Pendidkan merupakan langkah pertama untuk membangun jati diri yang tangkas dan cerdas dan juga suatu proses untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan rencana pendidikan pembelajaran yang mampu dibuat harus muncul empat macam hal yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas guru dalam memberikan pelajaran sehingga mata pelajaran yang di sampaikan dapat mudah di serap siswa, sehingga hal tersebut akan menciptakan para generasi generasi bangsa yang cerdas dan berkualitas, gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan berbagai program dan kegiatan pendidikan karakter yang sudah dilakukan sampai sekarang adapun dalam hal tersebut pengintegrasian dapat berupa :
- pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas);
- pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler;
- pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat;
perdalaman dan perluasan dapat berupa: penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa, penambahan dan penajaman kegiatan belajar siswa, dan pengaturan ulang waktu belajar siswa di sekolah atau luar sekolah; penyelerasan dapat berupa penyesuaian tugas pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
Adapun pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah berupa kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara, gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah tindakan yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.
Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).
Adapun kelebihan dalam pendidikan terbaru ini terkait 4C (Communication, Collaboration, Critical pendidikan adalah Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C.Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.
RPP SMK Terbaru Revisi 2017ini mengarah kepada pendidikan pembelajaran di jenjang SMK hasil revisi terbaru dan hal tersebut mempunyai keterikatan dalam panduan penyusunan RPP bagi guru SMK berdasarkan dokumen pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 tahun 2017, Uraian terkait RPP SMK Terbaru Revisi 2017 di bawah ini merujuk pada bahan diklat Penyegaran Instruktur Nasional / Instruktur Propinsi Kurikulum 2013 tahun 2017 yang diselenggarakan bulan April 2017 yang lalu.
Dan berikut di bawah ini kami sediakan perangkat pembelajaran BUKU TEKNIK DASAR OTOMOTIF KELAS 10 K13 REVISI 2017 yang terdapat didalamnya yaitu sebagai berikut:
Adapun pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah berupa kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara, gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah tindakan yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.
Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).
Adapun kelebihan dalam pendidikan terbaru ini terkait 4C (Communication, Collaboration, Critical pendidikan adalah Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation). Inilah yang sesungguhnya ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C.Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.
RPP SMK Terbaru Revisi 2017ini mengarah kepada pendidikan pembelajaran di jenjang SMK hasil revisi terbaru dan hal tersebut mempunyai keterikatan dalam panduan penyusunan RPP bagi guru SMK berdasarkan dokumen pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 tahun 2017, Uraian terkait RPP SMK Terbaru Revisi 2017 di bawah ini merujuk pada bahan diklat Penyegaran Instruktur Nasional / Instruktur Propinsi Kurikulum 2013 tahun 2017 yang diselenggarakan bulan April 2017 yang lalu.
Dan berikut di bawah ini kami sediakan perangkat pembelajaran BUKU TEKNIK DASAR OTOMOTIF KELAS 10 K13 REVISI 2017 yang terdapat didalamnya yaitu sebagai berikut:
- Prinsip - Prinsip Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3)
- Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
- Prinsip-Prinsip Pengendalian Kontaminasi
- Proses Mesin Konversi Energi
- Klasifikasi Engine
- Cara Kerja Engine 2 Dan 4 Langkah
- Proses Dasar Pembentukan Logam
- Service Literature Utilize
- System Hidraulik
- System pneumatic
- Rangkaian Kelistrikan Sederhana
- Dasar-Dasar Elektronika Sederhana
- Rangkaian Control Sederhana
- Dasar-Dasar Sensor
- Kerja Baterai