-->
rpp kurikulum 2013 revisi

BUKU PENDIDIKAN AGAMA KONGHUCU DAN BUDI PEKERTI KELAS 10 KURIKULUM 2013 REVISI 2017

Seiring dengan Penguatan dan Penataan Ulang Kurikulum yang terus dilakukan oleh Kementrian Pendidikan Nasional, kami sangat menyambut baik karena mendapat kesempatan untuk turut memperbaiki dan menata ulang Kurikulum PendidikanAgama Khongucu. Kiranya penataan untuk Kurikulum 2013  ini benar-benar dapat meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia, yang tentunya ditandai dengan pencapaian kompetensi oleh peserta didik yang sesuai dengan kebutuhannya.

Kiranya ketersediaan buku Teks Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti ini dapat benar-benar  menjadi sarana pendukung kegiatan belajar-mengajar di sekolah dalam rangka membentuk karakter peserta didik yang mulia dan unggul. Materi yang disajikan  dalam buku ini mecakup Kitab Suci; Tata Ibadah dan Persembahyangan; Wahyu dan Iman (aspek ajaran); Perilaku Junzi; dan Sejarah Suci. 

untuk itu kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah
berpartisipasi dalam penyusunan dan penerbitan buku ini. Untuk perbaikan dan penyempurnaan di masa mendatang kami sangat mengharapkan  masukan dan saran konstruktif dari semua pihak. 

BUKU PENDIDIKAN AGAMA KONGHUCU DAN BUDI PEKERTI KELAS 10 KURIKULUM 2013 REVISI 2017 
Bab 1 Ketuhanan dalam Agama Khonghucu
A. Pendahuluan 
B. Penyebutan Nama Tian 
C. Sifat-Sifat Kebajikan Tian
D. Jalan Suci dan Hukum Suci Tian 
E. Kehendak Bebas 
F.  Prinsip Hukum Alam
G. Menentukan Kualitas Hidup Penilaian Diri 
Evaluasi 

Bab 2 Hakikat dan Sifat Dasar Manusia
A. Manusia Makhluk Termulia
 1. Dua Unsur Nyawa dan Roh (Gui Shen)
 2. Watak Sejati (Xing) sebagai Daya Hidup Rohani
 3.Daya Hidup Jasmani 
B. Mengapa Manusia Berbuat Jahat
 1. Nafsu yang Tidak Terkendali
 2. Keadaan yang Memaksa 
 3. Kebiasaan Buruk 
 4. Kurangnya Pendidikan
 Penilaian Diri Evaluasi Lagu Pujian

Bab 3 Pokok-Pokok Peribadahan
A.Hakikat dan Makna Ibadah
B. Ibadah Terbesar
C. Pokok-Pokok Peribadahan
D. Jisi (Sembahyang)
 1. Pengertian Sembahyang
 2. Persiapan Sembahyang
 3.Macam-Macam Sembahyang
 4. Peralatan dan Sajian Sembahyang
 5. Nama-nama dan Waktu Sembahyang
 Penilaian Diri Evaluasi

Bab 4 Sembahyang Kepada Tian 
A. Pendahuluan 
1.Sembahyang Ci (祠)
2. Sembahyang Yue (禴) 
3. Sembahyang Chang ()
4.Sembahyang Zheng (烝) 

B. Sembahyang Jing TianGong 
1.Makna Sembahyang Jing TianGong 
2. Perlengkapan dan Sesajian
3.Skema Altar dan Perlengkapan Sembahyang
4.Surat Doa Sembahyang Jing TianGong 

C. Sembahyang Duanyang
 1. Waktu Pelaksanaan
 2. Makna Sembahyang Duanyang
 3. Hari Mengenang Qu Yuan
 4.Nilai Keteladanan Qu Yuan .
 5.Surat Doa Sembahyang DuanYang 

D. Sembahyang Zhong Qiu
 E. Sembahyang Dongzhi
 1. Sejarah dan Makna Dongzhi
 2. Sajian Sembahyang Dongzhi Penilaian Diri
Evaluasi Lagu Pujian

Bab 5 Rangkaian Turunnya Wahyu Tian
 A. Pendahuluan 
1.Lima Era
2. Kategori Kenabian dalam Khonghucu
3. Karakteristit Huruf Sheng (
B. Rangkaian Wahyu Tuhan
 1.Wahyu Hetu
 2. Wahyu Liutu
 3. Wahyu Luoshu
 4.Wahyu Danshu
 5.WahyuYushu 
Penilaian Diri .Evaluasi

Bab 6 Agama Khonghucu dan Perkembangannya
A. Pendahuluan 
1. Istilah Asli Agama Khonghucu
2. Nabi Besar Penyempurna Ajaran Ru Jiao 

B. Agama Khonghucu di Indonesia
1. Awal Mula Perkembangan 
2.Masuknya Agama Khonghucu Ke Indonesia
3.Lembaga Agama Khonghucu di Indonesia 

C. Agama Khonghucu di Era Reformasi 
1. Pengakuan Agama Khonghucu Secara Yuridis
2.Pelayanan Hak Sipil Umat Khonghucu 
3.Imlek(Tahun Baru Kongzili) Menjadi Hari Libur Nasional 
9Penilaian Diri 
Evaluasi Lagu Pujian 

Bab 7 Tempat Ibadah Umat Khonghucu
A. Pendahuluan 
B. Kelenteng (Miao) Sebagai Rumah Ibadah Khonghucu
1.Sejarah Kelenteng 
2. Peran Nabi Kongzi dalam Sejarah Kelenteng
3. Para Suci (Shen Ming) dalam Kelenteng 
4. Shen Ming dalam Agama Khonghucu
5. Ciri Khas Kelenteng Agama Khonghucu 
6. Nilai-nilai Utama Kelenteng

C. Litang Tempat Kebaktian Umat Khonghucu
D. Tempat Ibadah Lainnya Penilaian Diri
Evaluasi 

Bab 8 Harmoni dalam Perbedaan
A. Pendahuluan 
B. Perbedaan yang Mendasari
C. Menghadapi Perbedaan
D. Naluri Menolak Perbedaan 
E. Menuju Keharmonisan Sebuah Hubungan 
F.  Toleransi dalam Perbedaan 
G. Kerukunan dalam Perbedaan 
Penilaian DiriEvaluasi 

demikian yang dapat kami sampaikan mudah mudahan dapat bermanfaat, untuk info lebih jelasnya silahkan download, terima kasih.