-->
rpp kurikulum 2013 revisi

Inilah !!! Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Dalam undang-undang nomor 2013 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. berdasarkan pengertian tersebut, ada dua dimensi kurikulum, yang pertama adalah rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, sedangkan yang kedua adalah cara yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran

Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini bertujuan untuk mendorong perkembangan peserta didik secara optimal melalui pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan sehingga anak mencapai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang mendukung keberhasilan di sekolah dan pendidikan pada tahap selanjutnya. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini dikembangkan atas dasar pengkajian landasan filosofis, sosiologis, teoritis, psikologis pedagogis, dan yuridis yang jelas dan telah teruji secara empiris.

Struktur Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan pengorganisasian muatan kurikulum, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan lama belajar. muatan kurikulum berisi program-program pengembangan, yang terdiri: 
  • Program pengembangan nilai agama dan moral, 
  • Program pengembangan fisik motorik, 
  • Program pengembangan kognitif, 
  • Program pengembangan bahasa,
  • Program pengembangan sosial-emosional, dan 
  • Program pengembangan seni.  
Program pengembangan dimaksud adalah perwujudan suasana belajar untuk berkembangnya perilaku, kematangan berpikir, kinestetik, bahasa, sosial emosional, dan bahasa melalui kegiatan bermain. Suasana belajar diartikan segala sesuatu yang dapat mendorong minat anak untuk belajar.

Kompetensi Inti PAUD merupakan gambaran pencapaian Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada akhir layanan PAUD di usia 6 (enam) tahun. Kompetensi Inti yang disingkat menjadi KI. Secara terstruktur kompetensi inti dimaksud mencakup: 
  • Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual.
  • Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial.
  • Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan.
  • Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan 
Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini merupakan tingkat kemampuan dalam konteks muatan pembelajaran tema pembelajaran, dan pengalaman belajar yang mengacu pada Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik, kemampuan awal anak serta  Kompetensi Dasar dibagi menjadi empat kelompok sesuai dengan pengelompokkan kompetensi inti sebagai berikut:
  • Kompetensi Dasar sikap spiritual (KD-1) dalam rangka  menjabarkan KI-1 
  • Kompetensi Dasar sikap sosial (KD-2) dalam rangka menjabarkan KI-2 
  • Kompetensi Dasar pengetahuan (KD-3) dalam rangka menjabarkan KI-3 
  • Kompetensi Dasar keterampilan KD-4) dalam rangka menjabarkan KI-4.
Untuk keterangan lebih jelasnya anda bisa mendownload buku kerangka dasar dan struktur kurikulum 2013  pendidikan anak usia dini pada link yang kami sajikan berikut ini
Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat!!!