-->
rpp kurikulum 2013 revisi

CONTOH KIKD PENDIDIKAN AGAMA BUDHA DAN BUDI PEKERTI UNTUK SMP KELAS 7 DAN 8 PERMENDIKBUD TAHUN 2016 NO 024

Selamat pagi semuanya, semoga di hari yang baik ini kita senantiasa di berikan banyak kebaikan dan kemudahan dalam melakukakan rutinitas dan aktivitas seperti biasanya amin,,, alam kesempatan kali ini sedikit kami menjelaskan tentang  Silabus, SILABUS   adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar.

Silabus berisikan komponen pokok yang dapat menjawab pertanyaan berikut.: Kompetensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik melalui suatu kegiatan pembelajaran kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan / membentuk kompetensi tersebut upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.


Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi 
Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan
sebagai berikut, yaitu siswa mampu: 
  
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
1.  menghargai dan menghayati ajaran  agama yang dianutnya 
2.  menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli  (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 

KOMPETENSI DASAR KOMPETENSI DASAR

  • menghargai peristiwa tujuh minggu setelah Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna dan Pemutaran Roda Dharma  
  • menghargai kriteria agama Buddha dan umat Buddha 
  • menghayati formulasi Pancasila Buddhis dan pancadharma 
  • menghayati pengetahuan konseptual tentang etika pergaulan remaja 
  • menunjukkan perilaku bertanggung jawab setelah memahami peristiwa tujuh minggu setelah Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna dan Pemutaran Roda Dharma 
  • menunjukkan perilaku toleran tentang kriteria agama Buddha dan umat Buddha 
  •  menunjukkan  perilaku jujur setelah mendeskripsikan formulasi Pancasila Buddhis dan Pancadharma  
  • menunjukkan perilaku disiplin setelah memahami pengetahuan konseptual tentang etika pergaulan remaja sesuai ajaran Buddha 

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) 

  •  memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, Teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  • mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan  sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori 


  • memahami pengetahuan tentang peristiwa tujuh minggu setelah Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna dan Pemutaran Roda Dharma  
  • memahami pengetahuan berdasarkan rasa ingin tahu tentang kriteria agama Buddha dan umat Buddha  
  • memahami pengetahuan tentang formulasi Pancasila Buddhis dan Pancadharma 
  •  memahami pengetahuan tentang etika pergaulan remaja sesuai ajaran Buddha 
  • menyajikan dalam ranah abstrak peristiwa tujuh minggu setelah Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna dan Pemutaran Roda Dharma 
  • menyajikan dalam ranah abstak 
  • kriteria agama Buddha dan umat Buddha 
  •  menyajikan dalam ranah konkret  formulasi Pancasila Buddhis dan Pancadharma 
  • menyaji dalam ranah konkret 
  • pengetahuan konseptual tentang etika pergaulan remaja sesuai ajaran Buddha 

Adapun informasi tentang produk rpp dan silabus terbaru untuk semua mata pelajaran :


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mudah mudahan dapat membantu dan bermanfaat, untuk info detai tentang produk apa saja yang kami sediakan silahkan kunjungi www.divapendidikan.com terima kasih. baca juga artikel lainnya ,,,,,,,,