-->
rpp kurikulum 2013 revisi

DOWNLOAD MODUL BAHASA INGGRIS serta Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018

membaca Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang berkaitan dengan Kurikulum 2013, serta lampiran-lampirannya antara lain KI, KD, Silabus, dan Pedoman Mata Pelajaran.
Selain itu guru dianjurkan juga untuk memahami buku teks Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti, Panduan Penguatan Pendidikan Karakter dan naskah-naskah yang diterbitkan
oleh Direktorat Pembinaan SMA,  antara lain sebagai berikut.
1. Panduan Penyusunan RPP
2. Panduan Analisis Kompetensi
3. Model-Model Pembelajaran
4. Panduan Muatan Lokal
5. Panduan Penilaian
6. Implementasi Kecakapan Abad 21 dalam Pembelajaran Kurikulum 2013

kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidian dan Kebudayaan Nomor 160 tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum 2006 dan Kurikulum
2013.

Pelaksanaan perbaikannya juga atas dasar masukan dari berbagai lapisan publik
(masyarakat sipil, asosiasi profesi, perguruan tinggi, dunia persekolahan) terhadap ide,
dokumen, dan implementasi kurikulum yang diperoleh melalui monitoring dan evaluasi dari
berbagai media.

Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi  serta masukan publik tersebut,
terdapat beberapa masukan umum, antara lain adanya pemahaman yang kurang tepat oleh
masyarakat yang diakibatkan oleh format penyajian dan nomenklatur dalam Kurikulum
2013
  1. Kompetensi Dasar (KD)  pada Kompetensi Inti 1 (KI-1) dan KD pada KI-2 yang dianggap kurang logis dikaitkan dengan karakteristik mata pelaajaran;
  2.  terindikasi adanya inkonsistensi antara KD dalam silabus dan buku teks (baik lingkup materi maupun urutannya); 
  3. belum ada pernyataan eksplisit dalam dokumen kurikulum tentang perlunya peserta didik lebih melek teknologi; 
  4. format penilaian dianggap terlalu rumit dan perlu penyederhanaan; 
  5. penegasan kembali pengertian pembelajaran saintifik yang bukan satu-satunya pendekatan dalam proses pembelajaran di kelas; 
  6. penyelerasan dan perbaikan teknis buku teks pelajaran agar mudah dipelajari oleh peserta didik.   Secara umum, perbaikan Kurikulum 2013 bertujuan agar selaras antara ide, desain, dokumen, dan pelaksanaannya. Secara khusus, perbaikan Kurikulum 2013 bertujuan menyelaraskan KI-KD, silabus, pedoman mata pelajaran, pembelajaran, penilaian, dan buku teks. 
Perbaikan tersebut pada tahun 2017 disesuaikan dengan Peraturan Presiden Nomor 87
Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). PPK adalah gerakan pendidikan
di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik
melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan melibatkan dan
kerjasama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai gerakan nasional
revolusi mental (Pasal 1 ayat [1]).

PPK mengedepankan lima nilai utama karakter yaitu religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan integritas. Penguatan lima nilai karakter tersebut akan dapat mendorong peserta didik untuk memiliki keterampilan Abad 21 yang dibutuhkan dalam meniti kehidupan, seperti keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving), keterampilan berkolaborasi (collaboration skills), keterampilan berkreasi (creativities skills), dan keterampilan
berkomunikasi (communication skills).

DOWNLOAD MODUL BAHASA INGGRIS dan  Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018

Perbaikan tersebut di atas dilaksanakan berdasarkan prinsip perbaikan kurikulum sebagai
berikut.
  • Keselarasan (Alignment) Antara dokumen KI-KD, Silabus, Buku Peks Pelajaran, Pembelajaran, dan Penilaian Hasil Belajar harus selaras dari aspek kompetensi dan lingkup materi. 
  • Mudah Dipelajari (Learnable) Lingkup Kompetensi dan Materi yang dirumuskan dalam KD mudah dipelajari oleh peserta didik sesuai dengan tingkat perkembangan psikologis dan aspek pedagogis. 
  • Mudah Diajarkan (Teachable) Lingkup Kompetensi dan Materi yang dirumuskan pada KD mudah diajarkan oleh guru sesuai dengan gaya belajar peserta didik, karakteristik mata pelajaran, karakteristik kompetensi, dan sumber belajar yang ada di lingkungan sehingga dapat menguatkan karakter dan meningkatkan keterampilan Abad 21 pada peserta didik. 
  • Terukur (Measurable) Kompetensi dan materi yang diajarkan terukur melalui indikator yang mudah dirumuskan dan layak dilaksanakan.   @2018, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018 
  • Bermakna untuk Dipelajari (Worth to be learnt)
Kompetensi dan materi yang diajarkan mempunyai kebermaknaan bagi peserta didik
sebagai bekal kehidupan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mudah mudahan dapat membantu dan bermanfaat, adapun info detail rpp kurikulum 2013 revisi terbaru 2017/2018 silahkan kunjungi website resmi kami di www.divapendidikan.com semoga memberikan banyak kebaikan untuk kita semua terima kasih.