Dunia pendidikan di abad 21 telah mengalami peningkatan baik
itu dalam kualitas pengajaran atau pun ruang lingkup materi yang telah banyak
mengalami perbaikan, adapun hal tersebut Kemajuan teknologi dan informasi (IT) yang
berhasil dicapai ikut mempengaruhi wajah dunia dan segala interaksinya menjadi
lebih praktis, maju, modern serta mengunggulkan keahlian dan pemahaman
penggunaan teknologi tinggi untuk memecahkan persoalan kehidupan sehari-hari.
Dalam abad yang semakin mengglobal tersebut, pendidikan
perlu didorong untuk mampu membekali anak didik dengan kompetensi yang
dibutuhkan dari mulai kemampuan berpikir kritis, kreativitas, keterampilan
berkomunikasi dan kemampuan bekerja sama dengan orang lain serta memiliki
potensi yang baik untuk melakukan hal
tersebut.
Dan di samping itu pula pengembangan Kurikulum 2013 adalah
kurikulum yang dapat menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif,
inovatif, melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang
terintegrasi, relevan dengan tantangan abad 21 tersebut, sehingga anak didik
dapat mudah memahai apa yang terkandung dalam materi yang di sampaikan salah
satunya mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK)
merupakan salah satu mata pelajaran pada Kurikulum 2013 yang telah dilakukan
perbaikan dan di revisi pada tahun 2017 ini..
Kurikulum 2013 menekankan bahwa mata pelajaran PJOK memiliki
konten yang unik untuk member warna pada pendidikan karakter bangsa, di samping
diarahkan untuk mengembangkan kompetensi gerak dan gaya hidup sehat, aktivitasnya
dirancang berbasis aktivitas terkait dengan sejumlah jenis gerak
jasmani/olahraga dan usaha untuk meningkatkan kualitas kualitas terbaik dengan
pemikiran yang cerdas serta memiliki fisik yang gagah berani untuk masa depan
yang lebih panjang.
Dan berikut di bawah ini ada beberapa bab yang terkandung
dalam materi pendidkan pjok serta ruang lingkupnya diantaranya:
BAB 1 Pendahuluan
A. Gambaran Pelaksanaan Pembelajaran Penjasorkes
B. Karakteristik Proses Belajar Mengajar (PBM) yang Efektif
C. Strategi Mengajar dan Metode Pembelajaran
D. Penggunaan Sarana dan Prasarana
E. Keamanan dan Keselamatan dalam Pembelajaran
F. Penilaian 10
BAB 2 Aktivitas Permainan Bola Besar
A. Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan
Indikator Pencapaian
Kompetensi
B. Permainan Bola Besar Melalui Permainan Sepak bola
C. Aktivitas Permainan Bola Besar Melalui Permainan Bola
Voli
D. Aktivitas Permainan Bola
E. Penilain Pembelajaran
BAB 3 Aktivitas Permainan Bola Kecil
A. Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan
Indikator Pencapaian
Kompetensi
B. Aktivitas Permainan Bola Kecil Melalui Permainan Kasti
C. Aktivitas Permainan Bola
D. Permainan Bola Kecil Melalui Permainan Tenis Meja E.
Penilaian Pembelajaran
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan v
BAB 4 Aktivitas Atletik
A. Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan
Indikator Pencapaian
Kompetensi
B. Aktivitas Atletik Melalui Jalan Cepat
C. Aktivitas Pembelajaran Atletik Lari Jarak Pendek
D. Pembelajaran Atletik Melalui Lompat Jauh
E. Aktivitas Pembelajaran Atletik Melalui Tolak Peluru (The
Shot Put)
F. Penilaian Pembelajaran
BAB 5 Aktivitas Beladiri
A. Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan
Indikator Pencapaian
Kompetensi
B. Aktivitas Pembelajaran Beladiri Melalui Pencak Silat
C. Penilaian Pembelajaran
BAB 6 Aktivitas Kebugaran Jasmani
A. Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan
Indikator Pencapaian
Kompetensi
B. Aktivitas Pembelajaran Kebugaran Jasmani
C. Penilaian Pembelajaran
BAB 7 Aktivitas Senam
A. Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan
Indikator Pencapaian
Kompetensi
B. Aktivitas Senam Lantai
C. Penilaian Pembelajaran
BAB 8 Aktivitas Gerak Berirama
A. Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan
Indikator Pencapaian
Kompetensi
B. Aktivitas Gerak Berirama
C. Penilaian Pembelajaran
vi Buku Guru Kelas VII SMP/MTs
BAB 9 Aktivitas Air
A. Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan
Indikator Pencapaian
Kompetensi
B. Aktivitas Renang
C. Penilaian Pembelajaran
BAB 10 Perkembangan Tubuh Remaja
A. Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan
Indikator Pencapaian
Kompetensi
B. Perkembangan Tubuh Remaja
C. Penilaian Pembelajaran
BAB 11 Pola Makan Sehat, Bergizi, dan Seimbang
A. Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan
Indikator Pencapaian
Kompetensi
B. Pola Makan Sehat, Bergizi Dan Seimbang
C. Penilaian Pembelajaran
Untuk info lebih lanjut dan detailnya tentang buku pjok smp/mts kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2017 silahkan download, terima kasih.