-->
rpp kurikulum 2013 revisi

Langkah-Langkah Menyusun RPL Format Klasikal Untuk Guru BK/Konselor SMP/MTS Kurikulum 2013

Layanan format klasikal merupakan layanan yang berfungsi pencegahan, pemahaman, pemeliharaan dan pengembangan sebagai upaya yang secara spesifik diarahkan pada proses yang proaktif. Layanan format klasikal bukanlah kegiatan mengajar atau menyampaikan materi pelajaran sebagaimana matapelajaran yang dirancang dalam kurikulum pendidikan di sekolah, melainkan merancang suatu aktivitas yang dapat menumbuhkan kompetensi kemandirian untuk mencapai perkembangan yang optimal dalam bidang pribadi, sosial, belajar, dan karir. Ruang lingkup materi untuk mengembangakan kompetensi dalam bidang pribadi, sosial, belajar, dan karir. 

Pemberian layanan format klasikal dilakukan oleh Guru BK atau Konselor meliputi materi bimbingan pribadi, sosial, belajar, dan karir. Isi materi sajian berupa informasi yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik atau klien dan pencapaian tujuan pendidikan nasional. 

Rancangan disusun menggunakan format yang mudah dilaksanakan, materi dipilih berdasarkan (hasil pengamatan Guru BK, analisis kebutuhan peserta didik menggunakan instrument tertentu, asumsi teori yang diyakini mempunyai pengaruh terhadap perkembangan peserta didik, kebijakan sekolah/pemerintah yang harus diberikan kepada peserta didik), metode layanan berpusat pada peserta didik aktif menemukan pengalaman belajar, dan evaluasi proses dan hasil.

Sistematika format Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Klasikal (RPLBK) sebagaimana terlampir (Lampiran 4.1A). Hal-hal yang harus ada di dalam format Rencana Pelaksanaan Layanan minimal memuat 
  • Adanya tujuan yang akan dicapai, 
  • Materi yang akan diberikan, 
  • Langkah-langkah kegiatan, 
  • Adanya sumber bahan dan alat yang akan digunakan, srta penilaian. 
PENILAIAN LAYANAN KLASIKAL
PENILAIAN LAYANAN KLASIKAL
PENILAIAN LAYANAN KLASIKAL
PENILAIAN LAYANAN KLASIKAL
PENILAIAN LAYANAN KLASIKAL
Rencana Pelaksanaan Layanan format klasikal yang telah Saudara susun laksanakan secara simulasi tersupervisi secara bergantian dalam kelompok kecil (±10 orang). Mintalah salahsatu anggota secara bergantian untuk jadi pengamat praktik dengan menggunakan format peer assesment (lampiran 4.1C) untuk refleksi.

Keberhasilan layanan layanan format klasikal dapat diketahui  melalui penguasaan materi yang telah diberikan kepada peserta didik, terjadi proses perubahan sikap dan pengetahuan pada diri peserta didik. Untuk itu, perlu diberikan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang diberikan dan harapan yang perlu dilakukan oleh peserta didik. 

Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat!!!