-->
rpp kurikulum 2013 revisi

BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA/MA 10 KURIKULUM 2013 REVISI 2017

Mata pelajaran adalah salah satu yang terpenting yang harus di kuasai seorang guru memahami apa yang mau di sampaikan serta tujuan dan harapan setelah penyampaian mata pelajaran tersebut, serta memahami dampak apa saja yang akan di timbulkan oleh peserta didik dan tentunya ada beberapa langkah yang dapat di lakukakan sebagai pendidik diantaranya harus aktif, kreatif, inovatif, efektif, produktif, dan mata pelajaran yang di sampaikan terasa menyenangkan.

Proses dalam pembelajaran terpadu yang direncanakan, dirancang, dilaksanakan serta di evaluasi sehingga kita dapat mengetahui hasil dari pelajaran yang di sampaikan serta melakukan pengawasan dan penilaian, untuk melihat sejauh mana peserta didik melahirkan nilai, akhlak dan moral dalam berbagai perilakunya sehingga terciptalah pembelajaran yang kondusif dan bermakna.
 Dakam hal ini dituangkan secara umum, agar guru dan para pendidik dapat memanfaatkan Buku Guru ini, untuk melaksanakan dan mengembangkan proses pembelajaran peserta didik dengan baik dan benar serta sesuai dengan materi yang di sediakan pemerintah.

Di dalam buku guru ini menyadarkan fungsi dan peran guru, sebagai pendidik yang melaksanakan peran dan tugasnya sebagai fasilitator, pembimbing, pengarah,dan evaluator serta bertanggung jawab sepenuhnya anak anak didik dan berdampak  positif demi masa depan kemajuan bangsa ini.

Salah satunya Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti harus sekaligus berfungsi
sebagai sumber keteladanan agar peserta didik benar-benar dapat menghayati
dan mengamalkan ajaran agamanya, tentang banyak hal yang harus di lakukan serta menjauhi apa yang di larangnya.

Seorang guru harus  memiliki fungsi dan peran seperti ini,agar mampu mengembangkan perilaku peserta didik untuk berperilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsive dan pro aktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dan Negara dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial.

Buku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X ini memuat
bahan kajian dan langkah-langkah secara standar dan berintegrasi dengan buku
peserta didik, guna mengantarkan guru dan para pendidik dapat memproses
dan mengembangkan pembelajaran, agar peserta didik dapat memahami,
menerapkan, menganalisis, menghayati dan mengamalkan ajaran Agama Islam
dan di bawah ini buku pendidikan agama islam kelas 10 serta ruang lingkupnya mencakup:

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar

A. Kurikulum 2013
1. Karakteristik Kurikulum 2013
2. Kompetensi Inti (KI
3. Kompetensi Dasar (KD)
4. Kaitan antara KI, KD, dan Pembelajaran
5. Struktur KI dan KD Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X

B. Karakteristik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X
1. Hakikat Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan
 Budi Pekerti Kelas X
2. Fungsi dan Tujuan Mata Pelajaran Pendidikan
 Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X
3. Ruang Lingkup Mata Pelajaran Pendidikan Agama
 Islam dan Budi Pekerti Kelas X

C. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti Kelas X
1. Persyaratan Pelaksanaan Proses Pembelajaran
2. Pelaksanaan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
b. Kegiatan Inti
c. Kegiatan Penutup
3. Pengawasan Proses Pembelajaran
D. Penilaian Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X
 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

E. Konsep Penilaian dalam Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X
F. Karakteristik Penilaian Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti Kelas X
1. Teknik dan Instrumen Penilaian
2. Pengolahan Hasil Penilaian

G. Remedial
1. Prinsip-Prinsip Kegiatan Remedial
2. Langkah-Langkah Kegiatan Remedial

H. Pengayaan
1. Prinsip-Prinsip Kegiatan Pengayaan
2. Ragam Kegiatan Pengayaan
3. Langkah-Langkah Kegiatan Pengayaan

I. Interaksi Guru dengan Orang Tua
Tujuan, Sasaran dan Ruang Lingkup
A. Tujuan
B. Sasaran
C. Ruang Lingkup Buku Guru
Bagian Dua – Petunjuk Khusus Proses Pembelajaran

