-->
rpp kurikulum 2013 revisi

Download Format : Buku Pemeriksaan Perlengkapan/Barang Sekolah

Administrasi dalam pendidikan yang tertib dan teratur, sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan pendidikan bagi Kepala Sekolah dan Guru, Penigkatan kemampuan tersebut akan berakibat positif, yaitu makin meningkatnya efisiensi, mutu dan perluasan pada kinerja di dunia pendidikan tersebut. Untuk memperlancar kegiatan di atas agar lebih efektif dan efisien perlu informasi yang memadai. Sistem informasi di dunia pendidikan ini menyangkut dua hal pokok yaitu kegiatan pencatatan data(recording system) dan pelaporan (reporting system). Untuk memperlancar dua kegiatan tersebut diperlukan faktor-faktor penunjang diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Format-format yang dipergunakan
  2. Petunjuk dan aturan yang berlaku
  3. Ketrampilan personil yang memadai
Kegiatan-kegiatan yang dilakukan di Sekolah itu sering disebut kegiatan administrasi. Pencatatan dan perekaman data dan pengaturan sumber data di sekolah yang rapi / teratur dan benar sangat diperlukan dalam sistem informasi.

Seorang Kepala Sekolah sebagai pemegang kuasa pengguna barang daerah atau yang kemudian mendelegasikannya kepada kepala tata usaha atau yang ditunjuk oleh kepala sekolah sebagai penanggung jawab pengelola barang milik sekolah.

Tanggung Jawab Kepala Sekolah sebagai Kuasa Pengguna dalam Pengelolaan barang milik sekolah diantaranya 
  1. Melakukan Pencatatan administrasi barang inventaris, pemberian kodefikasi,
  2. Inventarisasi dengan cara menerbitkan dan memasang daftar inventaris ruangan
  3. Membuat laporan mutasi barang, 
  4. Membuat laporan pengadaan barang inventaris secara berkala (per triwulan),
  5. Mengawasi segala jenis perbaikan/pemeliharaan barang inventaris.
Perlengkapan Merupakan Kegiatan Yang Berkenaan Dengan Pengaturan Sarana Yang Ada Sekolah Agar Dapat Digunakan Sesuai Dengan Fungsinya. 
Tujuan Adm Perlengkapan diantaranya adalah 
  1. Pengadaan Perlengkapan Sesuai— Kebutuhan 
  2. Pendayagunaan Yang Ada Secara Optimal— 
  3.  Barang Yang Ada Dipelihara Dengan Biiak— 
  4. Penghapusan Barang Yang Rusak/Hilang— 
  5. Meningkatkan Kualitas Pelaksanaan— Program Meningkat Penata Usahaan Dan— Ketertiban Administrasi
Fungsi adm perlengkapan memberi dan melengkapi fasilitas untuk— segala kebutuhan yang diperlukan dalam proses belajar mengajar. Memelihara agar tugas-tugas murid yang— diberikan oleh guru dapat terlaksana dengan lancar dan optimal, dalam hal tersebut sekolah berkewajiban melakukan pemeriksaan perlengkapan/barang sekolah dan menuangkannya kedalam format buku pemeriksaan perlengkapan/barang adapun dalam isi format tersebut ada beberapa poin yang harus dicatat/isi diantaranya adalah sebagai berikut
Buku Pemeriksaan Perlengkapan sekolah
  1. No Urut
  2. Nama Pemeriksa
  3. Instansi Pemerintahan
  4. Tanggal Pemeriksaan
  5. Saran
  6. Tanda Tangan
Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat!!!