-->
rpp kurikulum 2013 revisi

Langkah - Langkah Penyusunan Kegiatan Harian Untuk Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Kurikulum 2013 mencakup pengembangan pada aspek struktur kurikulum, proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik, dan penilaian yang bersifat otentik. Kurikulum 2013 mengusung pengembangan pembelajaran konstruktivisme yang lebih bersifat fleksibel dalam pelaksanaan sehingga memberi ruang pada anak untuk mengembangkan potensi dan bakatnya. 

Model pendekatan kurikulum tersebut berlaku dan ditetapkan di seluruh tingkat serta jenjang pendidikan sejak pendidikan anak usia dini hingga pendidikan menengah. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini memuat 16 sikap yang diharapkan menjadi kompetensi anak, yakni diantaranya adalah sebagai berikut; 
  • Mempercayai adanya Tuhan, 
  • Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan,perilaku hidup sehat, 
  • Sikap ingin tahu, 
  • Kreatif, 
  • Estetis, 
  • Percaya diri, 
  • Disipilin, 
  • Sabar, 
  • Mandiri, 
  • Peduli, 
  • Toleran,
  • Jujur, (
  • Tanggung jawab, 
  • Menyesuaikan diri, 
  • Rendah hati dan 
  • Santun. 
Dimana satuan PAUD diharuskan membuat atau menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) kegiatan yang didalamnya memuat nilai-nilai sikap yang ingin terbentuk pada anak. dalam upaya memudahkan guru menyusun SOP di satuan PAUD nya, maka disusunlah Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Satuan Pendidikan Anak Usia Dini yang diterapkan dalam kegiatan harian satuan PAUD masing-masing. 

Kegiatan harian mewadahi seluruh kegiatan yang dilaksanakan setiap hari oleh satuan PAUD. Kegiatan harian disusun untuk mewujudkan visi, misi, dan karakteristik atau keunggulan satuan PAUD. Kegiatan harian berisi kegiatan yang dirancang secara rutin dan kegiatan di sentra/area/kelompok. 

Kegiatan harian yang bersifat rutin ditujukan untuk pembentukan karakter anak. Penentuan kegiatan harian sebuah lembaga menunjukkan program pengembangan potensi anak dan kualitas keluaran layanan lembaga PAUD. Karena itulah maka penyusunan kegiatan harian harus dilakukan secara teliti dan menyeluruh.  Unsur- unsur yang perlu diperhatikan dalam penyusunan dalam kegiatan harian meliputi diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Visi, misi, dan tujuan satuan PAUD: 
  • Sikap-sikap karakter yang diharapkan terbangun pada anak didik sesuai dengan visi dan misi lembaga, dan muatan pembelajaran yang sudah tertuang dalam KTSP
  • Keruntutan
  • Waktu
  • Kesiapan pendidik
  • Komitmen
Berikut ini adalah langkah-langkah penyusunan antara lain adalah sebagai berikut:
  • Tetapkan kompetensi yang ingin dicapai dan karakter yang ingin dibentuk dari visi, misi, dan tujuan satuan PAUD yang sudah ditetapkan sebelumnya dan disesuaikan dengan indikatornya. 
  • Perhatikan berapa lama anak akan berada di lembaga PAUD dalam setiap harinya. 
  • Siapkan aktivitas yang akan dilakukan anak. 
  • Menetapkan lama waktu yang dibutuhkan setiap aktivitas itu dilaksanakan.
Contoh: Berdasarkan Tujuan yang sudah ditetapkan oleh Taman KanakKanak Kenanga:
Tujuan Taman Kanak-Kanak Kenanga 
  • Terwujudnya anak yang sehat, jujur, senang belajar, dan mandiri 
  • Terwujudnya anak yang mampu merawat dan peduli terhadap diri sendiri, dan teman. 
  • Menjadikan anak yang mampu berfikir, berkomunikasi, bertindak produktif dan kreatif melalui bahasa, musik, karya, dan gerakan sederhana. 
  • Menjadikan anak beragama sejak dini. 
  • Terciptanya iklim belajar yang kondusif bagi penyelenggaraan pendidikan, perawatan, pengasuhan, dan perlindungan anak. 
Program yang akan dikembangkan di Taman Kanak-Kanak Kenanga: 
  • Mengenalkan lingkungan sekitar sejak dini
  • Memelihara kebersihan diri dan lingkungan
  • Bermain di sentra
  • Makan bersama
  • Bermain dalam kelompok besar
  • Bermain di luar ruangan
  • Aktivitas mandiri (jurnal siang)
Sekian dan terima Kasih semoga bermanfaat!!!