-->
rpp kurikulum 2013 revisi

Download Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)

Seperti yang kita ketahu bahwa Kurikulum 2013 menerapkan pembelajaran berbasis aktivitas, yang diharapkan akan menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terintegrasi. tentu saja ini berimplikasi pada pelaksanaan penilaian yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, yang dilakukan menggunakan berbagai cara, antara lain observasi, penilaian proyek, dan portofolio. 

Penilaian hasil belajar oleh pendidik adalah proses pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan, danaspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis, untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar melalui penugasan dan evaluasi hasil belajar.

Penilaian hasil belajar oleh pendidik di SMA berfungsi untuk memantau kemajuan belajar, memantau hasil belajar, dan mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilaksanakan untuk memenuhi fungsi formatif dan sumatif dalam penilaian, dan bertujuan diantaranya adalah :
  • mengetahui tingkat penguasaan kompetensi.
  • menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi.
  • menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi. dan
  • memperbaiki proses pembelajaran.
Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan merupakan proses pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek pengetahuan dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis dalam bentuk penilaian akhir dan ujian sekolah. Penilaian akhir adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester dan/atau akhir tahun, sedangkan ujian sekolah adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar dan/atau penyelesaian dari suatu satuan pendidikan.

Ruang lingkup Penilaian untuk SMA meliputi diantaranya prinsip-prinsip penilaian, penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan, penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, pengolahan hasil penilaian, pemanfaatan dan tindak lanjut hasil penilaian, serta format dan pengisian rapor untuk sistem paket dan sistem kredit semester.
Download Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)
Untuk lebih jelas dan detailnya silahkan anda Download Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) 
Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat!!!