BAB I Aku Selalu Dekat dengan Allah swt.
A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar (KD)
C. Tujuan Pembelajaran
D. Pengembangan Materi
E. Proses Pembelajaran
F. Penilaian
G. Pengayaan
H. Remedial
I. Interaksi Guru dengan Orang Tua

BAB II Berbusana Muslim dan Muslimah Merupakan Cermin
Kepribadian dan Keindahan Diri
A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar (KD)
     Kelas X SMA/MA/SMK/MAK
C. Tujuan Pembelajaran
D. Pengembangan Materi
E. Proses Pembelajaran .
F. Penilaian
G. Pengayaan
H. Remedial
I. Interaksi Guru dengan Orang Tua

BAB III Mempertahankan Kejujuran sebagai Cermin Kepribadian
A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar (KD)
C. Tujuan Pembelajaran
D. Pengembangan Materi
E. Proses Pembelajaran .
F. Penilaian
G. Pengayaan
H. Remedi

BAB IV Al-Qur’ān dan Hadis adalah Pedoman Hidupku
A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar (KD)
C. Tujuan Pembelajaran
D. Pengembangan Materi
E. Proses Pembelajaran .
F. Penilaian
G. Pengayaan..... 119
H. Remedial
I. Interaksi Guru dengan Orang Tua

BAB V Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah saw. di Mekah
A. Kompetensi Inti (KI
B. Kompetensi Dasar (KD)
C. Tujuan Pembelajaran
D. Pengembangan Materi
E. Proses Pembelajaran
F. Penilaian
G. Pengayaan
H. Remedial
I. Interaksi Guru dengan Orang Tua
 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti vii

BAB VI Meniti Hidup dengan Kemuliaan
A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar (KD) .
C. Tujuan Pembelajaran
D. Pengembangan Materi .
E. Proses Pembelajaran
F. Penilaian
G. Pengayaan
H. Remedial
I. Interaksi Guru dengan Orang Tua

BAB VII Malaikat Selalu Bersamaku
A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar (KD) .
C. Tujuan Pembelajaran .
D. Pengembangan Materi .
E. Proses Pembelajaran
F. Penilaian
G. Pengayaan
H. Remedial
I. Interaksi Guru dengan Orang Tua

BAB VIII Hikmah Ibadah Haji, Zakat, dan Wakaf dalam Kehidupan
A. Kompetensi Inti (KI
B. Kompetensi Dasar (KD) .
C. Tujuan Pembelajaran .
D. Pengembangan Materi
E. Proses Pembelajaran
F. Penilaian
G. Pengayaan
H. Remedial
I. Interaksi Guru dengan Orang Tua

BAB IX Meneladani Perjuangan Dakwah Rasululah saw. di Madinah
A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar (KD)
C. Tujuan Pembelajaran
D. Pengembangan Materi
E. Proses Pembelajaran Kelas X SMA/MA/SMK/MAK
F. Penilaian
G. Pengayaan
H. Remedial
I. Interaksi Guru dengan Orang Tua

BAB X Nikmatnya Mencari Ilmu dan Indahnya Berbagi Pengetahuan ..
A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar (KD)
C. Tujuan Pembelajaran .
D. Pengembangan Materi
E. Proses Pembelajaran
F. Penilaian
G. Pengayaan
H. Remedial
I. Interaksi Guru dengan Orang Tua

BAB XI Menjaga Martabat Manusia dengan Menjauhi Pergaulan
Bebas dan Perbuatan Zina
A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar (KD) .
C. Tujuan Pembelajaran .
D. Pengembangan Materi
E. Proses Pembelajaran223
F. Penilaian
G. Pengayaan
H. Remedial

I. Interaksi Guru dengan Orang Tua .

Demikian sedikit informasi yang dapat kami sampaikan mudah mudahan dapat memberikan manfaat, untuk info lebih jelas dan detailnya silahkan download, terima kasih