Pendidikan adalah proses untuk mendapat ilmu pengetahuan dan itu di dapatkan tidak serta merta atau datang dengan mudah begitu saja, ada banyak hal yang di lakukan, banyak proses di mana kita harus membaca , belajar dan tentunya mengingat sesuatu sehinmgga keberhasilan anak didik atau siswa tergantung dari para guru sebagai pendidik.
Ilmu pendidikan dapat kita temui di mana saja dan banyak sekali fakultas atau sekolah yang menyediakan guru guru yang berpengalaman dalam bidang masing masing, akan tetapi keberhasilan tidak di dapatkan dari sekolah atau fakultas tersebut, melainkanm dari tekad dan kemauan yang keras untuk belajar mencoba dan mempraktekkannya dan keberhasilan tentunya di dapat dari diri mereka sendiri.
BUKU IPS UNTUK SMP/MTS KELAS 8 KURIKULUM 2013 REVISI 2017, adalah buku sebagai rancangan pendidikan pembelajaran yang harus dimiliki seorang guru, seorang guru tak hanya mengajar anak didiknya saja, akan tetapi seorang guru di tuntut untuk memberikan ilmu pengetashuannya dan mencoba menerapkan apa apa yang di sampaikan sehingga anak didik tersebut merasa paham dan memahami apa yang di sampaikan.
dan tentunya seorang guru haruslah mempunyai potensi tentang materi apa saja yang harus di sampaikan , seperti rancangan pendidikan pembelajaran yang mana rancangan pendidikan tersebut mencakup tentang apa apa saja yang harus di sampaikan dan materi apa saja yang harus di sampaikan, dan tentunya harus sesuai dengan kurikulum yang di sediakan dinas pendidikan dan kebudayaan,
Di bawah ini kami sedikit menjelaskan tentang BUKU IPS Kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017
dan ruang lingkupnya mencakup beberapa bab diantaranya adalah:
BAB I:
INTERAKSI KERUANGAN DALAM KEHIDUPAN
DI
NEGARA-NEGARA ASEAN
A.
Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
B. Tujuan
Pembelajaran
C. Peta
Konsep
D. Materi
Pembelajaran...... 51
E. Proses
Pembelajaran
Subbab A.
Mengenal Negara-negara ASEAN (10 JP/5 Pertemuan)
F. Evaluasi
G. Pengayaan
H. Remedial.
I. Interaksi
dengan Orang Tua Peserta Didik
Subbab B.
Interaksi Antarnegara-negara ASEAN
(10 JP/5
Pertemuan)
J. Evaluasi
K. Pengayaan
L. Remedial
M. Interaksi
dengan Orang Tua Peserta Didik
Subbab C.
Pengaruh Perubahan dan Interaksi Keruangan terhadap
Kehidupan di
Negara-negara ASEAN (16 JP/8 Pertemuan).
N. Evaluasi
O. Pengayaan
P. Remedial.
Q. Interaksi
dengan Orang Tua Peserta Didik
Buku Guru
Kelas VIII SMP/MTs
BAB II:
PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP
KEHIDUPAN
SOSIAL DAN KEBANGSAAN
A.
Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
B. Tujuan
Pembelajaran
C. Peta
Konsep
D. Materi
Pembelajaran
E. Proses
Pembelajaran
F. Evaluasi.
G.
Pembelajaran Remedial
H. Interaksi
dengan Orang Tua
BAB III:
KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN RUANG
PENGARUHNYA
TERHADAP KEGIATAN EKONOMI, SOSIAL,
BUDAYA DI
INDONESIA DAN ASEAN
A.
Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
B. Tujuan
Pembelajaran
C. Peta Konsep
D. Materi Pembelajaran
E. Proses
Pembelajaran
Subbab A.
Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Peran
Pelaku
Ekonomi dalam Suatu Perekonomian (8 JP/4 Pertemuan).
F. Evaluasi
G.
Pembelajaran Remedial
H. Pengayaan
I. Interaksi
dengan Orang Tua Peserta Didik
Subbab B.
Perdagangan Antardaerah atau Antarpulau dan
Perdagangan
Internasional (8 JP/4 Pertemuan)
J. Evaluasi
K.
Pembelajaran Remedial
L. Pengayaan
M. Interaksi
dengan Orang Tua Peserta Didik
Ilmu
Pengetahuan Sosial vii
Subbab C.
Penguatan Ekonomi Maritim dan Agrikultur di Indonesia
(8 JP/ 4
Pertemuan)
N. Evaluasi
O.
Pembelajaran Remedial
P. Pengayaan
Q. Interaksi
dengan Orang Tua Peserta Didik
Subbab D.
Pendistribusian Kembali (Redistribusi) Pendapatan
Nasional (10
JP/ 5 Pertemuan)
R. Evaluasi
S.
Pembelajaran Remedial
T. Pengayaan
U. Interaksi
dengan Orang Tua Peserta Didik
BAB IV:
PERUBAHAN MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA
PENJAJAHAN
DAN TUMBUHNYA SEMANGAT KEBANGSAAN
(Alokasi
Waktu: 30 JP)
A.
Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
B. Tujuan
Pembelajaran
C. Peta
Konsep
D. Materi
Pembelajaran
E. Proses
Pembelajaran
Subbab A.
Kedatangan Bangsa-bangsa Barat ke Indonesia (8JP)
F. Evaluasi
G.
Pembelajaran Remedial
H. Pengayaan
I. Interaksi
dengan Orang Tua Peserta Didik
Subbab B.
Kondisi Masyarakat Indonesia pada masa Penjajahan
(26 JP) .
J. Evaluasi
K.
Pembelajaran Remedial
L. Pengayaan
M. Interaksi
dengan Orang Tua Peserta Didik
Subbab C.
Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan
N. Evaluasi
O.
Pembelajaran Remedial
P. Pengayaan
Q. Interaksi
dengan Orang Tua Peserta Didik
Demikian iformasi yabg adapat kami sampaikan untuk info lebih detailnya silahkan tentang BUKU IPS Kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017, silahkan download pada link yang tertera di bawah ini, terima kasih.