Kurikulum 2013 mencakup pengembangan pada aspek struktur kurikulum, proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik, dan penilaian yang bersifat otentik.
Dalam struktur kurikulum 2013 PAUD hasil belajar anak dituangkan ke dalam kompetensi inti sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Proses pembelajaran ditujukan untuk mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penanaman sikap dibangun melalui pembiasaan (habituasi) dan keteladanan (modeling). Pengembangan pengetahuan dan keterampilan dilakukan melalui pendekatan saintifik (untuk penanaman sikap akan dipandu dengan pedoman tersendiri.
- Pendekatan saintifik mendukung anak-anak dalam proses mencari tahu tentang sesuatu dengan caranya sendiri atau dengan bimbingan guru.
- Pendekatan saintifik mendukung anak untuk melakukan penemuan mereka sendiri.
- Pendekatan saintifik menumbuhkan minat, mengembangkan gagasan, kesempatan mengekspresikan kebebasan, imajinasi, dan kreativitas anak, serta menguatkan perasaan anak terhadap sesuatu.
Kegiatan Pembelajaran pada anak usia dini harus disesuaikan dengan beberapa hal, yakni diantaranya adalah sebagai berikut:
- Karakteristik cara belajar anak usia dini.
- Anak belajar secara bertahap.
- Cara berpikir anak bersifat khas.
- Anak belajar dengan berbagai cara.
- Anak belajar saat bersosialisasi.
Adapun prinsip-prinsip pembelajaran PAUD meliputi diantaranya adalah sebagai berikut:
- Belajar Melalui Bermain
- Berorientasi pada Perkembangan Anak
- Berorientasi Pada Kebutuhan Anak secara Menyeluruh
- Berpusat pada Anak
- Pembelajaran Aktif
- Berorientasi Pada Pengembangan Karakter
- Berorientasi pada Pengembangan Kecakapan Hidup
- Lingkungan Kondusif
- Berorientasi pada Pembelajaran Demokratis.
- Menggunakan Berbagai Media dan Sumber Belajar
Penerapan pendekatan saintifik yang baik akan menumbuhkan kemampuan berpikir anak. Agar optimal dalam penerapan pendekatan tersebut maka penting untuk diperhatikan hal-hal sebagai berikut:
- Guru harus melihat anak-anak sebagai pembelajar aktif
- Guru memberi mereka kesempatan untuk mencoba/ mengeksplorasi dan menggunakan berbagai obyek/bahan dengan cara yang beragam
- Guru memberi dukungan dengan pertanyaan (dan atau bimbingan) yang tepat.
- Guru menghargai setiap usaha dan hasil karya anak dengan tidak membandingkan dengan anak lainnya.
Proses Saintifik merupakan rangkaian mencari tahu dengan cara menjelajah melalui tahapan diantaranya adalah sebagai berikut:
- Mengamati;
- Menanya;
- Mengumpulkan informasi;
- Menalar
- Mengomunikasikan;
Untuk lebih jelas dan lengkap nya anda bisa mendownload Pedoman Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini pada link yang kami sediakan dibawah ini
Pedoman Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
Sekian dan Terima Kasih semoga bermanfaat!!!