Pertama tama kami ucapkan puja dan puji syukur kepada tuhan yang maha esa yang telah memberikan kita kesehatan sehingga kita dapat berjumpa dal;am artikel kali ini, dan kami ucapkan selamat bertemu pada Modul Pelatihan Guru Bahasa Dan Sastra
Inggris Kurikulum 2013. Modul ini terdiri atas 4 (empat) seri modul yang disusun
sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan guru dalam melaksanakan Kurikulum 2013
sesuai dengan konsep dan pelaksanaannya. Masing-masing modul terdiri atas uraian
singkat materi, fokus modul, penugasan, dan refleksi.
Modul 1: Analisis Kompetensi, Materi, Pembelajaran, dan Penilaian
Modul 2: Perancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Modul 3: Praktek Pembelajaran dan Penilaian
Modul 4: Praktek Pengolahan dan Pelaporan Penilaian Hasil Belajar
Peta modul tersebut dapat digambarkan sebagai berikut.
Untuk mempersiapkan generasi emas Indonesia para peserta didik perlu dibekali sejak dini dengan
apa yang disebut kecakapan Abad 21, khususnya keterampilan 4C yakni berpikir kritis dan
memecahkan masalah (critical thinking and problem solving), bekerjasama (collaboration),
berkreativitas (creativities), dan berkomunikasi (communication).
PPK merupakan platform pendidikan nasional yang memperkuat Kurikulum 2013. Modul
pelatihan Kurikulum 2013 ini telah mengintegrasikan tiga strategi implementasi penguatan
pendidikan karakter yaitu pendidikan karakter berbasis kelas, pendidikan karakter berbasis
budaya sekolah, dan pendidikan karakter berbasis masyarakat. PPK menjadi bagian integral
dalam implementasi Kurikulum 2013.
Perbaikan tersebut di atas dilaksanakan berdasarkan prinsip perbaikan kurikulum sebagai
berikut.
- Keselarasan (Alignment)Antara dokumen KI-KD, Silabus, Buku Peks Pelajaran, Pembelajaran, dan Penilaian Hasil Belajar harus selaras dari aspek kompetensi dan lingkup materi, nilai-nilai karakter, literasi, serta keterampilan Abad 21 lainnya.
- Mudah Dipelajari (Learnable) Lingkup Kompetensi dan Materi yang dirumuskan dalam KD mudah dipelajari oleh peserta didik sesuai dengan tingkat perkembangan psikologis dan aspek pedagogis.
- Mudah Diajarkan (Teachable) Lingkup Kompetensi dan Materi yang dirumuskan pada KD mudah diajarkan oleh guru sesuai dengan gaya belajar peserta didik, karakteristik mata pelajaran, karakteristik kompetensi, dan sumber belajar yang ada di lingkungan, sehingga dapat menguatkan karakter dan meningkatkan keterampilan Abad 21 pada peserta didik. 2018, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah 4 Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018
- Terukur (Measurable) Kompetensi dan materi yang diajarkan terukur melalui indikator yang mudah dirumuskan dan layak dilaksanakan.
- Bermakna untuk Dipelajari (Worth to be learnt) Kompetensi dan materi yang diajarkan mempunyai kebermaknaan bagi peserta didik sebagai bekal kehidupan.
Memperhatikan perekembangan perbaikan Kurikulum di atas, maka diperlukan beberapa
contoh praktis yang dibutuhkan guru untuk dapat mengimplementasikan Kurikulum 2013
dengan tepat yang berkaitan dengan pembelajaran dan penilaian, serta unsur penunjang
lainnya.