-->
rpp kurikulum 2013 revisi

Download modul sma seni budaya dan implementasi k13 tahun 2018

Selamat berjumpa kembali dengak kami seet, artikel kali ini akan mengupas tentang modul sma untuk mata pelajaran seni budaya kurikulum 2013 tahun 2018, Pengembangan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dan Materi Pembelajaran 
Pengembangan indikator dan materi pembelajaran merupakan merupakan 2
kemampuan yang harus dikuasai seorang guru sebelum mengembangkan RPP dan
melaksanakan pembelajaran. Melalui pemahaman keterkaitan kompetensi (SKL-KI-KD),
maka pendidik yang mengampu mata pelajaran Seni Budaya dapat merumuskan
indikator pencapaian kompetensi pengetahuan terkait dengan dimensi pengetahuan
dan dimensi proses kognitif serta indikator keterampilan berkaitan tidak hanya
keterampilan bertindak tetapi juga keterampilan berfikir yang juga dikatakan sebagai
keterampilan abstrak dan konkret.  

Mata pelajaran ini bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik untuk
memahami, menyenangi, menghargai seni, berperan dalam aktivitas seni budaya di
tingkat lokal, nasional, regional, maupun global. Pembelajaran seni budaya bertujuan
untuk mengembangkan pengalaman estetik dalam domain apresiasi, ekspresi dan
kreasi. Selain itu pembelajaran seni budaya juga bertujuan untuk mengembangkan
kepribadian peserta didik secara positif. Pembelajaran Seni Budaya tidak dimaksudkan
untuk membentuk peserta didik menjadi pelaku seni atau seniman namun lebih menitik
beratkan pada sikap dan perilaku apresiatif, kreatif, etis, estetis dan logis. 


Pendidikan Seni Budaya secara konseptual bersifat (1) multilingual, yakni
pengembangan kemampuan peserta didik mengekspresikan diri secara kreatif dengan
berbagai cara dan media, dengan pemanfaatan bahasa rupa, bahasa kata, bahasa bunyi,
bahasa gerak,  dan  perpaduanya. Kemampuan mengekspresikan diri memerlukan
pemahaman tentang konsep seni, pengetahuan seni, proses kreasi seni, dan penyajian
karya. Pendidikan seni bersifat (2) multidimensional, yakni pengembangan beragam
kompetensi peserta didik tentang apresiasi, ekspresi dan kreasi dengan cara memadukan
secara harmonis unsur estetika, logika, dan etika. Pendidikan seni bersifat (3)
multikultural, yakni menumbuh kembangkan kesadaran dan kemampuan peserta didik
mengapresiasi beragam budaya nusantara dan mancanegara. Hal ini merupakan wujud 
@2018, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah  14 

Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018 
pembentukan sikap demokratis yang memungkinkan peserta didik hidup secara beradab
dan toleran terhadap perbedaan nilai dalam kehidupan masyarakat yang pluralistik.
Sikap ini diperlukan untuk membentuk kesadaran peserta didik akan beragamnya nilai
budaya yang hidup di tengah masyarakat. Pendidikan seni berperan mengembangkan (4)
multikecerdasan, yakni peran seni membentuk pribadi yang harmonis sesuai dengan
perkembangan psikologis peserta didik, termasuk kecerdasan intrapersonal,

Untuk melakukan analisis kompetensi dan mengembangkan IPK disarankan agar Anda
memperhatikan karakteristik mata pelajaran Seni Budaya tersebut di atas, serta
mempelajari Pedoman Mata Pelajaran dan Silabus Seni Budaya terbaru. 
Gambar 4: di bawah ini menggambarkan rangkaian kegiatan dalam analisis kompetensi
untuk menjabarkan IPK dan materi dari suatu KD, baik untuk KD-KI 3 maupun KD-KI 4. 

Demikian sedikit informasi yang dapat kami sampoaikan mudah mudahan dapat membantu dan bermanfaat, sedangkan untuk info detail produk rpp revisi 2017/2018/2019, silahkan kunjungi website resmi kami di www.divapendidikan.com, terima kasih.