Pendidikan agama sangat erat hubunganya dengan kehidupan
rohani kita karena dengan agama kita meyakini tuhan beserta kita , dan dengan
agama kita akan merasakan kedamaian yang akan menolong dan tempat untuk ucapkan
rasa syukur karena telah memberikan
kehidupan kepada kita semua sebagai mahluk hidup yang ada di bumi ini.
seiring dengan Penguatan dan Penataan Ulang Kurikulum yang
terus dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayan, kami turut menyambut
baik karena mendapat kesempatan untuk turut memperbaiki dan menata ulang Kurikulum
Pendidikan Agama Khonghucu yang telah di lakukan banyak sekali perbaikan
mmelalui kurikulum 2013 dan telah di revisi pada tahun ini tahun 2017.
Adapun penataan untuk Kurikulum 2013 ini benar-benar dapat
meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia, yang tentunya ditandai dengan
pencapaian kompetensi oleh peserta didik yang sesuai dengan kebutuhannya, kiranya
ketersediaan buku Teks Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti ini dapat
benar-benar menjadi sarana pendukung kegiatan belajar-mengajar di sekolah dalam
rangka membentuk karakter peserta didik yang mulia dan unggul.
Materi yang disajikan
dalam buku ini mecakup Kitab Sucii Tata Ibadah dan Persembahyangan Wahyu dan
Iman (aspek ajaran) perilaku Junzi dan
Sejarah Suci, akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang
telah berpartisipasi dalam penyusunan dan penerbitan buku ini dan di bawah ini
buku pendidikan agama konghucu dan budi pekerti kelas11 untuk sma/smk kurikulum
2013 revisi 2017
BAB I Pembinaan Diri sebagai Kewajiban Pokok
A. Pelajaran Agung dari Daxue
B. Pembinaan Diri Kewajiban Pokok Setiap Manusia
C. Proses Pembinaan Diri
Penilaian Diri
Evaluasi Bab 1
BAB 2 Laku Bakti Pokok Kebajikan
A. Pengertian Laku Bakti (Xiao)
B. Laku Bakti (Xiao) sebagai Pokok Kebajikan
C. Laku Bakti (Xiao) kepada Orang Tua
Penilaian Diri
Evaluasi Bab 2
BAB 3 Nabi Kongzi sebagai Tian Zhi Muo Duo
A. Nabi Kongzi sebagai Penggenap Ru Jiao
B. Nenek Moyang Nabi Kongzi
C. Abad Kelahiran Nabi Kongzi
D. Kiprah Nabi Kongzi di Negeri Lu
E. Perjalanan Nabi Kongzi sebagai Tian Zhi Mu Duo
F. Simbol Suci Nabi Kongzi
G. Nama Gelar Nabi Kongzi
H. Lambang Muduo
I.Akhir Kehidupan Nabi Kongzi
Evaluasi Bab 3
BAB 4 Mengzi Penegak Ajaran Khonghucu
A. Masa Awal Kehidupan Mengzi
B. Kehidupan Mengzi
Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti v
C. Ajaran Mengzi
D. Catatan Perjalanan Mengzi dalam Gambar
Penilaian Diri
BAB 5 Sembahyang kepada Arwah Suci
A. Sembahyang kepada Leluhur
B. Sembahyang kepada Para Suci
Penilaian Diri
BAB 6 Cinta Kasih sebagai Sandaran Hidup
A. Ren Berdasarkan Terminologi Karakter Huruf
B. Ayat-ayat Suci tentang Cinta Kasih
C. Makna Cinta Kasih
D. Pengamalan Cinta Kasih
Rangkuman
Evaluasi Bab 6
BAB 7 Kebenaran Jalan Hidup ManusiaA. Kebenaran (Yi)
berdasarkan Karakter
B. Hakikat Kebenaran
C. Benih Kebenaran: Rasa Malu dan Tidak Suka
D. Yi Sebagai Jalan (Selamat) Bagi Manusia
Evaluasi Bab 7
Demikian informasi materi yang dapat di sampaikan mudah
mudahan dapat memberikan manfaat, untuk info lebih lanjut dan detailnya
silahkan download terima kasih.