Ilmu
pengetahuan dari tahun ke tahun semakin signifikan saja, begitu cepat dan
mudahnya perkembangan technologi ini memaksa kita untuk mencoba memahami dan
menggunakan technologi tersebut.
Kemajuan technologi
ini berdampak positif dan negative tergantung pengguna technology tersebut,ilmu
pengetahuan berperan penting dalam kata Pendidikan yang berarti Juga berasal
dari
Bahasa yunani kuno yaitu dari kata Pedagogi kata dasarnya Paid yang berartikan Anak dan Juga kata Ogogos artinya “ membimbing ”. dari beberapa kata
tersebut maka kita simpulkan kata pedagos dalam bahasa yunani adalah Ilmu yang
mempelajari tentang seni mendidik Anak .
Dan itu tak
hanya dapat di lakukan orang tua, karena pendidikan telah di sediakan dalam
tahapan yang lebih umum diantaranya adalah melalui sekolah,les kursus serta
banyak lagi jasa yang menyediakan hal tersebut.
Guru sebagai
pendidik,pengajar, bahkan tak sedikit guru juga menjadi panutan, yang senantiasa
memberikan ilmu pengetahuannya,yang mencoba mengarahkan anak didiknya untuk
dapat belajar dengan baik.
Dunia pendidikan
merupakan satu langkah yang harus di tempuh untuk mendapatkan ilmu pengetahuan
dan menambah wawasan agar lebih mengerti dan menjadi ahli dalam bidang yang di
kehendaki.
Untuk itu
seorang guru haruslah mempunyai rancangan pendidikan pembelajaran atau RPP yang
tentunya mata pelajaran yang akan di sampaikan haruslah sesuai dengan dinas
pendidikan dan kebudayaan dan kurikulum yang telah di sediakan.
Dan berikut
di bawah ini contoh buku pendidikan agama islam untuk sma/ma kurikulum 2013 revisi 2017,dan ruang lingkupnya sebagai berikut:
BAB 1 Meyakini Kitab-Kitab Allah, Mencintai Al-Qur’ān
- A. Kompetensi Inti
- B. Kompetensi Dasar
- C. Tujuan Pembelajaran
- D. Proses Pembelajaran
- E. Penilaian
- F. Pengayaan
- G. Remedial
- H . Interaksi Guru dan Orang Tua
- A. Kompetensi Inti
- B. Kompetensi Dasar
- C. Tujuan Pembelajaran
- D. Proses Pembelajaran
- E. Penilaian
- F. Pengayaan
- G. Remedial
- H. Interaksi Guru dan Orang Tua
- A. Kompetensi Inti
- B. Kompetensi Dasar
- C. Tujuan Pembelajaran
- D. Proses Pembelajaran
- E. Penilaian
- F. Pengayaan
- G. Remedial
- H. Interaksi Guru dan Orang Tua
- A. Kompetensi Inti
- B. Kompetensi Dasar
- C. Tujuan Pembelajaran
- D. Proses Pembelajaran
- E. Penilaian
- F. Pengayaan
- G. Remedial
- H. Interaksi Guru dan Orang Tua
- A. Kompetensi Inti
- B. Kompetensi Dasar
- C. Tujuan Pembelajaran
- D. Proses Pembelajaran
- E. Penilaian
- F. Pengayaan
- G. Remedial
- H. Interaksi Guru dan Orang Tua
- A. Kompetensi Inti
- B. Kompetensi Dasar
- C. Tujuan Pembelajaran
- D. Proses Pembelajaran
- E. Penilaian
- F. Pengayaan
- G. Remedial
- H. Interaksi Guru dan Orang Tua
BAB 7 Rendah Hati, Hemat, dan sederhana Membuat Hidup Lebih Mulia
- A. Kompetensi Inti
- B. Kompetensi Dasar
- C. Tujuan Pembelajaran
- D. Proses Pembelajaran
- E. Penilaian
- F. Pengayaan
- G. Remedial
- H. Interaksi Guru dan Orang Tua
BAB 8 Meneladani Kemuliaan dan Kejujuran Para Rasul Allah swt
- A. Kompetensi Inti
- B. Kompetensi Dasar
- C. Tujuan Pembelajaran
- D. Proses Pembelajaran
- E. Penilaian
- F. Pengayaan
- G. Remedial
- H. Interaksi Guru dan Orang Tua
BAB 9 Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru
- A. Kompetensi Inti
- B. Kompetensi Dasar
- C. Tujuan Pembelajaran
- D. Proses Pembelajaran
- E. Penilaian
- F. Pengayaan
- G. Remedial
- H. Interaksi Guru dan Orang Tua
BAB 10 Menghiasi Pribadi dengan Berbaik Sangka dan Beramal Saleh
- A. Kompetensi Inti
- B. Kompetensi Dasar
- C. Tujuan Pembelajaran
- D. Proses Pembelajaran
- E. Penilaian
- F. Pengayaan
- G. Remedial
- H. Interaksi Guru dan Orang Tua
- A. Kompetensi Inti
- B. Kompetensi Dasar
- C. Tujuan Pembelajaran
- D. Proses Pembelajaran
- E. Penilaian
- F. Pengayaan
- G. Remedial
- H. Interaksi Guru dan Orang Tua
- A. Kompetensi Inti
- B. Kompetensi Dasar
- C. Tujuan Pembelajaran
- D. Proses Pembelajaran
- E. Penilaian
- F. Pengayaan
- G. Remedial
- H. Interaksi Guru dan Orang Tua
- A. Kompetensi Inti
- B. Kompetensi Dasar
- C. Tujuan Pembelajaran
- D. Proses Pembelajaran
- E. Penilaian
- F. Pengayaan
- G. Remedial
- H. Interaksi Guru dan Orang Tua
- A. Kompetensi Inti
- B. Kompetensi Dasar
- C. Tujuan Pembelajaran
- D. Proses Pembelajaran
- E. Penilaian
- F. Pengayaan
- G. Remedial
- H. Interaksi Guru dan Orang Tua
BUKU GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP/MTS KELAS 8 KURIKULUM 2013 REVISI 2017
BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP/MTS KELAS 8 KURIKULUM 2013 REVISI 2017