-->
rpp kurikulum 2013 revisi

DOWNLOAD MODUL MATEMATIKA SERTA IMPLEMENTASI SMA KURIKULUM 2013 TAHUN 2018

Selamat bertemu pada Modul Pelatihan Guru Matematika Kurikulum 2013. Modul ini terdiri
atas 4 (empat) seri modul yang disusun sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan guru dalam
melaksanakan Kurikulum 2013 sesuai dengan konsep dan pelaksanaannya. Masing-masing
modul terdiri atas uraian singkat materi, fokus modul, penugasan, dan refleksi.
Modul-modul tersebut adalah;
1. Modul 1: Analisis Kompetensi, Materi, Pembelajaran, dan Penilaian
2. Modul 2: Perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
3. Modul 3: Praktek Pembelajaran dan Penilaian
4. Modul 4: Praktek Pengolahan dan Pelaporan Penilaian Hasil Belajar    
Memperhatikan perkembangan perbaikan Kurikulum di atas, maka diperlukan beberapa
contoh praktis yang dibutuhkan guru untuk dapat mengimplementasikan Kurikulum 2013
dengan tepat yang berkaitan dengan pembelajaran dan penilaian, serta unsur penunjang
lainnya,
Untuk membantu guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 tersebut, maka
Direktorat PSMA menyusun Modul Pelatihan Guru yang berisi petunjuk atau panduan,
contoh praktis untuk setiap mata pelajaran serta uraian tugas yang harus dikerjakan oleh
peserta pelatihan. Modul tersebut disusun dalam 4 (empat) seri modul yang saling terkait
dengan harapan dapat membantu Anda guru dalam mengembangkan rencana dan
pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013.
Modul Pelatihan ini bertujuan untuk:
1. Mengembangkan keterampilan guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran
yang menguatkan karakter peserta, kemampuan berliterasi, serta pengembangan
keterampilan Abad 21 sesuai dengan Kurikulum 2013.
2. Mengembangkan kemampuan guru dalam memfasilitasi pelaksanaan pembelajaran
dan penilaian yang menguatkan karakter peserta didik, kemampuan berliterasi, HOTS,
serta pengembangan keterampilan Abad 21 sesuai dengan Kurikulum 2013.
3. Meningkatkan kecakapan guru dalam mengembangkan program/aktivitas
pembelajaran dengan mensinergikan tiga pusat pendidikan dan tiga jalur pendidikan
(menggali dan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang ada di sekitarnya) untuk
pembelajaran Matematika

Analisis Dokumen SKL, KI, KD, Keterkaitan antara SKL, KI-KD, danPembelajaran
Standar  Kompetensi  Lulusan (SKL)  adalah  kriteria mengenai  kualifikasi
kemampuan  lulusan  yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kompetensi  Inti (KI) merupakan  tingkat  kemampuan untuk  mencapai  Standar
Kompetensi  Lulusan yang  harus  dimiliki  seorang  peserta  didik  pada setiap
tingkat  kelas  atau  program  yang  menjadi landasan Pengembangan Kompetensi
Dasar (KD). Kompetensi  Inti  mencakup: sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan,
dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan  pembelajaran,
mata pelajaran atau program dalam mencapai  Standar Kompetensi Lulusan.
Kompetensi  Dasar  adalah  kemampuan  untuk mencapai  Kompetensi  Inti  yang
harus  diperoleh peserta didik melalui pembelajaran. Dalam setiap rumusan
KDterdapat unsur kemampuan berpikir yang dinyatakan dalam kata kerja dan
materi.
Contoh;
KD 3.5 Menjelaskan dan Menentukan fungsi (terutama fungsi linear, fungsi kuadrat,
dan fungsi rasional) secara formal yang meliputi notasi, daerah asal,
daerah hasil, dan ekspresi simbolik, serta sketsa grafiknya.
KD 4.5  Menganalisa karakteristik masing-masing grafik (titik potong dengan
sumbu, titik puncak, asimptot) dan perubahan grafik fungsinya akibat
transformasi f(x), 1/f(x), If(x)I, dsb.