Pendidikan adalah suatu proses untuk penguatan Karakter dan didalam pembelajaran karakter tersebut yang diperkuat harus mempunyai 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas di mana hal tersebut akan senantiasa membantu memudahkan siswa atau anak didik dapat menerima mata pelajaran yang di sampaikan dan mejadikan ilmu pengetahuan yang berguna nantinya.
Mengintegrasikan literasi, Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi
- Literasi Dasar (Basic Literacy),
- Literasi Perpustakaan (Library Literacy),
- Literasi Media (Media Literacy),
- Literasi Teknologi (Technology Literacy),
- Literasi Visual (Visual Literacy).
Mengintegrasikan keterampilan abad moderrn atau diistilahkan dengan 4C
Creative,
Critical thinking,
Communicative, dan
Collaborative
Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill.
Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilaksanakan sampai sekarang
Pengintegrasian dapat berupa :
pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat harus muncul empat macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam memberikan pelajaran sehingga hal tersebut dapat mudah di serap siswa.
pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat harus muncul empat macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam memberikan pelajaran sehingga hal tersebut dapat mudah di serap siswa.
penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa, penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
Keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C. Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.
Rencana pendidikan pembelajaran SMK Terbaru Revisi 2017 mengarah kepada Rencana di jenjang SMK hasil Revisi Terbaru pada tahun 2017, RPP SMK Terbaru Revisi 2017 tidak akan lepas dari panduan penyusunan RPP bagi guru SMK berdasarkan dokumen pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 tahun 2017, Uraian terkait RPP SMK Terbaru Revisi 2017 di bawah ini merujuk pada bahan diklat Penyegaran Instruktur Nasional / Instruktur Propinsi Kurikulum 2013 tahun 2017 yang diselenggarakan bulan April 2017 yang lalu.
Dan berikut di bawah ini kami sediakan perangkat pembelajaran PERANGKAT PEMBELAJARAN SMK/MAK BAHASA INGGRIS 10 K13 REVISI 2017serta ruang lingkup materi yang terdapat didalamnya yaitu sebagai berikut:
- Let Me Introduce Myself
- That’s a wonderful performance
- What are you going to do today?
- Let’s visit Niagara Falls
- What in your best getaway
- Teks Pemberitahuan (announcement)
- The Wight Brother
- Teks recount terkait Peristiwa/Pengalaman
- Teks naratif Cerita Legenda
- Teks Khusus Dalam Bentuk Memo, Menu, Jadwal dan Tanda-Tanda
- Perbandingan kata sifat
- Teks Interaksi Transaksional Lisan Dan Tulis Yang Melibatkan Tindakan Memberi Dan Meminta Informasi Tentang Petunjuk Arah (Direction)
- Kegiatan/Tugas-Tugas Rutin Sederhana (Simple Routine Tasks)