URAIAN SINGKAT MATERI
1. Pengembangan Materi Pembelajaran
Setelah merinci aspek kemampuan berpikir pada KD dari KI-3 dan KD dari KI-4, maka
Anda harus mengembangkan materi pokok yang terurai dalam IPK yang telah
ditentukan pada Unit 1.
Contoh : Berdasarkan IPK yang dijabarkan dari KD 3.8 pada Unit 1, dapat diidentifikasi materi
pokok sebagai berikut.
Struktur puisi.
1. Struktur fisik:
a. tipografi;
b. diksi;
c. kata konkret;
d. bahasa figuratif (gaya bahasa); dan
e. rima/ritme;
f. imaji
2. Struktur batin
a. tema/makna (sense);
b. rasa (feeling);
c. nada (tone);dan
d. amanat/tujuan/maksud (intention)
Pengembangan materi pembelajaran secara rinci disesuaikan dengan karakterististik
kompetensi atau kemampuan berpikir yang diharapkan dikuasai peserta didik,
termasuk didalamnya kemampuan literasi dan penguatan nilai-nilai karakter, serta
keterampilan Abad 21. Oleh sebab itu, maka guru perlu memperhatikan “bahan dasar”
atau kompetensi awal sebagai tahapan berpikir yang telah dipelajari peserta didik
sebelumnya, baik di SMA maupun di SMP.
Download modul bahasa dan sastra sma serta implementasi k13 tahun 2018
Selain itu dalam menentukan materi pembelajaran Anda harap memperhatikan
konten materi mana yang berupa pengetahuan tentang faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif, keempatnya tidak menunjukkan urutan hirarki.
Selanjutnya guru juga dapat mengembangkan materi pembelajaran yang dapat
dipelajari peserta didik melalui pengalaman di luar kelas, misalnya dalam kehidupan
bermasyarakat.
Contoh Materi pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang berupa pengetahuan tentang
fakta adalah teks puisi, materi yang berupa pengetahuan tentang konsep adalah
definisi atau pengertian tentang struktur fisik dan struktur batin teks puisi, materi
yang berupa pengetahuan tentang prosedur adalah langkah-langkah menganalisis teks
puisi dan materi yang berkaitan dengan pengetahuan metakognitif adalah bisa
menyusun teks puisi dengan tema tertentu
Pengembangan materi juga perlu memperhatikan buku teks wajib dan sumber lain,
sehingga guru dapat menjabarkan materi-materi yang merupakan materi esensial (dasar)
yang harus dikuasai peserta didik dan materi pengembangan atau materi terapan sebagai
bahan pengayaan untuk menambah wawasan. Selain itu, jika memungkinkan guru dapat
mengembangkan materi yang berkaitan dengan muatan lokal baik materi
kekinian/lingkungan, materi interdisipliner, atau materi transdisipliner, atau materi yang
dapat diaktualisasikan dalam kegiatan pendidikan kepramukaan.
Download modul bahasa dan sastra sma serta implementasi k13 tahun 2018
Demikian sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mudah mudahan dapat membantu dan memberikan manfaat, serta terjalin tali silaturahmi serta bersama sama membangun pendidikan agar semakin lebih baik lagi, dan untuk informasi detail produk rpp revisi terbaru 2017/2018 silahkan bapak /ibu kunjungi website resmi kami di www.divapendidikan.com, terima kasih.