Bahasa Indonesia adalaha salah satu bahasa yang di gunakan
walaupun dalam kenyataannya banyak suku suku di Indonesia dengan banyak bahasa
masing masing di daerahnya tersebut, akan tetapi bahasa Indonesia tetap menjadi
bahasa kesatuan yang harus di gunakana sebagai salah satu alat komunikasi yang
baik dan benar agar hal tersebut dapat mudah di mengerti tentang apa apa yang
ingin di sampaikan.
Kegiatan yang dirancang dalam buku bahasa indonessia ini diharapkan
dapat membantu siswa mengembangkan kompetensi berbahasa, kognisi, kepribadian, dan
menimbulkan rasa patriotisme untuk tetap menjaga bangsa Indonesia yang kita
cinta ini, adapunj halk tersebutmemungkinkan kita untuk lebih mengenalkan
kepada dunia lain bahwa bangsa Indonesia mempunyai salah Satu keutuhan dan
keyakinan untuk tetap menjaga tanah air ini.
Buku Guru ini hadir
sebagai panduan penting dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia untuk
mencapai tujuan yang diharapkan, buku Guru berisi petunjuk umum dan petunjuk
khusus membelajarkan Bahasa Indonesia dengan media Buku Siswa seta Petunjuk
umum berisi penjelasan karakteristik pembelajaran Bahasa Indonesia,
karakteristik organisasi kompetensi dasar pembelajaran Bahasa Indonesia,
karakteristik penilaian autentik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Petunjuk
khusus pada tiap bab berisi contoh pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia,
dan di bawah ini mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 7 untuk smp/mts dan
materi yang mencakup beberapa bab
yang diantaranya:
A. Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
B. Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
C. Pendekatan Pembelajaran Bahasa Indonesia
D. Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII
E. Asesmen Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Bab 1 Belajar Mendeskripsikan
1. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
2. Indikator
3. Pemilihan Tema
4. Aspek Kebahasaan yang Dilatihkan
5. Materi
6. Sikap yang Ditumbuhkan
7. Alokasi Waktu dan Kegiatan Pembelajaran
Bab 2 Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi
1. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
2. Indikator
3. Pemilihan Tema
4. Aspek Kebahasaan dan Aspek Kesastraan yang Dilatihkan
5. Materi
6. Sikap yang Ditumbuhkan
7. Alokasi Waktu dan Kegiatan Pembelajaran
Bab 3 Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur
1. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
2. Indikator
3. Pemilihan Tema
4. Aspek Kebahasaan yang Dilatihkan
5. Materi
6. Sikap yang Ditumbuhkan
7. Alokasi Waktu dan Kegiatan Pembelajaran
Bab 4 Menyibak Ilmu dalam Laporan Hasil Observasi
1. Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
2. Indikator
3. Pemilihan Tema
4. Aspek Kebahasaan yang Dilatihkan
Buku Guru Kelas VII SMP/MTs
5. Materi
6. Sikap yang
Ditumbuhkan
7. Alokasi Waktu dan
Kegiatan Pembelajaran
Bab 5 Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat
1. Kompetensi Inti
(KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
2. Indikator
3. Pemilihan Tema
4. Aspek Kebahasaan
yang Dilatihkan
5. Materi
6. Sikap yang
Ditumbuhkan
7. Alokasi Waktu dan
Kegiatan Pembelajaran
Bab 6 Mengapresiasi dan Mengkreasikan Fabel
1. Kompetensi Inti
(KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
2. Indikator
3. Pemilihan Tema
4. Aspek Sikap yang
Ditumbuhkan
5. Aspek Kebahasaan
yang Dilatihkan
6. Materi
7. Alokasi Waktu dan
Kegiatan Pembelajaran
Bab 7 Berkorespondensi dengan Surat Pribadi dan Surat Dinas
1. Kompetensi Inti
(KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
2. Indikator
3. Pemilihan Tema
4. Aspek Kebahasaan
yang Dilatihkan
5. Materi
6. Sikap yang
Ditumbuhkan
7. Alokasi Waktu dan
Kegiatan Pembelajaran
Bab 8 Menjadi Pembaca Efektif
1. Kompetensi Inti
(KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
2. Indikator
Demikian sedikit info
yang dapat kami sampaikan mudah mudahan dapat memberikan banyak manfaat, untuk
info lebih lanjut dan detailnya tentang materi pendiidikan bahasa Indonesia
kelas 7 untk smp/mts kurikulum 2013 revisi 2017 silahkan download, terima
kasih.