-->
rpp kurikulum 2013 revisi

Tata Cara Penyusunan SOP Pembelajaran Untuk Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Setiap satuan PAUD diwajibkan membuat SOP sebagai pengendali pelaksanaan kurikulum. SOP ini ditujukan agar keseluruhan praktek pembelajaran di setiap satuan PAUD dapat dilaksanakan secara optimal dan berkualitas. 

SOP Pembelajaran merupakan langkah-langkah untuk menjalankan pembelajaran PAUD dalam mencapai semua kompetensi inti (sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan) dan standar tingkat pencapaian perkembangan anak. 

SOP menjadi sistem yang memberikan pedoman kerja, kapan, dimana, oleh siapa dan cara bagaimana pembelajaran dijalankan terutama dalam mengatur program pembelajaran yang bersifat rutin dan habituasi. Kegiatan rutin dan terus berulang dilakukan guru biasanya kegiatan pembiasaan dan keteladanan dalam mencapai sikap spiritual dan sikap sosial. 

SOP Pembelajaran PAUD terutama ditujukan untuk mewujudkan pencapaian kompetensi yang terkait dengan kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial. SOP memandu pembelajaran mulai dari awal pembelajaran hingga akhir pembelajaran, sehingga proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dari awal hingga akhir dapat dijalankan secara runut, teratur dan produktif. 

Tata cara penyusunan SOP Pembelajaran yang diperlukan oleh setiap satuan PAUD dipaparkan dalam pedoman khusus. adapun langkah-langkah penyusunan SOP adalah sebagai berikut:
  • Menjabarkan setiap kegiatan dari jadwal kegiatan harian. 
  • Identifikasi kemampuan yang ingin dibangun pada saat kegiatan ini dilakukan. 
  • Susunlah ke dalam langkah-langkah kegiatan yang teratur dan jelas.
berikut ini adalah daftar minimal di satuan PAUD
  • SOP Penataan Alat Bermain 
  • SOP Pijakan Sebelum Bermain 
  • SOP Penyambutan Kedatangan Anak 
  • SOP Pijakan Selama Bermain 
  • SOP Jurnal Pagi 10 SOP Pijakan Setelah Bermain 
  • SOP Materi Pagi 11 SOP Makan Sehat dan Pembiasaan Kebersihan Diri 
  • SOP Bermain Motorik Kasar 12 SOP Jurnal Siang 
  • SOP Kegiatan Transisi Sebelum Sentra 
  • SOP Kegiatan Penutup 
  • SOP Makan Snack 14 SOP Penjemputan Anak
SOP dapat terus dikembangkan sesuai dengan kemampuan satuan pendidikan. Semakin banyak program yang dijalankan satuan pendidikan semakin banyak SOP yang harus disiapkan. 

dan untuk lebih lengkap dan jelasnya anda bisa mendownload buku Pedoman Penyusunan  Standar Operasional Prosedur  Satuan Pendidikan Anak Usia Dini pada link berikut ini