-->
rpp kurikulum 2013 revisi

Download Pedoman Pengenalan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini

Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini bertujuan untuk mendorong berkembangnya potensi anak agar memiliki kesiapan untuk menempuh pendidikan selanjutnya. Memaknai kesiapan menempuh pendidikan selanjutnya mencakup kemampuan-kemampuan yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan anak dalam mengikuti pendidikan di jenjang lebih tinggi. Kemampuan yang dimaksud terdiri dari kemampuan sikap, kemampuan pengetahuan, dan kemampuan keterampilan. 

Kemampuan sikap meliputi sikap spiritual dan sikap sosial. kedua sikap ini membangun kesadaran anak bahwa dirinya adalah makhluk ciptaan Tuhan, seorang individu yang memiliki kemampuan untuk pengembangan diri, dan bagian dari kelompok sosialnya. 

Pengembangan kemampuan pengetahuan dilakukan dengan mengenalkan konsep-konsep tentang diri dan lingkungannya, baik lingkungan mikro, messo, maupun makro. merujuk pada tahap kognitif yang dikemukakan Bloom, proses pengenalan konsep dimulai dengan mengenal atau mengingat konsep , memahami, menerapkan, menganalisa, mengevaluasi, hingga menciptakan dari sebuah konsep menjadi hasil karya yang bermakna. proses pengembangan kemampuan tersebut disesuaikan dengan tahap perkembangan berpikirnya anak usia dini yang masih berada di tahap berfikir pra-operasional. 

Kemampuan keterampilan dikembangkan untuk mendukung kemampuan sikap dan kemampuan pengetahuan. Keterampilan untuk mendukung kemampuan sikap diterapkan melalui proses pembiasaan yang diawali dengan mengenalkan suatu sikap yang akan dibangun agar anak: 
  1. Mengetahui hal-hal yang baik (knowing the good), kemudian anak diajak untuk 
  2. Memikirkan apa untungnya jika sikap baik tersebut diterapkan dan kerugian bila sikap baik tersebut ditinggalkan (thinking the good), langkah berikutnya anak diajak 
  3. Merasakan manfaat bila perilaku baik itu diterapkan (feeling the good), dan guru bersama anak 
  4. Melakukan perilaku yang baik (acting the good.) sebagai contoh baik, dan akhirnya anak 
  5. Dibiasakan untuk menerapkan sikap baik dalam setiap kesempatan (habituating the good). 
Keterampilan berpikir saintifik diterapkan dalam proses pembelajaran yang dimulai dengan: 
  • Mengamati 
  • Menanya
  • Mengumpulkan informasi 
  • Mmenalar, 
  • Mengomunikasikan 
Pembentukan sikap diarahkan membangun kemampuan fungsi eksekutif (executive function)  yang ditenggarai dengan 
  • kemampuan memori kerja otak dalam mengatur kemampuan mempertahankan dan mengelola informasi berbeda dalam waktu singkat. 
  • fleksibilitas mental yang membantu mempertahankan respon dari tuntutan yang berbeda dalam waktu singkat. 
  •  kontrol diri dalam hal menentuan prioritas and menolak tindakan/respon yang menarik
Pembentukan pengetahuan konseptual untuk membangun kemampuan kreatif dengan menggunakan cara berpikir tinggi (higher order thinking). Pengembangan keterampilan berpikir runut prosedural yang diterapkan melalui pembiasaan (habituasi)  maupun pendekatan saintifik (saintific approach). 

Untuk lebih detail dan jelasnya anda bisa mendownload Pedoman Pengenalan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini klik disini

Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat!!!