Pendidikan dalam arti mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai arti pentingnya pendidikan dalam sendi-sendi kehidupan dan perlunya keterlibatan masyarakat dalam melalui proses pendidikan di era zaman ini, dan tak hanya itu saja pendidikan harus di dukung oleh lingkungan keluarga, dan dibimbing oleh pendidik atau guru yang aktif dan kreatif sehingga apa yang sampaukan akan mudah di ingat dan di serap siswa guna mendapatkan ilmu pengetahuan yang dapat memberikan banyak sekali manfaat demi masa depan yang lebih baik..
Logika industri lebih dominan di sekolah, ketimbang logika pendidikan sendiri. Sehingga, sekolah menjadi wadah yang merubah manusia menjadi asing di lingkungannya sendiri kenyataan ini menunjukkan pada kita, bahwa pendidikan negeri ini tengah mengalami disorientasi. Tujuan pendidikan hakikatnya adalah untuk dapat memahami kondisi di sekitarnya dan melahirkan solusi untuk memperbaikinya dan pendidikan di jadikan sebagai salah satu pusat untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan melahirkan para generasi generasi bangsa yang akan berguna nantinya.
Dalam tataran konseptual, sekarang sedang diupayakan agar karakter menjadi fondasi dan ruh pendidikan nasional. Pembentukan karakter harus menjadi prioritas pada jenjang pendidikan dasar karakter yang kuat akan menjadi fondasi yang kokoh bagi peserta didik masa kini. Kemudian disempurnakan dengan penguasaan berbagai keterampilan hidup, vokasi dan profesi abad 21yang segala bentuk ketersedian multi media yang dapat di gunakan dan memudahkan untuk kita mencari berbagai sumber ilmu pengetahuan yang ingin di dapat dan di pelajari.
Program penguatan pendidikan karakter dan gerakan literasi nasional diharapkan menjadi pintu masuk bergulirnya reformasi pendidikan, baik di lingkungan pusat maupun di lingkungan pemerintah daerah, satuan pendidikan bahkan di lingkungan masyarakat dan keluarga dan media yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran, penialian assesmen dan tindak lanjut (instrument dan prosedur yang digunakan untuk menilai pencapaian belajar peserta didik serta tindak lanjut hasil penilaian. Misalnya remedial, pengayaan, dan sebagainya.
Sumber bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai), lebih rinci Mulyasa mengindentifikasi beberapa komponen yang diperlukan dalam melakukan persiapan pembelajaran, antara lain :
1. Mengidentifikasi kompetensi.
2. Menetapkan materi standar.
3. Mengembangkan indicator hasil belajar.
4. Melakukan pertahapan dalam proses pembelajaran.
5. Mengidentifikasi model penilaian berbasis kompetensi.
Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 berdasarkan Permendiknas No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, bahwa perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada Standar Isi kompetensi, dan berikut di bawah ini kami menyediakan beberapa mata pelajaran yang diantaranya buku guru dan buku siswa smk kelas 12 kurikulum 2013.
Program penguatan pendidikan karakter dan gerakan literasi nasional diharapkan menjadi pintu masuk bergulirnya reformasi pendidikan, baik di lingkungan pusat maupun di lingkungan pemerintah daerah, satuan pendidikan bahkan di lingkungan masyarakat dan keluarga dan media yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran, penialian assesmen dan tindak lanjut (instrument dan prosedur yang digunakan untuk menilai pencapaian belajar peserta didik serta tindak lanjut hasil penilaian. Misalnya remedial, pengayaan, dan sebagainya.
Sumber bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai), lebih rinci Mulyasa mengindentifikasi beberapa komponen yang diperlukan dalam melakukan persiapan pembelajaran, antara lain :
1. Mengidentifikasi kompetensi.
2. Menetapkan materi standar.
3. Mengembangkan indicator hasil belajar.
4. Melakukan pertahapan dalam proses pembelajaran.
5. Mengidentifikasi model penilaian berbasis kompetensi.
Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 berdasarkan Permendiknas No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, bahwa perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada Standar Isi kompetensi, dan berikut di bawah ini kami menyediakan beberapa mata pelajaran yang diantaranya buku guru dan buku siswa smk kelas 12 kurikulum 2013.
- BUKU GURU PENGUKURAN DAN PERPETAAN DIGITAL 5 SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013
- BUKU GURU PENGUKURAN DAN PERPETAAN DIGITAL 6 SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013
- BUKU GURU GAMBAR TECHNIK MESIN SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013
- BUKU GURU TECHNIK PEMESINAN DASAR CNC SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013
- BUKU GURU SISTEM KONTROL ELETRO PNEUMATIC 5 SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013
- BUKU GURU PEMANENAN HASIL HUTAN 6 SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013
- BUKU GURU ANIMASI 2D 1 SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013
- BUKU GURU ANIMASI 2D 2 SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013
- BUKU GURU INSTALASI MOTOR LISTRIK 6 SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013
- BUKU GURU PEMANENAN HASIL HUTAN 5 SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013
- BUKU GURU INSTALASI MOTOR LISTRIK 5 SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013
- BUKU GURU PEMESINAN GERINDA 5 SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013
- BUKU GURU AGROFORESTRY 6 SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013
- BUKU GURU AGROFORESTRY 5 SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013
- BUKU SISWA PENGUKURAN DAN PERPETAAN DIGITAL 5 SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013
- BUKU SISWA PENGUKURAN DAN PERPETAAN DIGITAL 6 SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013
- BUKU SISWA GAMBAR TECHNIK MESIN SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013
- BUKU SISWA TECHNIK PEMESINAN DASAR CNC 5 SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013
- BUKU SISWA SISTEM KONTROL ELETRO PNEUMATIC 5 SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013
- BUKU SISWA PEMANENAN HASIL HUTAN 6 SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013
- BUKU SISWA ANIMASI 2D 1 SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013
- BUKU SISWA ANIMASI 2D 2 SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013
- BUKU SISWA INSTALASI MOTOR LISTRIK 6 SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013
- BUKU SISWA PEMANENAN HASIL HUTAN 5 SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013
- BUKU SISWA INSTALASI MOTOR LISTRIK 5 SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013
- BUKU SISWA PEMESINAN GERINDA 5 SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013
- BUKU SISWA AGROFORESTRY 6 SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013
- BUKU GURU AGROFORESTRY 5 SMK/MAK KELAS 12 KURIKULUM 2013