-->
rpp kurikulum 2013 revisi

Komponen-komponen UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri)

UKBM adalah sebuah perangkat yang dapat mengomandani penyusunan unit-unit perlajaran utuh, nah unit unit tersebutlah nantinya yang akan dinamakan UKBM (Unit Kegitan Belajar Mandiri) yang merupakan satuan pelajaran yang disusun mulai dari level easy (mudah) hingga sampai yang sulit. Pengembangan UKBM sendiri mengacu kepada BTP (Buku Teks Pelajaran) yang telah diatur oleh PERMENDIKBUD Republik Indonesia.

Tujuan dari isi perangkat ini antara lain untuk memberikan lebih stimulus belajar yang memungkinkan tumbuhnya pengalaman serta kemandirian setiap siswa agar terlibat secara langsung dalam penguasaan kompetensi secara utuh, karena UKBM ini merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa yang akan mendorong setiap kemampuan siswa diantaranya Pembudayaan literasi, berpikir tingkat tinggi, PPK dan kecakapan hidup abad 21 (bertindak kreatif, berpikir kritis, berkomunikasi dan kerja sama).

Komponen Pengembangan UKBM
  • Buku Teks Pelajaran
  • Sumber-sumber lain yang actual dan relevan
  • KI-KD
  • Tugas dan Penglaman Belajar sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
  • Alat evaluasi diri
Prinsip UKBM
  • Pembelajaran tuntas (matery learning)
  • Proses belajar dan pembelajaran berlangsung secara interaktif
  • Berbasis KD
  • Mampu mengevaluasi ketercapaian KD
  • Memuat tujuan pembelajaran
  • Dirancang agar dapat digunakan untuk pembelajaran kelompok, klasikal, individual dan dalam jaringan
  • Setiap UKBM diakhiri dengan adanya penilaian formatif
  • Berbasis kegiatan
  • Bersifat komunikatif; dan
  • bersifat hangat, cerdas serta ramah
Karakteristik UKBM
  • Berbasis KD
  • Pengembangan terhadap penguasaan BPT
  • Dapat mengukur ketuntasan
  • Bentuk kegiatan pembelajarannya berpusat pada siswa
  • Memanfaatan teknologi pembelajaran sesuai dengan konsep dan prinsip TPACK
  • Kegiatan pembelajarannya yang mendidik dan dialogis yang bermuara pada berkembangnya kecakapan hidup Abad 21 atau dikenal dengan 4C
  • Bersifat terapan pada tingkat berpikir C4 (analisis), C5 (evaluasi), dan C6 (kreasi)
  • Dapat mengembangkan siswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya sebagai pembelajar lambat, normal, dan cepat
  • Penampilan UKB menarik minat belajar siswa
  • Suasana dan proses kegiatan pembelajaran merupakan kondisi yang menentukan keberhasilan UKBM