-->
rpp kurikulum 2013 revisi

Prinsip - Prinsip dan Persyaratan Penataan Lingkungan Belajar PAUD

Penataan lingkungan bermain merupakan penataan lingkungan fisik baik di dalam atau di luar ruangan. Penataan lingkungan termasuk seluruh asesoris yang digunakan di dalam maupun di luar ruangan, seperti: bentuk dan ukuran ruang, pola pemasangan lantai, warna dan hiasan dinding, bahan dan ukuran mebeulair , bentu, warna, ukuran, jumlah, dan bahan berbagai alat main yang digunakan sesuai dengan perencanaan. 

Prinsip-prinsip Penataan lingkungan 
  • Membuat anak merasa aman 
  • Membuat anak merasa nyaman
  • Mendorong anak untuk dapat bereksplorasi 
  • Mendukung anak untuk dapat berinteraksi dengan lingkungannya 
  • Sesuai dengan tahapan perkembangan anak
  • Memperhatikan karakteristik anak, kemampuan anak, latar  belakang keluarga, lingkungan bermain dan budaya setempat.
  • Lingkungan main yang ditata dapat membantu anak  memperkirakan berbagai kegiatan yang akan dilakukan baik pelaksanaannya (kelompok atau individu) maupun tempat alat main yang dibutuhkan . 
  • Mengembangkan kemandirian. Lingkungan yang ditata dengan rapi, semua mainan yang boleh digunakan anak ditata dalam rak yang terjangkau anak, membuat anak dapat secara mandiri mengambil dan menyimpan kembali, tanpa harus minta tolong pendidik. Apabila di satuan PAUD menerima anak berkebutuhan khusus dengan kursi roda, maka ramp harus tersedia agar anak bisa mengakses lingkungan tanpa harus tergantung pada orang lain. 
  • Mengembangkan kepercayaan diri anak. Lingkungan yang ditata sesuai dengan kondisi anak dapat membangun kepercayaan diri anak, bahwa mereka mampu melakukannya. Lingkungan yang penuh tantangan tetapi aman dilakukan anak, mendorong anak untuk mencari jalan keluar untuk mengatasi setiap tantangan yang ada. Hal ini menumbuhkan kreativitas dan sikap pantang menyerah. 
  • Mengembangkan keterampilan motorik halus. Kordinasi tanganmata, keterampilan sosial, keaksaraan awal, sain dan teknologi, kemampuan matematika, serta kemampuan berkomunikasi.
Lingkungan yang memfasilitasi dengan berbagai kegiatan  langsung, tidak semata terfokus pada kegiatan akademik, akan mendorong anak senang terlibat dalam kegiatan tersebut. 

Untuk persyaratan lingkungan belajar adalah sebagai berikut:
  1. Ruang/tempat yang digunakan untuk pembelajaran harus bisa menarik dan mengundang minat anak untuk bermain di situ. 
  2. Segala sesuatu dan setiap tempat harus mengandung unsur pendidikan. Dari warna, cahaya, tanaman, kamar mandi, dapur, pintu gerbang dan penataan bahan- bahan main ditata dengan nilai -nilai keindahan. 
  3. Aman, nyaman, sehat. Bebas dari benda-benda yang dapat melukai anak serta binatang-binatang kecil yang berbisa. 
  4. Menekankan pada berbagai macam media termasuk bahan-bahan alam, bahan limbah, dll . Bahan-bahan main disimpan di dalam tempat yang mudah digunakan dan disimpan kembali oleh anak. 
Untuk lebih jelas dan detailnya anda bisa mendownload buku pedoman perencanaan pengelolaan kelas  pendidikan anak usia dini pada link yang telah kami sediakan berikut ini
Sekian dan terima Kasih semoga bermanfaat!!!