-->
rpp kurikulum 2013 revisi

CONTOH KIKD PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI UNTUK SMA KELAS x PERMENDIKBUD TAHUN 2016 NO 024


Puji syukur kita panjatkan ke hadirat yang maha kuasa, yang sampai hari ini kita masih di berikan kesehatan, dan semoga di hari ini dan selanjutnya kita selalu di berikan kebaikan amin,,, Artikel kali ini sedikit admin ingin menjelaskan tentang pentingnya pendidikan, dan ada beberapa fungsi yang akan kami jelaskan di antaranya,,,Fungsi lain dari lembaga pendidikan adalah sebagai berikut.

Mengurangi pengendalian orang tua. Melalui pendidikan, sekolah orang tua melimpahkan tugas dan wewenangnya dalam mendidik anak kepada sekolah.
Menyediakan sarana untuk pembangkangan. Sekolah memiliki potensi untuk menanamkan nilai pembangkangan di masyarakat. Hal ini tercermin dengan adanya perbedaan pandangan antara sekolah dan masyarakat tentang sesuatu hal, misalnya pendidikan seks dan sikap terbuka.
Mempertahankan sistem kelas sosial. Pendidikan sekolah diharapkan dapat mensosialisasikan kepada para anak didiknya untuk menerima perbedaan prestise, privilese, dan status yang ada dalam masyarakat. Sekolah juga diharapkan menjadi saluran mobilitas siswa ke status sosial yang lebih tinggi atau paling tidak sesuai dengan status orang tuanya.
Memperpanjang masa remaja. Pendidikan sekolah dapat pula memperlambat masa dewasa seseorang karena siswa masih tergantung secara ekonomi pada orang tuanya.
Menurut David Popenoe, ada empat macam fungsi pendidikan yakni sebagai berikut:

  1. Transmisi (pemindahan) kebudayaan.
  2. Memilih dan mengajarkan peranan sosial.
  3. Menjamin integrasi sosial.
  4. Sekolah mengajarkan corak kepribadian.
  5. Sumber inovasi sosial..

Silabus berisikan komponen pokok yang dapat menjawab pertanyaan berikut.: Kompetensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik melalui suatu kegiatan pembelajaran kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan / membentuk kompetensi tersebut upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.


Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi
Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan
sebagai berikut, yaitu siswa mampu: 

1. SIKAP SPIRITUAL menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 
2.SIKAP SOSIAL menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KOMPETENSI DASAR  
  • mensyukuri karunia Allah bagi dirinya yang terus bertumbuh sebagai pribadi dewasa 
  • menghayati nilai-nilai Kristiani: kesetiaan, kasih dan keadilan dalam kehidupan sosial 
  • mengakui peran Roh Kudus dalam membaharui kehidupan orang beriman 
  • mensyukuri karunia Allah melalui kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas 
  • mensyukuri keberadaan Allah sebagai pembaharu kehidupan manusia dan alam 
  •  mengembangkan perilaku sebagai pribadi yang terus bertumbuh menjadi dewasa 
  • meneladani Yesus dalam mewujudkan nilai-nilai Kristiani: kesetiaan, kasih dan keadilan  dalam kehidupan sosial 
  • bersedia hidup baru sebagai wujud percaya pada peran Roh Kudus sebagai pembaharu 
  •  bersedia hidup bersama dengan orang lain tanpa kehilangan identitas 
  • merespons keberadaan Allah sebagai pembaharu dalam relasi dengan sesama manusia dan alam 

  • memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan 4. mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan 
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) 
minatnya untuk memecahkan  masalah 

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR 
  • menganalisis  ciri-ciri pribadi yang terus bertumbuh menjadi dewasa 
  • memahami  makna nilai-nilai Kristiani:  kesetiaan, kasih, dan keadilan  dalam kehidupan 
  • memahami peran Roh Kudus dalam membaharui kehidupan orang beriman 
  • menganalisis makna kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas 
  • memahami keberadaan Allah sebagai pembaharu kehidupan manusia dan alam 

  • membuat karya yang berkaitan dengan ciri-ciri pribadi yang terus  bertumbuh menjadi dewasa 
  • menerapkan nilai-nilai Kristiani:  kesetiaan, kasih dan keadilan melalui berbagai aktivitas 
  • menyajikan presentasi berkaitan dengan  peran Roh Kudus sebagai pembaharu dengan mengacu pada Alkitab 
  • membuat proyek mengenai kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas 
  • membuat karya yang berkaitan dngan peran Allah sebagai  pembaharu kehidupan manusia dan alam 
Adapun informasi tentang produk rpp dan silabus terbaru untuk semua mata pelajaran :


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mudah mudahan dapat membantu dan bermanfaat, untuk info detai tentang produk apa saja yang kami sediakan silahkan kunjungi www.divapendidikan.com terima kasih. baca juga artikel lainnya ,,,,,,,,