-->
rpp kurikulum 2013 revisi

CONTOH KIKD PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK SMP/MTS KELAS 7 REVISI 2017

Adakah perubahan rencana pendidikan pembelajaran di tahun ini 2017/2018, berikut akan kami jelaskan satu persatu, silabus  adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar.

Silabus berisikan komponen pokok yang dapat menjawab pertanyaan berikut.: Kompetensi yang akan ditanamkan kepada peserta didik melalui suatu kegiatan pembelajaran kegiatan yang harus dilakukan untuk menanamkan / membentuk kompetensi tersebut upaya yang harus dilakukan untuk mengetahui bahwa kompetensi tersebut sudah dimiliki peserta didik Silabus bermanfaat sebagai pedoman sumber pokok dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, mulai dari pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan sistem penilaian.

Berikut kami lampirkan beberapa CONTOH KI-KD PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK SMP/MTS KELAS 7 KURIKULUM 13 TERBARU MENURUT PERMENDIKBUD TAHUN 2016 NO 024

Kompetensi Sikap Spiritual, Kompetensi Sikap Sosial, Kompetensi Pengetahuan, dan Kompetensi Keterampilan secara keseluruhan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
1. menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya

KOMPETENSI DASAR                       download rpp revisi 2017 disini
  • terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa Allah Swt. akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu 
  • menunjukkan perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. al-Mujadilah/58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dan Hadis terkait 
  •  terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa Allah Swt. mencintai orang-orang yang ikhlas, sabar, dan pemaaf 
  • menunjukkan perilaku ikhlas, sabar, dan pemaaf sebagai implementasi pemahaman Q.S. anNisa/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Ali Imran/3: 134, dan Hadis terkait
  • meyakini bahwa Allah Swt. Maha Mengetahui, Maha Waspada, Maha Mendengar, dan Maha Melihat
  • menunjukkan perilaku percaya diri, tekun, teliti, dan kerja keras sebagai implementasi makna al’Alim, al- Khabir, as-Sami’, dan alBashir
  • beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. 
  • menunjukkan perilaku disiplin sebagai cerminan makna iman kepada malaikat 
  • meyakini bahwa jujur, amanah, dan istiqamah adalah perintah agama 
  •  menunjukkan perilaku jujur, amanah, dan istiqamah dalam kehidupan sehari-hari 
  • menyakini bahwa hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan berempati terhadap sesama adalah perintah agama 
  • menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan berempati terhadap sesama dalam kehidupan sehari-hari 
  •  menghayati ajaran bersuci dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan syariat Islam
  • menunjukkan perilaku hidup bersih sebagai wujud ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam 
KOMPETENSI DASAR
  • menunaikan salat wajib berjamaah sebagai implementasi pemahaman rukun Islam
  • menunjukkan perilaku demokratis sebagai implementasi pelaksanaan salat berjemaah
  • menunaikan salat Jumat sebagai implementasi pemahaman ketaatan beribadah 
  • menunjukkan perilaku peduli terhadap sesama dan lingkungan sebagai implementasi pelaksanaan salat Jumat 
  •  menunaikan salat jamak qasar  ketika bepergian jauh (musafir) sebagai implementasi pemahaman ketaatan beribadah 
  • menunjukkan perilaku disiplin sebagai implementasi pelaksanaan salat jamak qasar 
  • menghayati perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah dalam menegakkan risalah Allah Swt. 
  • meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah 
  •  menghayati perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah dalam menegakkan risalah Allah Swt. 
  •  meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Madinah 
  •  menghayati perjuangan dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun sebagai penerus perjuangan Nabi Muhammad saw. dalam menegakkan risalah Allah Swt. 
  • meneladani perilaku terpuji alKhulafa al-Rasyidun
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

  • memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
  • mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori 
KOMPETENSI DASAR
  •  memahami  makna  Q.S. alMujadilah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55:33 dan Hadis terkait tentang menuntut ilmu
  • membaca Q.S. al-Mujadilah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahman /55: 33 dengan tartil 
  • menunjukkan hafalan Q.S. alMujadilah /58: Q.S. ar-Rahman /55:33 dan Hadis terkait dengan lancar
  • menyajikan keterkaitan  semangat menuntut ilmu   dengan pesan Q.S. al-Mujadilah /58: 1 dan Q.S. arRahman /55: 33
Adapun informasi tentang produk rpp dan silabus terbaru untuk semua mata pelajaran :


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mudah mudahan dapat membantu dan bermanfaat, untuk info detai tentang produk apa saja yang kami sediakan silahkan kunjungi www.divapendidikan.com teriama kasih. baca juga artikel lainnya ,,,,,,,,