-->
rpp kurikulum 2013 revisi

Aspek-Aspek Yang Dinilai Dalam Pemilihan Tutor Paket C Berprestasi

Pemilihan Tutor Paket C Berprestasi adalah serangkaian kegiatan dalam memilih dan menetapkan tutor paket C yang berprestasi melalui empat tahapan penilaian yaitu (1) Administrasi dan Portofolio, (2) Tes tertulis,  (3) Presentasi Karya Tulis dan (4) Wawancara terstruktur.  

Aspek-aspek yang dinilai dalam pemilihan Tutor Paket C berprestasi mencakup :
  1. Berkas portofolio meliputi : bukti fisik prestasi kerja sebagai tutor paket C selama paling kurang 2 (dua) tahun terakhir, tingkatpendidikan, lama masa mengajar, program studi lulusan dan matapelajaran yang diajarkan. 
  2. Membuat makalah karya tulis yang relevan dengan tema.
  3. Tes tulis (aspek inteligensi, kepribadian dan sikap, serta bidang tugas/kompetensi profesional sesuai dengan kualifikasi akademik S1nya).
  4. Presentasi makalah karya tulis (kemampuan mendeskripsikan gagasan, isi karya, originalitas, inovasi, dan sikap dalam penyajian) sesuai tema. 
  5. Wawancara (pengetahuan/akademik tutor sesuai mata pelajaran yang diajarkan, inovasi pembelajaran, wawasan tentang pendidikan non formal, cita-cita dan harapan untuk memajukan program pendidikan kesetaraan SMA). 
Mekanisme penilaian dilakukan sebagai berikut: 
  1. Tim Penilai Kabupaten/Kota/Provinsi melakukan penilaian administratif, portofolio, presentasi karya nyata atau karya tulis, dan wawancara dengan menggunakan instrumen penilaian yang telah ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah; 
  2. Hasil penilaian secara keseluruhan di susun dalam daftar peringkat dari nilai tertinggi sampai nilai terendah; 
  3. Tim Penilai Kabupaten/Kota menetapkan daftar nominasi tutor berdasarkan hasil penilaian administratif, penilaian teknis, dan verifikasi lapangan; 
  4. Tim Penilai melaporkan dan menyampaikan hasil penilaian kepada Pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. 
  5. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota mengusulkan 1 (satu) orang Tutor Paket C Berprestasi ke provinsi untuk mengikuti seleksi di tingkat provinsi. Selanjutnya, setelah dilakukan seleksi di tingkat  provinsi, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi mengusulkan 1 (satu) orang Tutor Paket C Berprestasi Tingkat Provinsi untuk mengikuti Pemilihan Tutor Paket C Berprestasi Tingkat Nasional.
  6. Pada Tingkat Nasional dilakukan penilaian:1) Portofolio 2) Tes Tulis 3) Presentasi Karya Nyata atau Karya Tulis 4) Wawancara 
  7. Hasil tes pada butir (f) dibuat skoring penilaian oleh Tim Penilai sekaligus peringkat hasil penilaian; 
  8. Berdasarkan peringkat hasil penilaian, dibuat daftar pemenang. 
Bobot penilaian Tutor Paket C Berprestasi adalah sebagai berikut.
Bobot penilaian Tutor Paket C Berprestasi
Sekian dan terima kasih