Mata
pelajaran adalah salah satu yang terpenting yang harus di kuasai seorang guru
memahami apa yang mau di sampaikan serta tujuan dan harapan setelah penyampaian
mata pelajaran tersebut, serta memahami dampak apa saja yang akan di timbulkan
oleh peserta didik dan tentunya ada beberapa langkah yang dapat di lakukakan
sebagai pendidik diantaranya harus aktif, kreatif, inovatif, efektif,
produktif, dan mata pelajaran yang di sampaikan terasa menyenangkan.
Proses dalam
pembelajaran terpadu yang direncanakan, dirancang, dilaksanakan serta di
evaluasi sehingga kita dapat mengetahui hasil dari pelajaran yang di sampaikan serta
melakukan pengawasan dan penilaian, untuk melihat sejauh mana peserta didik
melahirkan nilai, akhlak dan moral dalam berbagai perilakunya sehingga terciptalah
pembelajaran yang kondusif dan bermakna.
Dakam hal ini dituangkan secara umum, agar
guru dan para pendidik dapat memanfaatkan Buku Guru ini, untuk melaksanakan dan
mengembangkan proses pembelajaran peserta didik dengan baik dan benar serta
sesuai dengan materi yang di sediakan pemerintah.
Di dalam
buku guru ini menyadarkan fungsi dan peran guru, sebagai pendidik yang melaksanakan
peran dan tugasnya sebagai fasilitator, pembimbing, pengarah,dan evaluator serta
bertanggung jawab sepenuhnya anak anak didik dan berdampak positif demi masa depan kemajuan bangsa ini.
Salah
satunya Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, guru Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti harus sekaligus berfungsi
sebagai
sumber keteladanan agar peserta didik benar-benar dapat menghayati
dan
mengamalkan ajaran agamanya, tentang banyak hal yang harus di lakukan serta
menjauhi apa yang di larangnya.
Seorang guru
harus memiliki fungsi dan peran seperti
ini,agar mampu mengembangkan perilaku peserta didik untuk berperilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama,
cinta damai, responsive dan pro aktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan
bangsa dan Negara dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial.
Buku Guru
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X ini memuat
bahan kajian
dan langkah-langkah secara standar dan berintegrasi dengan buku
peserta
didik, guna mengantarkan guru dan para pendidik dapat memproses
dan
mengembangkan pembelajaran, agar peserta didik dapat memahami,
menerapkan,
menganalisis, menghayati dan mengamalkan ajaran Agama Islam
dan di bawah
ini buku pendidikan agama islam kelas 10 serta ruang lingkupnya mencakup:
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
A. Kurikulum
2013
1.
Karakteristik Kurikulum 2013
2.
Kompetensi Inti (KI
3.
Kompetensi Dasar (KD)
4. Kaitan
antara KI, KD, dan Pembelajaran
5. Struktur
KI dan KD Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas X
B.
Karakteristik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas X
1. Hakikat
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti Kelas X
2. Fungsi
dan Tujuan Mata Pelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X
3. Ruang
Lingkup Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti Kelas X
C.
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti
Kelas X
1.
Persyaratan Pelaksanaan Proses Pembelajaran
2.
Pelaksanaan Pembelajaran
a. Kegiatan
Pendahuluan
b. Kegiatan
Inti
c. Kegiatan
Penutup
3.
Pengawasan Proses Pembelajaran
D. Penilaian
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
E. Konsep
Penilaian dalam Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam
dan Budi Pekerti Kelas X
F.
Karakteristik Penilaian Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam dan Budi
Pekerti Kelas X
1. Teknik
dan Instrumen Penilaian
2.
Pengolahan Hasil Penilaian
G. Remedial
1.
Prinsip-Prinsip Kegiatan Remedial
2.
Langkah-Langkah Kegiatan Remedial
H. Pengayaan
1.
Prinsip-Prinsip Kegiatan Pengayaan
2. Ragam
Kegiatan Pengayaan
3.
Langkah-Langkah Kegiatan Pengayaan
I. Interaksi
Guru dengan Orang Tua
Tujuan,
Sasaran dan Ruang Lingkup
A. Tujuan
B. Sasaran
C. Ruang
Lingkup Buku Guru
Bagian Dua –
Petunjuk Khusus Proses Pembelajaran
BAB I Aku Selalu
Dekat dengan Allah swt.
A.
Kompetensi Inti (KI)
B.
