-->
rpp kurikulum 2013 revisi

CONTOH KIKD PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMA/MA KELAS x

Hallo rekan rekan guru di seluruh nusantara semoga hari ini senantiasa di berikan kemudahan dan kelancaran dalam melakukan segala aktivitas yang biasa kita lakukan, Dalam kesempatan kali ini kami sedit mengulas tentang beberapa, Struktur kurikulum sebagai gambaran mengenai penerapan prinsip kurikulum mengenai posisi seorang peserta didik dalam menyelesaikan pembelajaran, pengorganisasian konten dalam system belajar yang di gunakan adalah system semester sedangkan pengorganisasian beban belajar dalam system pembelajaran berdasarkan jam pelajaran per semester

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu :
1.  kompetensi sikap spiritual,
2. sikap sosial,
3. pengetahuan, dan
4. keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,            kokurikuler, dan / atau ekstra kurikuler.

Berikut di bawah ini sedikit kami mengurai tentang CONTOH KIKD PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMA/MA KELAS x menurut permendikbud n0 024 yang mencakup beberapa Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini. Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi  Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan ebagai berikut, yaitu siswa mampu:

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) 
ajaran agama yang dianutnya
  • menghayati dan mengamalkan 
  • menunjukkan perilaku jujur,  disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan

dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

KOMPETENSI DASAR 

  • terbiasa membaca al-Qur’an dengan  meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama 
  •  menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuz-zan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait 
  • meyakini bahwa pergaulan bebas dan zina adalah dilarang agama 
  •  menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina sebagai pengamalan Q.S. al-Isra’/17: 32, dan Q.S. an-Nur /24:  2, serta Hadis terkait 
  • meyakini bahwa Allah Maha Mulia, Maha Mengamankan, Maha Memelihara, Maha Sempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil, dan Maha Akhir 
  •  memiliki sikap keluhuran budi; kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan adil sebagai implementasi pemahaman alAsmau al-Husna: Al-Karim, AlMu’min, Al-Wakil, Al- Matin, AlJami’, Al-‘Adl, dan Al-Akhir
  • meyakini keberadaan malaikatmalaikat Allah SWT
  •  menunjukkan sikap disiplin, jujur dan bertanggung jawab, sebagai implementasi beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. 
  • terbiasa berpakaian sesuai dengan syariat Islam 
  • menunjukkan perilaku berpakaian sesuai dengan syariat Islam 
  •  meyakini bahwa jujur adalah ajaran pokok agama 
  • menunjukkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari  
  • meyakini bahwa menuntut ilmu adalah perintah Allah dan RasulNya memiliki sikap semangat keilmuan sebagai implementasi pemahaman Q.S. at-Taubah/9: 122 dan Hadis terkait 
Untuk memudahkan hal tersebut di sini kami menyajikan beberapa perangkat pembelajaran  


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, mudah mudahan dapat membantu dan bermanfaat, adapun info detail produk yang kami sediakan sialhkan kunjungi website resmi kami di WWW.DIVAPENDIDIKAN.COM terima kasih, selanjutnya baca juga artikel berikutnya ,,,,,