Indonesia adala salah satu Negara yang mempunyai banyak kekayaan, baik itu kesenian dan kebudayaan, keindahaan seninya pun banyak di pasarkan di seluruh dunia , hal tersebut tentunya sangat membantu perekonomian bangsa indonesia dan tak kalah penting yaitu budayanya sangat kental dengan nilai nilai yang terkandung dalam budaya tersebut, ciri khas dari budaya masing masing daerah yang masing masing mempunyai keunikan tersendiri dan yang pasti dapat membuat kita terpesona akan hal itu.
Dan untuk tetap menjaga dan melestarikan hal tersebut maka di setiap sekolah mewajibkan para pendidik untuk menerapkan mata pelajaran seni budaya, yang di harapkan agar anak anak didik dapat mengenal kesenian daerah yang di pastikan akan menjadi salah satu penerus atau masa depann bangsa ini, yang akan senantiasa menjaga dan melestarikannya tentang budaya dan kesenian yang kita miliki.
Seni Budaya untuk Kelas VII SMP/MTs yang disajikan dalam buku ini disusun untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan dan sikap secara utuh seni Budaya bukan aktivitas dan materi pembelajaran yang dirancang hanya untuk mengasah kompetensi keterampilan siswa tetapi juga mencakup aktivitas dan materi pembelajaran yang memberikan
kompetensi pengetahuan tentang karya seni budaya dan kompetensi sikap yang
berkaitan dengan seni budaya,pembelajaran seni budaya menjadi kesatuan
utuh ketiga kompetensi tersebut melalui aktivitas berkarya seni rupa, seni
musik, seni tari dan teater.
Pembelajaran seni budaya dirancang berbasis aktivitas dalam sejumlah
seni budaya, yaitu seni rupa, seni musik, seni tari dan teater yang diangkat
dari kekayaan seni dan budaya sebagai warisan budaya bangsa. Aktivitas
pembelajaran seni budaya tidak hanya dirancang di dalam kelas tetapi dapat
melalui aktivitas baik yang diselenggarakan oleh sekolah maupun di luar
sekolah atau masyarakat sekitar. Materi muatan lokal dapat ditambahkan pada
materi pembelajaran seni budaya yang digali dari kearifan lokal dan relevan
dalam kehidupan siswa kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2017 sehingga diharapkan dapat menambah pengayaan dari
buku ini.
Buku ini merupakan edisi ketiga sebagai penyempurnaan edisi kedua. Buku
ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan.
Bab 1 Pendahuluan
A. Rasional
B. Tujuan
C. Ruang Lingkup
D. Muatan Lokal
E. Lingkup Kompetensi dan Materi Mapel SMP/MTs
Bab 2 Pembelajaran dan Penilaian Mata Pelajaran Seni Budaya
A. Kerangka Pembelajaran
B. Pendekatan Pembelajaran Seni Budaya
C. Strategi dan Metode PembelajaranD. Penilaian
Bab 3 Panduan Pembelajaran Berdasarkan Buku Teks Seni Budaya
Kelas VIII SMP/MTs
A. Penjelasan Umum
B. Seni Rupa
C. Seni Musik
D. Seni Tari
E. Seni Teater
Dan untuk tetap menjaga dan melestarikan hal tersebut maka di setiap sekolah mewajibkan para pendidik untuk menerapkan mata pelajaran seni budaya, yang di harapkan agar anak anak didik dapat mengenal kesenian daerah yang di pastikan akan menjadi salah satu penerus atau masa depann bangsa ini, yang akan senantiasa menjaga dan melestarikannya tentang budaya dan kesenian yang kita miliki.
Seni Budaya untuk Kelas VII SMP/MTs yang disajikan dalam buku ini disusun untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan dan sikap secara utuh seni Budaya bukan aktivitas dan materi pembelajaran yang dirancang hanya untuk mengasah kompetensi keterampilan siswa tetapi juga mencakup aktivitas dan materi pembelajaran yang memberikan
kompetensi pengetahuan tentang karya seni budaya dan kompetensi sikap yang
berkaitan dengan seni budaya,pembelajaran seni budaya menjadi kesatuan
utuh ketiga kompetensi tersebut melalui aktivitas berkarya seni rupa, seni
musik, seni tari dan teater.
Pembelajaran seni budaya dirancang berbasis aktivitas dalam sejumlah
seni budaya, yaitu seni rupa, seni musik, seni tari dan teater yang diangkat
dari kekayaan seni dan budaya sebagai warisan budaya bangsa. Aktivitas
pembelajaran seni budaya tidak hanya dirancang di dalam kelas tetapi dapat
melalui aktivitas baik yang diselenggarakan oleh sekolah maupun di luar
sekolah atau masyarakat sekitar. Materi muatan lokal dapat ditambahkan pada
materi pembelajaran seni budaya yang digali dari kearifan lokal dan relevan
dalam kehidupan siswa kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2017 sehingga diharapkan dapat menambah pengayaan dari
buku ini.
Buku ini merupakan edisi ketiga sebagai penyempurnaan edisi kedua. Buku
ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan.
Bab 1 Pendahuluan
A. Rasional
B. Tujuan
C. Ruang Lingkup
D. Muatan Lokal
E. Lingkup Kompetensi dan Materi Mapel SMP/MTs
Bab 2 Pembelajaran dan Penilaian Mata Pelajaran Seni Budaya
A. Kerangka Pembelajaran
B. Pendekatan Pembelajaran Seni Budaya
C. Strategi dan Metode PembelajaranD. Penilaian
Bab 3 Panduan Pembelajaran Berdasarkan Buku Teks Seni Budaya
Kelas VIII SMP/MTs
A. Penjelasan Umum
B. Seni Rupa
C. Seni Musik
D. Seni Tari
E. Seni Teater
Demikian informasi yang dapat kami sam[paikan mudah mudahan dapat memberikan banyak manfaat, untuk info lebih detailnya silahkan download terima kasih.