-->
rpp kurikulum 2013 revisi

Format Penyusunan, Jenis dan Besaran Angka Kredit Karya Sains/ Teknologi Dalam Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)

Kegiatan PKB yang berupa karya inovatif, terdiri dari 4 (empat) kelompok, yakni: 1). menemukan teknologi tepat guna; 2). menemukan/menciptakan karya seni; 3). membuat/memodifikasi alat pelajaran/peraga/ praktikum; 4). mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman, soal, dan sejenisnya 

Menemukan Teknologi Tepat Guna (Karya Sains/ Teknologi) 
Karya Teknologi Tepat Guna yang selanjutnya disebut karya sains/teknologi adalah karya hasil rancangan/pengembangan/percobaan dalam bidang sains dan/atau teknologi yang dibuat atau dihasilkan dengan menggunakan bahan, sistem, atau metodologi tertentu dan dimanfaatkan untuk pendidikan atau masyarakat sehingga pendidikan terbantu kelancarannya atau masyarakat terbantu kehidupannya. 

Kriteria Karya Sains/Teknologi
  1. Berupa karya sains/teknologi yang digunakan di sekolah/madrasah atau di masyarakat.
  2. Dengan karya sains/teknologi tersebut pelaksanaan  pendidikan di sekolah/madrasah tersebut menjadi lebih mudah atau dengan karya sains/teknologi tersebut masyarakat terbantu kehidupannya. 
  3. Jenis karya sains/teknologi (Media pembelajaran/bahan ajar interaktif berbasis  komputer untuk setiap standar kompetensi atau  beberapa kompetensi dasar dan Program aplikasi komputer untuk setiap aplikasi). 
Alat/mesin yang bermanfaat untuk pendidikan atau masyarakat untuk setiap unit alat/mesin. 
  • Bahan tertentu hasil penemuan baru atau hasil modifikasi tertentu untuk setiap jenis bahan. 
  • Konstruksi dengan bahan tertentu yang dirancang untuk keperluan bidang pendidikan atau kemasyarakatan untuk setiap konstruksi. 
  • Hasil eksperimen/percobaan sains/ teknologi untuk setiap hasil eksperimen. 
  • Hasil pengembangan metodologi/evaluasi pembelajaran. 
Karya sains/teknologi mempunyai ciri sebagai berikut.
  • Bermanfaat untuk pendidikan di sekolah/madrasah atau bermanfaat untuk menunjang kehidupan masyarakat. 
  • Ada unsur modifikasi/inovasi bila sebelumnya sudah pernah ada di sekolah/madrasah atau di lingkungan masyarakat tersebut. 
Karya sains/teknologi dikategorikan kompleks apabila memenuhi kriteria: 
  • memiliki tingkat inovasi yang tinggi;
  • tingkat kesulitan pembuatan yang tinggi;
  • memiliki konstruksi atau alur kerja yang rumit atau apabila berupa hasil modifikasi, memiliki tingkat modifikasi yang tinggi; 
  • waktu pembuatannya relatif lama; dan
  • biaya pembuatannya relatif tinggi. 
Karya teknologi dikategorikan sederhana apabila memenuhi kriteria: 
  • memiliki tingkat inovasi yang rendah; 
  • pembuatannya memiliki tingkat kesulitan yang  rendah;  memiliki konstruksi atau alur kerja yang rumit atau apabila berupa hasil modifikasi maka memiliki  tingkat modifikasi yang rendah; pembuatannya membutuhkan waktu relatif  pendek; dan
  • pembuatannya membutuhkan biaya rendah. 
Kerangka Isi 
Format Laporan Pembuatan dan Penggunaan 
Alat/Mesin, Pembuatan Media Pembelajaran, Bahan Ajar Interaktif Berbasis Komputer, dan Pembuatan Program Aplikasi Komputer adalah sebagai berikut: 
  • Halaman judul, memuat jenis laporan (tuliskan Laporan Pembuatan Karya Teknologi), nama karya teknologi, nama pembuat, NIP kalau PNS dan Nama Sekolah/madrasah. 
  • Halaman pengesahan oleh Kepala Sekolah/ madrasah. 
  • Kata Pengantar.
  • Daftar Isi.
  • Daftar Gambar. 
  • Nama Karya Teknologi.
  • Tujuan.
  • Manfaat.
  • Rancangan/desain karya teknologi (dilengkapi dengan gambar rancangan atau diagram alir serta daftar dan foto alat dan bahan yang digunakan). 
  • Prosedur pembuatan karya teknologi (dilengkapi dengan foto pembuatan). 
  • Penggunaan karya teknologi di sekolah atau di  masyarakat (dilengkapi dengan foto  penggunaan).
  • Source code program. 
Format Laporan Eksperiman atau Percobaan Sains/Teknologi adalah sebagai berikut 
Halaman judul, memuat jenis laporan (tuliskan Laporan Penemuan Teknologi Tepat Guna berupa Eksperimen atau Percobaan Sains/Teknologi, nama/judul eksperimen/percobaan, nama peneliti, NIP kalau PNS, dan nama sekolah/madrasah). 
  • Halaman pengesahan oleh kepala sekolah/madrasah. 
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • Daftar Gambar 
Bab I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Tujuan
C. Manfaat 

Bab II : LANDASAN TEORETIK/TINJAUAN PUSTAKA 
A. Teori Umum (sesuai dengan materie ksperimen) 
B. Teori Teknis (sesuai dengan materi eksperimen)

Bab III : PROSEDUR DAN HASIL EKSPERIMEN 
A. Persiapan Eksperimen
1. Obyek dan variabel eksperimen
2. Alat dan bahan yang digunakan
3. Langkah-langkah penyiapan eksperimen
B. Pelaksanaan eksperimen 
1. Langkah-langkah eksperimen 
2. Hasil eksperimen 

Bab IV : KESIMPULAN DAN SARAN 
A. Kesimpulan 
B. Saran 

DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN : 
A. Data rincian eksperimen
B. Foto pelaksanaan eksperimen
C. Bukti pendukung lainnya 

Bukti Fisik dan Besaran Angka Kredit
  • Laporan cara pembuatan dan penggunaan alat/mesin dilengkapi dengan gambar/foto karya teknologi tersebut dan lain-lain yang dianggap perlu. 
  • Laporan cara pembuatan dan penggunaan media pembelajaran dan bahan ajar interaktif berbasis komputer dilengkapi dengan hasil pembuatan media pembelajaran/bahan ajar tersebut dalam cakram padat (compact disk). 
  • Laporan hasil eksperimen/percobaan sains/ teknologi dilengkapi dengan foto saat melakukan eksperimen dan bukti pendukung lainnya. 
  • Laporan hasil pengembangan metodologi/evaluasi pembelajaran karya sains/teknologi dilengkapi dengan buku/naskah/instrumen hasil pengembangan. 
  • Lembar pengesahan/pernyataan dari kepala sekolah/ madrasah bahwa karya sains/teknologi tersebut dipergunakan di sekolah atau di lingkungan masyarakat.
Besaran angka kredit karya teknologi tepatguna sebagai  berikut.
  • Kategori kompleks diberikan angka kredit 4.
  • Kategori sederhana diberikan angka kredit 2.
  • Angka kredit diberikan setiap kali diusulkan dan dapat dilakukan oleh perorangan atau tim.
Sekian dan terima Kasih Semoga Bermanfaat!!!