Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.
Mengintegrasikan literasi, Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).
Mengintegrasikan keterampilan abad moderrn atau diistilahkan dengan 4C
- Creative,
- Critical thinking,
- Communicative,
- Collaborative
Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill.
Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang
Pengintegrasian dapat berupa :
- pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
- pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
- pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat harus muncul empat macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam memberikan pelajaran sehingga hal tersebut dapat mudah di serap siswa.
penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa, penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
Keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C. Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.
Rencana pendidikan pembelajaran SMK Terbaru Revisi 2017 mengarah kepada Rencana di jenjang RPP SMK Terbaru Revisi 2017 tidak akan lepas dari panduan penyusunan RPP bagi guru SMK berdasarkan dokumen pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 tahun 2017, Uraian terkait RPP SMK Terbaru Revisi 2017 di bawah ini merujuk pada bahan diklat Penyegaran Instruktur Nasional / Instruktur Propinsi Kurikulum 2013 tahun 2017 yang diselenggarakan bulan April 2017 yang lalu.
Dan berikut di bawah ini kami sediakan perangkat pembelajaran PERANGKAT PEMBELAJARAN SMK/MAK GAMBAR TECHNIK BANGUNAN KELAS 10 K13 REVISI 2017 serta ruang lingkup materi yang terdapat didalamnya yaitu sebagai berikut:
- Jenis-jenis dan fungsi peralatan.
- Penggunaan peralatan menggambar teknik
- Jenis-jenis garis pada gambar teknik.
- Huruf, angka dan etiket pada gambar teknik
- Gambar bentuk-bentuk bidang.
- Persyaratan gambar proyeksi orthogonal (2D)
- Gambar proyeksi pictorial (3D
- -jenis gambar potongan dan aturan penggambarannya
- Tanda pemotongan dan letak hasil gambar potongan
- simbol, notasi, dan dimensi pada gambar teknik.
- Penggambaran simbol, notasi, dan dimensi.
- Konsep tata letak gambar teknik
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mudah mudahan artikel ini dapat membantu, dan untuk sahabat yang membutuhkan buku pendidikan smk/mak terbaru silahkan kunjungi website kami di www.divapendidikan.com terima kasih.