-->
rpp kurikulum 2013 revisi

DOWNLOAD MODUL MATEMATIKA PEMINATAN SERTA IMPLEMENTASI SMA KURIKULUM 2013 TAHUN 2018

Pengembangan indikator dan materi pembelajaran merupakan merupakan 2 (dua) kemampuan yang harus dikuasai seorang guru sebelum mengembangkan RPP dan melaksanakan pembelajaran. Pemahaman guru terhadap keterkaitan SKL, KI, dan KD dapat membantu guru dalam mengembangkan IPK yang dijadikan dasar dalam menentukan pembelajaran dengan mengintegrasikan literasi dan meningkatkan nilai nilai karakter, serta mengembangkan
keterampilanAbad 21.
 

Pendidikan matematika dapat diartikan sebagai proses perubahan baik sikap,
pengetahuan, dan keterampilan kearah kedewasaan atau kemandirian peserta
didik sesuai dengan kebenaran logika dan tidak melupakan nilai-nilai luhur atau
norma yang berlaku di sekitarnya.. Ada beberapa karakteristik matematika, antara
  • lain:Objek yang dipelajari abstrak. Sebagian besar yang dipelajari dalam matematika adalah angka atau bilangan yang secara nyata tidak ada atau merupakan hasil pemikiran otak manusia. 
  • Kebenaranya berdasarkan logika. Kebenaran dalam matematika adalah kebenaran secara logika bukan empiris.  Artinya kebenarannya tidak dapat dibuktikan melalui eksperimen seperti dalam ilmu Matematika atau biologi. Contohnya nilai tidak dapat  dibuktikan dengan kalkulator, tetapi secara logika ada jawabannya sehingga bilangan tersebut dinamakan bilangan imajiner (khayal). 
  • Pembelajarannya secara bertingkat dan kontinu. Pemberian atau penyajian materi matematika disesuaikan dengan tingkatan pendidikan dan dilakukan secara terus-menerus. Artinya dalam mempelajari matematika harus secara berulang melalui latihan- latihan soal. 
  • Ada keterkaitan antara materi yang satu dengan yang lainnya. Materi yang akan dipelajari harus memenuhi atau menguasai materi sebelumnya. Contohnya ketika akan mempelajari tentang volume atau isi suatu bangun ruang maka harus menguasai tentang materi luas dan keliling bidang datar. 
  • Menggunakan bahasa simbol. Dalam matematika penyampaian materi menggunakan simbol-simbol yang telah disepakati dan dipahami secara umum. Misalnya penjumlahan menggunakan simbol “+” sehingga tidak terjadi dualisme jawaban. 
  • Diaplikasikan dibidang ilmu lain. Materi matematika banyak digunakan atau diaplikasikan dalam bidang ilmu lain.  Misalnya materi fungsi digunakan dalam ilmu ekonomi untuk mempelajari fungsi permintan dan fungsi penawaran.
Untuk melakukan analisis kompetensi dan mengembangkan IPK disarankan agar
Anda  memperhatikan karakteristik mata pelajaran Matematika (Peminatan)  dan
mempelajari karakteristik peserta didik untuk mengembangkan nilai-nilai
pembentukan karakter, serta mengembangkan keterampilan Abad 21 terkait
dengan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah (Critical Thinking and
Problem Solving Skills), keterampilan berkolaborasi (Collboration Skills),
keterampilan berkreasi (Creativities Skills), dan keterampilan berkomunikasi
(Communication Skills) sesuai dengan karakteristik Kompetensi Dasar.
serta menggambarkan rangkaian kegiatan dalam analisis kompetensi
untuk menjabarkan IPK dan materi dari suatu KD, baik untuk KD-KI 3 maupun KD-KI
 
 
Analisis Kompetensi dan pengembangan IPK dapat dilakukan dengan langkah
  1. sebagai berikut.Kutip pasangan Kompetensi Dasar (KD), misalnya untuk Matematika (Peminatan) kelas X;  KD 3.1 Mendeskripsikan dan menentukan penyelesaian fungsi eksponensial dan fungsi logaritma menggunakan masalah kontekstual, serta keberkaitanannya, dan  KD 4.1 Menyajikan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi eksponensial dan fungsi logaritma 
  2. Pisahkan kemampuan berpikir yang dinyatakan dengan kata kerja dengan materi,
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan  mudah mudahan dapat membantu dan bermanfaat, untuk info detail produk rpp terbaru silahkan kunjungi website resmi kami di www.divapendidikan.com terima kasih.