-->
rpp kurikulum 2013 revisi

Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Mapel Bahasa Indonesia SMP Terintegrasi PPK dan Pengembangan Soal Tahun 2017

Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru merupakan tindak lanjut dari hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015 dan bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya. 

Sebagai salah satu upaya untuk mendukung keberhasilan suatu program diklat, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar pada tahun 2017 melaksanakan review, revisi, dan mengembangkan modul paska UKG 2015 yang telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Penilaian Berbasis Kelas, serta berisi materi pedagogik dan profesional yang akan dipelajari oleh peserta selama mengikuti Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. 

Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru jenjang Sekolah Menengah Pertama ini diharapkan dapat menjadi bahan bacaan wajib bagi para peserta diklat untuk dapat meningkatkan pemahaman tentang kompetensi  pedagogik dan profesional terkait dengan tugas pokok dan fungsinya. 

dimana Penyusunan modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bertujuan untuk memberikan referensi kepada para guru agar dapat menguasai kompetensi pedagogik terkait dengan pemahaman, sikap, dan keterampilan terhadap model pembelajaran. Kompetensi tersebut merupakan standar minimal yang harus dikuasai oleh guru SMP untuk mendukung keberhasilan dalam menjalankan tugas pokoknya dalam pembelajaran di kelas dan di luar kelas. 

Kegiatan belajar pada modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dirancang dengan menggunakan pendekatan andragogi dengan metode diskusi dan penugasan. Modul ini juga dilengkapi dengan latihan yang berisi masalah, kasus dan latihan pembelajaran untuk mengukur pemahaman dan melatih pedagogik peserta. Kegiatan pembelajaran tersebut terintegrasi dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Penguatan Pendidikan Karakter akan menjadi watak, budi pekerti, yang menjadi ruh dalam dunia pendidikan. Pengintegrasian Penguatan Pendidikan Karakter dalam modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini dikembangkan dengan mengintegrasikan lima nilai utama yaitu; religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Kelima nilai utama tersebut terintegrasi dalam kegiatankegiatan pembelajaran yang terdapat dalam modul. Semua kegiatan tersebut dilakukan dalam pembelajaran langsung dan tidak langsung. 

Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutansecara umum bertujuan untuk mendukung pelaksanaan diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama kelompok kompetensi pedagogik. Tujuan khusus modul ini diharapkan setelah menempuh proses pembelajaran peserta mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan khususnya kompetensi pedagogik model pembelajaran dengan mengintegrasikan nilai-nilai penguatan pendidikan karakter. 

Kompetensi yang akan dicapai melalui modul ini mengacu pada Permendiknas nomor 16 Tahun 2007 dengan mengembangkan kompetensi profesional Bahasa Indonesia menjadi indikator pencapaian kompetensi untuk guru Sekolah Menengah Pertama. 
Ruang lingkup materi modul pembelajaran bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama ini mendukung kompetensi pedagogik. Oleh karena itu, modul ini menguraikan bidang keterampilan dan pengetahuan tentang pembelajaran bahasa Indonesia untuk guru Sekolah Menengah Pertama. 
1. Karakteristik peserta didik
2. Potensi peserta didik
3. Bekal awal peserta didik
4. Kesulitan belajar peserta didik 

Modul ini berisi materi pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah pertama (SMP), yang telah disusun sesuai dengan Standar Kompetensi Guru yang diturunkan dari Permendikbud No 16 Tahun 2007. Modul ini dilengkapi dengan aktivitas pembelajaran yang terintegrasi dengan Penguatan Pendidikan  Karakter (PPK). Penguatan Pendidikan Karakter akan menjadi watak, budi  pekerti, yang menjadi ruh dalam dunia pendidikan. Pengintegrasian Penguatan

Pendidikan Karakter dalam modul pengembangan keprofesian berkelanjutan ini dikembangkan dengan mengintegrasikan lima nilai utama yaitu; religius,  nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Kelima nilai utama tersebut terintegrasi dalam kegiatan-kegiatan pembelajaran yang terdapat dalam modul. 

Pendidikan karakter sudah menjadi sebuah gerakan pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati, olah rasa (estetik), olah pikir (literasi), dan olah raga (kinestetik). Implementasi Gerakan PPK ini dapat berbasis kelas, berbasis budaya sekolah, dan berbasis masyarakat (keluarga dan komunitas). Modul ini juga dilengkapi dengan latihan yang berisi masalah dan kasus pembelajaran untuk mengukur pemahaman dan melatih keterampilan peserta. 

Untuk Lebih Jelas dan detailnya silahkan anda download Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Mapel Bahasa Indonesia SMP Terintegrasi PPK dan Pengembangan Soal Tahun 2017