-->
rpp kurikulum 2013 revisi

CONTOH KIKD PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI UNTUK SMA/SMK KELAS X

hallo semua ,,, semoga hari ini senantiasa di berikan kemudahan dan kelancaran dalam melakukan segala aktivitas dan rutinitas yang biasa kita lakukan, Dalam kesempatan kali ini kami sedikit mengulas tentang beberapa, Struktur kurikulum sebagai gambaran mengenai penerapan prinsip kurikulum mengenai posisi seorang peserta didik dalam menyelesaikan pembelajaran, pengorganisasian konten dalam system belajar yang di gunakan adalah system semester sedangkan pengorganisasian beban belajar dalam system pembelajaran berdasarkan jam pelajaran per semester 

Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu :
1.  kompetensi sikap spiritual, 
2. sikap sosial, 
3. pengetahuan, dan 
4. keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,            kokurikuler, dan / atau ekstra kurikuler.

Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL) 
1 menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 
2. menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli
(gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR 
  • bersyukur kepada Allah atas keberadaan dirinya dengan segala kemampuan dan keterbatasannya 
  • bersyukur kepada Allah yang menciptakan dirinya sebagai perempuan atau laki-laki yang saling melengkapi dan sederajat 
  • bersyukur kepada Allah yang menciptakan dirinya sebagai citraNya yang bersaudara satu sama lain
  • bersyukur kepada Allah atas karunia suara hati untuk bertindak secara benar dan tepat 
  • bersyukur kepada Allah atas kemampuan bersikap kritis terhadap perkembangan mass media, ideologi dan gaya hidup 
  •  beriman kepada Allah melalui Kitab Suci dan Tradisi sebagai dasar iman kristiani 
  • percaya kepada Yesus Kristus yang datang untuk mewartakan dan memperjuangkan Kerajaan Allah 
  •  bertanggung jawab dalam menerima  diri  dengan segala kemampuan dan keterbatasannya 
  • santun sebagai perempuan atau laki-laki yang saling melengkapi dan sederajat 
  • menghargai sesama manusia yang diciptakan sebagai citra Allah yang bersaudara satu sama lain
  •  disiplin terhadap suara hati dan dapat bertindak secara benar dan tepat
  •  bersikap kritis terhadap pengaruh mass media, ideologi dan gaya hidup yang berkembang 
  • responsif dan proaktif dalam mengembangkan pemahaman tentang ajaran Kitab Suci dan Tradisi sebagai dasar iman kristiani 
  • bertanggung jawab untuk ikut mewartakan dan memperjuangkan Kerajaan Allah seturut teladan Yesus Kristus 
  • percaya pada pribadi Yesus Kristus yang rela menderita, sengsara, wafat, dan bangkit demi kebahagiaan manusia 
  • bersyukur  atas  pribadi Yesus Kristus sebagai sahabat sejati, tokoh idola, dan Juru Selamat 
  • percaya pada Allah Tritunggal sebagai kebenaran iman Kristiani 
  •  percaya pada peran Roh Kudus yang melahirkan, membimbing, dan menghidupi Gereja 
  • peduli terhadap orang lain seperti pribadi Yesus Kristus yang rela menderita, sengsara, wafat, dan bangkit demi kebahagiaan manusia 
  • responsif dan proaktif menerima pribadi Yesus Kristus sebagai sahabat sejati, tokoh idola, dan Juru Selamat 
  •  bertanggung jawab 
  • mengembangkan hidup sesuai iman akan Allah Tritunggal 
  • peduli terhadap pelbagai masalah kehidupan Gereja yang dilahirkan, dibimbing, dan dihidupi  Roh Kudus 
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) 
  • memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuanprosedural pada bidangkajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 
  • mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranahabstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan 

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR 
  • memahami diri yang memiliki kemampuan dan keterbatasannya 
  • memahami jati diri sebagai perempuan atau laki-laki yang saling melengkapi dan sederajat 
  • memahami konsekuensi dirinya sebagai citra Allah dalam berelasi dengan sesama manusia yang diciptakan sebagai citra Allah yang bersaudara satu sama lain 
  • melakukan aktivitas (misalnya menuliskan refleksi/menuliskan doa/menuliskan puisi) yang berkaitan dengan kemampuan dan keterbatasannya 
  •  melakukan aktivitas (misalnya menuliskan refleksi/puisi/doa) tentang jati dirinya sebagai perempuan atau laki-laki yang saling melengkapi dan sederajat
  •  melakukan aktivitas (misalnya menuliskan refleksi/doa/menyusun kliping berita dan gambar) tentang sikap saling menghargai sesama manusia yang diciptakan sebagai citra Allah yang bersaudara satu sama lain
Adapun informasi tentang produk rpp dan silabus terbaru untuk semua mata pelajaran :
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mudah mudahan dapat membantu dan bermanfaat, untuk info detai tentang produk apa saja yang kami sediakan silahkan kunjungi www.divapendidikan.com terima kasih. baca juga artikel lainnya ,,,,,,,,