sekolah atau di masyarakat (dilengkapi dengan foto penggunaan).
- Source code program.
Format Laporan Eksperiman atau Percobaan Sains/Teknologi adalah sebagai berikut
Halaman judul, memuat jenis laporan (tuliskan Laporan Penemuan Teknologi Tepat Guna berupa Eksperimen atau Percobaan Sains/Teknologi, nama/judul eksperimen/percobaan, nama peneliti, NIP kalau PNS, dan nama sekolah/madrasah).
- Halaman pengesahan oleh kepala sekolah/madrasah.
- Kata Pengantar
- Daftar Isi
- Daftar Gambar
Bab I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Tujuan
C. Manfaat
Bab II : LANDASAN TEORETIK/TINJAUAN PUSTAKA
A. Teori Umum (sesuai dengan materie ksperimen)
B. Teori Teknis (sesuai dengan materi eksperimen)
Bab III : PROSEDUR DAN HASIL EKSPERIMEN
A. Persiapan Eksperimen
1. Obyek dan variabel eksperimen
2. Alat dan bahan yang digunakan
3. Langkah-langkah penyiapan eksperimen
B. Pelaksanaan eksperimen
1. Langkah-langkah eksperimen
2. Hasil eksperimen
Bab IV : KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN :
A. Data rincian eksperimen
B. Foto pelaksanaan eksperimen
C. Bukti pendukung lainnya
Bukti Fisik dan Besaran Angka Kredit
- Laporan cara pembuatan dan penggunaan alat/mesin dilengkapi dengan gambar/foto karya teknologi tersebut dan lain-lain yang dianggap perlu.
- Laporan cara pembuatan dan penggunaan media pembelajaran dan bahan ajar interaktif berbasis komputer dilengkapi dengan hasil pembuatan media pembelajaran/bahan ajar tersebut dalam cakram padat (compact disk).
- Laporan hasil eksperimen/percobaan sains/ teknologi dilengkapi dengan foto saat melakukan eksperimen dan bukti pendukung lainnya.
- Laporan hasil pengembangan metodologi/evaluasi pembelajaran karya sains/teknologi dilengkapi dengan buku/naskah/instrumen hasil pengembangan.
- Lembar pengesahan/pernyataan dari kepala sekolah/ madrasah bahwa karya sains/teknologi tersebut dipergunakan di sekolah atau di lingkungan masyarakat.
Besaran angka kredit karya teknologi tepatguna sebagai berikut.
- Kategori kompleks diberikan angka kredit 4.
- Kategori sederhana diberikan angka kredit 2.
- Angka kredit diberikan setiap kali diusulkan dan dapat dilakukan oleh perorangan atau tim.
Sekian dan terima Kasih Semoga Bermanfaat!!!