-->
rpp kurikulum 2013 revisi

CONTOH KIKD PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI KELAS 7 DAN 8

Dalam kesempatan kali ini sedikit kami menjelaskan tentang  Silabus, SILABUS   adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar.

Silabus berisikan komponen pokok yang dapat menjawab pertanyaan berikut.: Kompetensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik melalui suatu kegiatan pembelajaran kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan / membentuk kompetensi tersebut upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.


Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi  Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
  • menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 
  •  menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli  (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya  
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
  •  menghayati ajaran Kitab Suci Veda sebagai tuntunan hidup 
  • merperilaku disiplin dalam mengamalkan ajaran  Kitab Suci Veda sebagai tuntunan hidup  
  • menghayati konsep Avatara, Deva,dan Bhatara dalam agama Hindu 
  • menunjukkan ajaran Avatara, Deva, dan Bhatara dalam kehidupan sehari-hari 
  • meyakini konsep Karmaphala sebagai hukum sebab akibat dalam ajaran agama Hindu
  • menunjukkan konsep Karmaphala sebagai hukum sebab akibat dalam ajaran agama Hindu
  • menghargai orang yang dapat menghindari ajaran Sad Atatayi dalam kehidupan sehari-hari
  • menghargai hak orang lain sebagai wujud pengendalian diri untuk menghindari perilaku Sad Atatayi 
  •  menghayati kepemimpinan dalam konsep agama Hindu 
  • menghargai perilaku pemimpin yang bertanggung jawab sesuai konsep agama Hindu
  • menghayati ajaran Pañca Yajñā yang berkualitas dalam kehidupan sehari-hari 
  •  disiplin mengamalkan Pañca Yajñā yang berkualitas dalam kehidupan sehari-hari  
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
  • memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  • mencoba, mengolah, dan menyaji berbagai hal dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dari berbagai sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori 
KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR
  • memahami Kitab Suci Veda sebagai tuntunan hidup 
  • mengkodifikasi Kitab Suci Veda sebagai tuntunan hidup 
  • menjabarkan konsep Avatara, Deva, dan Bhatara dalam agama Hindu 
  • menyajikan ceritera-ceritera Avatara, Deva, Bhatara dalam agama Hindu 
  •  menjabarkan konsep Karmaphala sebagai hukum sebab akibat dalam ajaran agama Hindu 
  •  menyajikan konsep Karmaphala  sebagai hukum sebab akibat dalam ajaran agama Hindu  
  •  memahami Sad Atatayi sebagai perbuatan yang harus dihindari dalam kehidupan 
  •  menyajikan ceritera singkat perilaku  terkait ajaran Sad Atatayi yang harus dihindari
  • menjelaskan konsep kepemimpinan dalam agama Hindu 
  •  menyajikan tipologi kepemimpinan dalam konsep Hindu 
  •  memahami kualitas Pañca Yajñā dalam kehidupan 
  • menyajikan contoh Panca Yajñā yang tergolong Tamasika, Rajasika, dan Sattwika 
KELAS:VIII
Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi  Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
1. menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya 
  1. KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR 
  •  menghayati sifat-sifat Atman yang tertuang dalam kitab Bhagavadgita 
  • disiplin menghayati sifat-sifat Atman yang tertuang dalam kitab Bhagavadgita 
  •  menghargai seseorang yang dapat mengendalikan diri dari perilaku Sapta Timira 
  •  menghargai orang lain untuk mengendalikan diri dari perilaku Sapta Timira 
  • menghayati ajaran Tri Guna dalam mengharmonisasi kehidupan beragama 
  •  menghargai seseorang yang dapat mengharmoniskan diri dari ajaranTri Guna 
  • menghayati ajaran Panca Mahabhuta sebagai unsur pembentuk alam semesta 
  • menghargai perilaku disiplin dalam melestarikan alam semesta yang terbentuk dari unsur Panca Mahabhuta 
  •  menghargai perkembangan sejarah agama Hindu di Asia 
  • menghargai peninggalan sejarah perkembangan agama Hindu di Asia 
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) 4 (KETERAMPILAN)
memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata  mengolah, menyaji, dan menalar berbagai hal dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan dariber bagai sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

  • memahami sifat-sifat Atman yang tertuang dalam kitab Bhagavadgita 
  •  menggambarkan sifat-sifat Atman yang tertuang dalam kitab Bhagavadgita 
Adapun informasi tentang produk rpp dan silabus terbaru untuk semua mata pelajaran :


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mudah mudahan dapat membantu dan bermanfaat, untuk info detai tentang produk apa saja yang kami sediakan silahkan kunjungi www.divapendidikan.com teriama kasih. baca juga artikel lainnya ,,,,,,,,