-->
rpp kurikulum 2013 revisi

Ketentuan-Ketentuan Penataan Ruangan Belajar Satuan PAUD

Kurikulum 2013 mengusung pengembangan pembelajaran konstruktivisme yang lebih bersifat fleksibel dalam pelaksanaan sehingga memberi ruang pada anak untuk mengembangkan potensi dan bakatnya. 

Model pendekatan kurikulum tersebut berlaku dan ditetapkan di seluruh tingkat serta jenjang pendidikan sejak Pendidikan Anak Usia Dini hingga Pendidikan Menengah. Keajegan model pendekatan disemua jenjang ditujukan untuk membentuk sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik yang lebih konsisten sejak awal, sehingga diharapkan peserta didik mampu berkembang menjadi sumber daya manusia yang memiliki kompetensi sikap beragama, kreatif, inovatif, dan berdaya saing dalam lingkup yang lebih luas. 

Penataan lingkungan belajar terkait dengan model pembelajaran  yang digunakan. Ada banyak model pembelajaran yang dapat diterapkan. Semua model memiliki karakteristik yang berbeda. Namun demikian semuanya memuat prinsip pembelajaran PAUD yang sama. DiIndonesia model pembelajaran yang banyak digunakan di satuan PAUD ada tiga macam yakni; model sudut, area, dan sentra. 

Dalam melakukan penataan ruangan harus memperhatikan kebebasan anak bergerak, dengan memperhatikan langkah-langkah diantaranya adalah sebagai berikut
Kelompok usia anak (bayi, batita, atau prasekolah) 
  • Jumlah anak yang akan dilayani , kebutuhan gerak setiap anak 3 m2 diluar yang terpakai loker, dan furnitur lainnya. 
  • Lamanya anak dilayani di lembaga PAUD
  • Dapat digunakan oleh berbagai kegiatan. 
  • Antar ruang kegiatan dibatasi oleh loker setinggi anak  saat berdiri agar dapat diobservasi oleh guru secara menyeluruh. 
  • Penataan ruangan memfasilitasi anak bermain sendiri, kelompok kecil, dan kelompok besarAman, bersih, nyaman, dan mudah diakses oleh anak yang  berkebutuhan kusus 
  • Mudah untuk dikontrol (dapat dipantau secara keseluruhan)
  • Sentra balok dan sentra main peran saling berdekatanr
  • Sentra senu dengan sentra main bahan alam berdekatan
  • Buku ditempatkan di setiap sentra atau ditempat tertentu yang  mudah dijangkau semua anak. 
  • Sentra music dan gerak lagu ditempat pijakan sebelum main  dimana semua anak berkumpul.
  • Sentra disusun lebih fleksibel agar dapat dirubah sesuai dengan  kebutuhan Cahaya, sirkulasi udara, sanitari , lantai/karpet bebas dari  kutu, jamur, dan debu.
  • Penggunaan cat tembok dan kayu ti dak mudah luntur saat  dipegang anak. 
  • Lantai tidak berbahan licin dan harusnya mudah dibersihkan 
  • Stop kontak tidak mudah dijangkau anak
  • Pegangan pintu setinggi jangkauan anak, kecuali pintu  pagar setinggi jangkauan orang dewasa 
  • Dinding sebaiknya tidak dilukis permanen. Warna perabot  dan dinding menggunakan warna natural 
  • Bebas dari asap rokok, bahan pestisida, dan Toxin
  • Bebas dari bahan yang mudah terbakar atau rapuh.
Penataan ruang belajar
Downoad Buku Pedoman Perencanaan Pengelolaan Kelas  Pendidikan Anak Usia Dini
Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat!!