-->
rpp kurikulum 2013 revisi

Prosedur Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) RA

Rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan rancangan bagi guru RA untuk melaksanakan kegiatan bermain yang memfasilitasi anak dalam proses belajar. Rencana pelaksanaan pembelajaran dibuat sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Rencana pembelajaran harus mengacu kepada karakteristik (usia, sosial budaya dan kebutuhan individual) anak. Rambu-rambu yang harus diperhatikan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran adalah: 
  • Memahami STPPA sebagai hasil akhir program pendidikan anak usia dini di Raudhatul Athfal (Kompetensi Inti) 
  • Memahami Kompetensi Dasar sebagai capaian hasil pembelajaran
  • Menetapkan Materi pembelajaran sebagai muatan untuk pengayaan  pengalaman anak
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) disusun untuk pembelajaran selama satu minggu. RPPM dijabarkan dari Program Semester. RPPM berisi: (1) Identitas program layanan, (2) KD yang dipilih,  (3) materi pembelajaran, dan (4) rencana kegiatan. 

1. Identitas program 
  • Nama Satuan PAUD adalah nama satuan PAUD yang menyusun RPPM 
  • Semester /bulan/minggu yang keberapa ) 
  • Tema/Sub Tema/Sub-sub Tema diambil dari tema/sub tema/sub-sub  tema yang disusun di program semester. 
  • Kelompok usia anak diisi dengan kelompok sasaran program
Contoh
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM) 
RAUDHATUL ATHFAL
Semester/Bulan/Minggu : I/Juli/Minggu ke 4 
Tema : Diriku
Sub Tema: Tubuhku 
Sub-sub tema: -
Kelompok : B (usia 5-6 Tahun) 

Pada akhir satu atau beberapa tema dapat dilaksanakan kegiatan  puncak tema. Puncak tema merupakan kegiatan penyimpul bagi anakanak terkait dengan semua konsep, aktivitas yang dilakukan sepanjang tema berlangsung. Puncak tema dapat berupa kegiatan antara lain pameran hasil karya, kunjungan wisata, kegiatan bersama orang tua, panen bersama, pertunjukan sosio drama, bazar makanan dan minuman hasil masakan anak dan orang tua, dan lain-lain. Sebagai contoh ketika mengambil tema Sepeda, puncak tema dapat berupa kegiatan bersepeda gembira bersama keluarga. Ketika mengambil tema Kupukupu, kegiatan puncak temanya menanam tanaman bunga di sekitar halaman sekolah, atau melepas kupu- kupu hasil pembiakan anak. 

2. Kompetensi Dasar 
  • KD yang ditetapkan dalam RPPM sesuai dengan KD yang sudah ditetapkan di Program Semester atau jika dipandang penting dapat dirubah sesuai kondisi. 
  • Komposisi KD yang diambil mewakili seluruh program pengembangan (nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosialemosional dan seni)
  • KD untuk sub tema atau sub-sub tema dapat diambil seluruhnya atau hanya sebagian dari KD yang ada di tema. 
  • KD yang sudah dipilih dapat diulang kembali untuk digunakan di tema lainnya. 
  • Penulisan KD dapat dituliskan dengan urutan angka atau dituliskan secara utuh. 
  • Penempatan KD dapat masuk ke dalam kolom atau ditulis di atas setelah identitas program. 
CONTOH: KD untuk tema “Diriku” di program semester terdiri dari: 
- 1.1, 1.2, 3.1-4.1 (NAM),
- 2.1, 3.3-4.3, 3.4-4.4 (Fisik-Motr)
- 2.5, 2.6, 2.7, 2.8, 3.13-4.13 (Sosem),
- 2.2, 3.6-4.6, 3.7-4.7, 3.8-4.8 (kognitif),
- 2.13, 3,10-4.10, 3.11-4.11, 3.12-4.12 (bahasa),
- 3.15- 4.15 (seni) 
KD yang terpilih untuk RPPM dengan Sub tema “tubuhku” terdiri dari : 
- 1.1, 3.1-4.1 (NAM)
- 2.1, 3.4-4.4 (Motr)
- 2.5, 2.6 (SDosem)
- 3.6-4.6 (Kog)
- 2.13, 3.10-4.10 (Bahasa)
- 3.15-4.15 (Seni) 
Sub tema berikutnya dapat menggunakan KD sisanya atau  mengulang KD yang sama.


3.Materi Pembelajaran
  • Materi pembelajaran diambil dari materi pembelajaran yang sudah  dijabarkan di KTSP 
  • Banyaknya materi pembelajaran yang diambil disesuaikan dengan  kemampuan belajar anak
  • Materi pengembangan sikap dimasukkan ke dalam SOP dan menjadi  pembiasaan yang diterapkan sehari-hari sepanjang tahun.
  • Materi pengembangan sikap yang telah dimasukkan ke dalam SOP terus  diterapkan walaupun tidak lagi dicantumkan dalam RPPM
  • Materi pembelajaran dikaitkan dengan tema/sub tema/sub-sub tema. 
  • Materi pelajaran untuk satu tema/sub tema/sub-sub tema akan diulang- ulang sesuai dengan alokasi waktu RPPM untuk penguatan kemampuan anak.
Contoh Materi Pembelajaran diKTSP:
KD1.1 Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaannya 
Contoh Materi embelajaran untuk KD1.1 adalah: 
Mengetahui sifat Tuhan sebagai pencipta, mengenal ciptaan-ciptaan
Tuhan, membiasakan mengucapkan kalimat pujian terhadap ciptaan Tuhan. 

Contoh Materi Pembelajaran yang diambil untuk RPPM sub tema diriku, tubuhku ciptaan Tuhan 

4. Rencana Kegiatan 
  • Rencana kegiatan berisi beberapa rencana kegiatan yang dapat diikuti anak. 
  • Rencana kegiatan harus menarik dan membolehkan anak-anak untuk memilih dari banyak kegiatan yang disiapkan guru. 
  • Rencana kegiatan untuk 1 minggu harus bervariasi agar anak tidak bosan. 
  • Jumlah kegiatan yang disediakan setiap harinya minimal 4 kegiatan berbeda untuk tetap menjaga minat belajar anak dan agar anak memiliki pengalaman belajar yang beragam. 
  • Rencana kegiatan harus dapat mencerminkan pendekatan saintifik
  • Rencana kegiatan memperhatikan model pembelajaran (area, sentra,  sudut, kelompok dengan kegiatan pengaman) yang digunakan di setiap satuan PAUD. 
  • Rencana kegiatan untuk satu minggu memberi pengalaman nyata anak dengan bermain balok, drama, alam, dll. 
  • Materi pembelajaran diulang setiap harinya selama alokasi waktu yang ditetapkan di RPPM tetapi dengan kegiatan yang berbeda. Tujuannya agar anak dapat mencapai hasil belajar yang optimal dengan pengalaman belajar yang menarik sehingga tidak membosankan. 
  • Rencana Kegiatan disesuaikan dengan tema.
  • Untuk menunjukkan kebermaknaan pelaksanaan pembelajaran  tematik, setiap akhir tema dikuatkan dengan kegiatan puncak tema. 
  • Puncak tema dapat betupa kegiatan antara alain membuat kue/makanan, makan bersama, pameran hasil karya, pertunjukan,  panen tanaman dan kunjungan.  (Contoh RPPM ada pada Lampiran Tabel D)