Kompetensi Dasar (KD)
C. Tujuan
Pembelajaran
D.
Pengembangan Materi
E. Proses
Pembelajaran
F. Penilaian
G. Pengayaan
H. Remedial
I. Interaksi
Guru dengan Orang Tua
BAB II Berbusana
Muslim dan Muslimah Merupakan Cermin
Kepribadian
dan Keindahan Diri
A.
Kompetensi Inti (KI)
B.
Kompetensi Dasar (KD)
Kelas X
SMA/MA/SMK/MAK
C. Tujuan
Pembelajaran
D.
Pengembangan Materi
E. Proses
Pembelajaran .
F. Penilaian
G. Pengayaan
H. Remedial
I. Interaksi
Guru dengan Orang Tua
BAB III Mempertahankan
Kejujuran sebagai Cermin Kepribadian
A.
Kompetensi Inti (KI)
B.
Kompetensi Dasar (KD)
C. Tujuan
Pembelajaran
D.
Pengembangan Materi
E. Proses
Pembelajaran .
F. Penilaian
G. Pengayaan
H. Remedi
BAB IV Al-Qur’ān
dan Hadis adalah Pedoman Hidupku
A.
Kompetensi Inti (KI)
B.
Kompetensi Dasar (KD)
C. Tujuan
Pembelajaran
D.
Pengembangan Materi
E. Proses
Pembelajaran .
F. Penilaian
G. Pengayaan.....
119
H. Remedial
I. Interaksi
Guru dengan Orang Tua
BAB V Meneladani
Perjuangan Dakwah Rasulullah saw. di Mekah
A.
Kompetensi Inti (KI
B.
Kompetensi Dasar (KD)
C. Tujuan
Pembelajaran
D.
Pengembangan Materi
E. Proses
Pembelajaran
F. Penilaian
G. Pengayaan
H. Remedial
I. Interaksi
Guru dengan Orang Tua
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti vii
BAB VI Meniti Hidup
dengan Kemuliaan
A.
Kompetensi Inti (KI)
B.
Kompetensi Dasar (KD) .
C. Tujuan
Pembelajaran
D.
Pengembangan Materi .
E. Proses
Pembelajaran
F. Penilaian
G. Pengayaan
H. Remedial
I. Interaksi
Guru dengan Orang Tua
BAB VII Malaikat
Selalu Bersamaku
A.
Kompetensi Inti (KI)
B.
Kompetensi Dasar (KD) .
C. Tujuan
Pembelajaran .
D.
Pengembangan Materi .
E. Proses
Pembelajaran
F. Penilaian
G. Pengayaan
H. Remedial
I. Interaksi
Guru dengan Orang Tua
BAB VIII Hikmah
Ibadah Haji, Zakat, dan Wakaf dalam Kehidupan
A.
Kompetensi Inti (KI
B.
Kompetensi Dasar (KD) .
C. Tujuan
Pembelajaran .
D.
Pengembangan Materi
E. Proses
Pembelajaran
F. Penilaian
G. Pengayaan
H. Remedial
I. Interaksi
Guru dengan Orang Tua
BAB IX Meneladani
Perjuangan Dakwah Rasululah saw. di Madinah
A.
Kompetensi Inti (KI)
B.
Kompetensi Dasar (KD)
C. Tujuan
Pembelajaran
D.
Pengembangan Materi
E. Proses Pembelajaran Kelas X
SMA/MA/SMK/MAK
F. Penilaian
G. Pengayaan
H. Remedial
I. Interaksi
Guru dengan Orang Tua
BAB X Nikmatnya
Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan ..
A.
Kompetensi Inti (KI)
B.
Kompetensi Dasar (KD)
C. Tujuan
Pembelajaran .
D.
Pengembangan Materi
E. Proses
Pembelajaran
F. Penilaian
G. Pengayaan
H. Remedial
I. Interaksi
Guru dengan Orang Tua
BAB XI Menjaga
Martabat Manusia dengan Menjauhi Pergaulan
Bebas dan
Perbuatan Zina
A.
Kompetensi Inti (KI)
B.
Kompetensi Dasar (KD) .
C. Tujuan
Pembelajaran .
D.
Pengembangan Materi
E. Proses
Pembelajaran223
F. Penilaian
G. Pengayaan
H. Remedial
I. Interaksi
Guru dengan Orang Tua .
Demikian sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mudah mudahan dapat memberikan manfaat, untuk info lebih jelas dan detailnya silahkan download, terima kasih